Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Dra. Aan Sri Analiah SMA NEGERI 1 PAMULANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Dra. Aan Sri Analiah SMA NEGERI 1 PAMULANG."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Dra. Aan Sri Analiah SMA NEGERI 1 PAMULANG

2 PERANG DINGIN Materi

3 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Info Pengetahuan Gallery Sejarah SMA NEGERI 1 PAMULANG PERANG DINGIN

4 Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir.

5 Menganalisis perkem­bangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin

6 1.Menjelaskan Latar Belakang terjadinya Perang Dingin 2.Mengidentifikasi dampak Perang Dingin bagi dunia.

7 Perang dingin adalah sebuah "perang" di mana pasukan kedua musuh utamanya sebenarnya tidak pernah saling bertarung. Istilah "Dingin" digunakan untuk menjelaskan hubungan antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) selama masa 45 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II. Ditakutkan bahwa perang ini akan berakhir dengan perang nuklir, yang akhirnya tidak terjadi. INFO PENGETAHUAN

8 Salah satu dampak Perang Dingin dengan negara jerman adalah terbaginya jerman menjadi dua bagian yaitu jerman barat dan timur(tembok berlin)

9 Dampak terjadinya Perang Dingin bagi dunia : 1.Timbulnya kecemasan bayang-bayang akan Perang Dunia Ke 3 2.Berdirinya Gerakan Non Blok.

10 Peredaan perang dingin : Pertikaian antara Amerika serikat dan Uni soviet memuncak pada tahun 1960 an dengan adanya krisis kuba ketika itu amerika serikat dan uni soviet hampir berhadapan secara langsung dalam perang nuklir.

11 Perang dingin ini baru mulai mereda pada akhir tahun 1980 an ketika gorbachev menjadi pemimpin tertinggi di uni soviet dan amerika serikat dibawah kepemimpinan Ronald Reageant dan diteruskan ke penggantinya yaitu George Bush. Beberapa hasil kongkret yang dicapai ialah pengurangan rudal nuklir jarak pendek dan menengah, pengurangan personil aktif dan sejumlah tank dinato dan pakta warsawa.

12

13

14

15 Jawablah dengan singkat pertanyaan dibawah ini : 1. Jelaskan pengertian Perang Dingin ? 2. Apa yang menjadi latar belakang terjadinya Perang Dingin ? 3. Jelaskan dampak Perang Dingin bagi dunia ? 4. Kapan Perang Dingin mulai mereda ? Jelaskan ! 5. Jelaskan dampak Perang Dingin bagi Indonesia ?


Download ppt "Oleh : Dra. Aan Sri Analiah SMA NEGERI 1 PAMULANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google