Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING."— Transcript presentasi:

1 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING

2 Kalimat tunggal dapat diperluas dengan menambahkan unsur keterangan. Keterangan tersebut meliputi keterangan cara, alat, kesertaan, dan saling.

3 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA Keterangan cara adalah keterangan yang menyatakan cara sesuatu berlangsung Keterangan cara ini dapat berwujud kata tunggal, contoh selalu, kadang-kadang, biasanya, seenaknya, semaunya, secepatnya, sepenuhnya, sebaliknya atau frase preposisi, contoh dengan …, secara..., atau tanpa …

4 Contoh : 1.Kami selalu menepati pembayaran utang kami. 2. Kadang-kadang barang dagangan kami tidak laku. 3. Biasanya dia datang ke sini. 4. Para demonstran berbicara seenaknya menentang keputusan pemerintah itu.

5 5. Karena keinginannya tidak dituruti kedua orang tua, dia akan pergi semaunya. 6. Secepatnya aku akan menyusul ke rumahmu. 7. Keputusan rapat ini sepenuhnya saya serahkan padamu. 8. Mengapa kalian bertindak sebaliknya?

6 9. Dengan terpaksa aku akan mengikuti jejakmu. 10. Silakan, kalian ikuti kegiatan itu secara baik-baik. 11. Tanpa belajar sungguh-sungguh, kamu tidak akan berhasil baik dalam ujian nanti.

7 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN ALAT Keterangan alat adalah keterangan yang menyatakan ada tidaknya alat yang digunakan untuk melakukan sesuatu. Keterangan alat bewujud frase preposisi, contoh dengan … atau tanpa …

8 Contoh : 1.Setiap hari saya berangkat ke sekolah dengan ojek. 2. Dengan pisau ini aku mengupas kulit mangga. 3. Setiap hari bapak mengedarkan koran dengan sepeda ini. 4. Dengan kemauan besar kita dapat mencapai cita-cita.

9 5. Memasak dengan kompor gas lebih cepat dibandingkan dengan kompor minyak. 6. Tanpa gergaji rasanya saya sulit memotong kayu sebesar ini. 7. Kita akan mengalami kesulitan menyelesaikan soal ini tanpa contoh.

10 8. Tanpa keranjang sampah yang cukup, siswa mengalami kesulitan membuang sampah di sekolah. 9. Tanpa mobil rasanya kita sulit menjangkau daerah terpencil itu. 10. Tanpa bantuan Anda, sulit bagi saya untuk meraih ini.

11 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN KESERTAAN Keterangan penyerta adalah keterangan yang menyatakan ada-tidaknya orang yang menyertai orang lain dalam melakukan suatu perbuatan. Keterangan penyerta berwujud frase preposisi, contoh dengan …, tanpa …, atau bersama …. Kata atau frase yang berdiri di belakang preposisi itu harus merupakan benda yang bernyawa atau dianggap bernyawa.

12 Contoh : 1. Aku pergi pergi Makasar dengan istri dan kedua anakku. 2. Para siswa bersama guru memanjatkan doa bersama sebelum pelaksanaan ujian nasional. 3. Bersama adikku, aku mengunjungi nenek di Palembang.

13 4. Bapak Didi menunaikan ibadah umroh tanpa istrinya. 5. Pembangunan di negara kita tak mungkin berjalan tanpa rakyat. 6. Presiden dengan para Menteri mengemban amanat seluruh rakyat.

14 7.Dengan seluruh siswa, guru-guru mengadakan kegiatan senam setiap Jumat pagi. 8. Sekolah bersama masyarakat senantiasa bekerja sama memajukan pendidikan. 9. Dia datang ke sini tanpa kedua orang tuanya.

15 PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN SALING Keterangan saling adalah keterangan yang menyatakan bahwa suatu perbuatan dilakukan secara berbalasan. Keterangan saling ditandai dengan kata satu sama lain atau saling.

16 Contoh : 1. Kedua petinju itu satu sama lain melancarkan serangan. 2. Amin dan Aminah saling berjanji akan meneruskan ke SMU Pancasakti.

17 3.Mereka menjadi tim yang tangguh setelah satu sama lain menyadari akan kekurangannya. 4. Hidup di dunia harus saling mengasihi agar terjalin perdamaian.

18 CONTOH SOAL

19 1.Kalimat yang menggunakan keterangan cara adalah … a.Anak-anak melakukan praktik biologi dengan teliti. b.Cairan yang sudah dituang ditutup dengan pasir. c.Guru bersama-sama siswa mengadakan tanya jawab di luar kelas. d.Pak Dirman berdagang sayur dengan gerobak.

20 2.Kalimat manakah yang menggunakan keterangan kesalingan? a. Dengan suara pelan dia meminta maaf. b. Bersama temannya dia datang ke rumahku. c. Mereka membajak sawah dengan kerbau. d. Mereka satu sama lain sudah memaafkan.

21 3. Kalimat yang menggunakan keterangan alat adalah … a. Tanpa mengeluarkan uang, kita dapat membaca buku di perpustakaan. b. Buku bacaan merupakan alat yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan. c. Petani itu. membawa hasil pertaniannya dengan pedati. d. Ia membaca buku-buku itu dengan tekun.

22 4.(1) Pak Amin membersihkan motornya dengan kain lap. (2) Dengan suka cita kami menerima kepala sekolah yang baru. (3) Dengan komputer ini saya tulis puisi-puisi cinta. (4) Kami menyelesaikan tugas ini dengan cepat.

23 Kalimat yang menggunakan keterangan alat ditandai nomor …. a. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4)

24 5.Dengan perlahan-lahan usaha kami ini semakin berkembang. Kalimat yang menggunakan keterangan yang sama dengan kalimat tersebut adalah … a. Dengan sabit para petani memanen padi. b. Tanpa dirimu aku tak bisa mengerjakan ini. c. Ina mengambil tasnya dengan terburu-buru. d. Sinta dan Santi memiliki wajah saling menyerupai.

25 6.Kalimat yang menggunakan keterangan alat adalah … a. Dengan hati-hati aku menyeberangkan orang tua itu. b. Sebelum kita bekerja, berdoalah dengan menyebut nama Allah. c. Dengan pesawat kami sekeluarga pergi ke Semarang. d. Siswa kelas III dengan para guru berencana mengadakan wisata ke Bali.

26 7. Nanda bersama Asri pergi ke Tegal naik kereta api. Kalimat yang menggunakan keterangan sama dengan kalimat tersebut adalah … a. Ratna dan Ratno mencintai satu sama lain. b. Dengan bus aku menuju ke Pekalongan. c. Sudah tiga hari ayah pergi ke Puncak dengan teman-teman sekantor. d. Bu Nunuk menerangkan materi itu dengan jelas.

27 8.Kalimat yang menggunakan keterangan kesalingan adalah … a.Ketika pertama bertemu, mereka memandang satu sama lain. b.Diana menghapus papan tulis dengan penghapus. c.Kita harus bekerja keras untuk mencapai cita-cita. d. Dengan senang hati ia menyelesaikan tugas tersebut.

28 9. Kalimat yang menggunakan keterangan cara adalah … a. Salimah membaca buku dengan tekun. b. Di toko buku Syifa membeli buku dengan uang. c. Saya pergi ke perpustakaaan dengan Andi. d. Di rumah Ani berdiskusi dengan teman-temannya.

29 10. Kalimat yang menyatakan kesalingan adalah … a. Mereka satu sama lain sudah memaafkan kesalahan. b. Mereka menyiangi rumput dengan sabit. c. Tenatara itu mengintai musuh dengan merangkak. d. Dengan tergesa-gesa pencuri mengambil barang.

30 11.Kalimat yang menggunakan keterangan alat adalah … a. Saya bekerja sehari-hari dengan bajaj ini. b. Saya belajar melukis dengan penuh kesabaran. c. Dengan gembira aku laksanakan tugas ini. d. Saya merencanakan lomba ini dengan Budi.

31 12. (1)Perjalananku ke Cianjur kali ini sungguh menyenangkan. (2)Bagaimana tidak? (3)Biasanya aku pulang ke kampung tanpa kawan. (4)Kali ini kepulanganku bersama teman-teman sekelas. (5)Dari Jakarta kami berangkat pukul dengan mobil.

32 Kalimat yang menggunakan keterangan kesertaan ditandai nomor …. a. (1) dan (2) b. (2) dan (3) c. (3) dan (4) d. (4) dan (5)


Download ppt "PERLUASAN KALIMAT UNTUK MENYATAKAN CARA, ALAT, KESERTAAN, DAN SALING."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google