Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN UNTUK PEMBIAYAAN KONSTRUKSI SEKOLAH. Pembiayaan konstruksi sekolah 1. Plant Equipment 1. Plant Equipment 5. Inovasi teknik pembiayaan 5. Inovasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN UNTUK PEMBIAYAAN KONSTRUKSI SEKOLAH. Pembiayaan konstruksi sekolah 1. Plant Equipment 1. Plant Equipment 5. Inovasi teknik pembiayaan 5. Inovasi."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN UNTUK PEMBIAYAAN KONSTRUKSI SEKOLAH

2 Pembiayaan konstruksi sekolah 1. Plant Equipment 1. Plant Equipment 5. Inovasi teknik pembiayaan 5. Inovasi teknik pembiayaan 2. Pendanaan konstruksi sekolah 2. Pendanaan konstruksi sekolah 33. Bonding procces&pay- as-you-go procces&pay- as-you-go 33. Bonding procces&pay- as-you-go procces&pay- as-you-go 4. Bentuk Bantuan dari Pemerintah Pusat dan Bagian Pemerintah 4. Bentuk Bantuan dari Pemerintah Pusat dan Bagian Pemerintah

3 PLANT & EQUIPMENT Lahan dan Perlengkapan (Sarpras) Dalam BAB 1 dijelaskan, modal adalah suatu pendapatan yang sangat berguna untuk kegiatan yang akan datang. Bangunan sekolah berhubungan dengan lahan serta perlengkapan yang mewakili modal fisik dari sekolah. Pembiayaan dari bangunan dan perlengkapan dinamai pengeluaran modal dan memungkinkan terkait dengan utang obligasi. Perencanaan jangka panjang pendidikan melibatkan fasilitas pendidikan. Sumber Keuangan harus mengutamakan program penyediaan fasilitas, renovasi atau modifikasi bangunan daripada program lainnya. Lahan dan Perlengkapan (Sarpras) Dalam BAB 1 dijelaskan, modal adalah suatu pendapatan yang sangat berguna untuk kegiatan yang akan datang. Bangunan sekolah berhubungan dengan lahan serta perlengkapan yang mewakili modal fisik dari sekolah. Pembiayaan dari bangunan dan perlengkapan dinamai pengeluaran modal dan memungkinkan terkait dengan utang obligasi. Perencanaan jangka panjang pendidikan melibatkan fasilitas pendidikan. Sumber Keuangan harus mengutamakan program penyediaan fasilitas, renovasi atau modifikasi bangunan daripada program lainnya.

4

5 Pendanaan konstruksi sekolah Uang untuk pembangunan sekolah dapat dilihat dari berbagai perspektif. Pilihan pertama adalah bonding process dibandingkan dengan cara pay-as-you-go atau membayar-di-muka. Bonding process digunakan ketika sekolah tidak memiliki biaya awal sebagai modal. Sedangkan penggunaan cara pay-as-you-go ketika sekolah memiliki setidaknya dana awal sabagai uang muka untuk pembangunan. Uang untuk pembangunan sekolah dapat dilihat dari berbagai perspektif. Pilihan pertama adalah bonding process dibandingkan dengan cara pay-as-you-go atau membayar-di-muka. Bonding process digunakan ketika sekolah tidak memiliki biaya awal sebagai modal. Sedangkan penggunaan cara pay-as-you-go ketika sekolah memiliki setidaknya dana awal sabagai uang muka untuk pembangunan.

6 Bagaimana Proses Pembiayaan 1.Bonding process (surat obligasi atau surat pengakuan hutang) 2.Pay-as-you-go (bayar dimuka) Tujuannya adalah menghindari biaya tinggi yang terkait dengan peminjaman dana. Sekolah membuat dana khusus guna menyimpan dan menginvestasikan hasil pajak untuk dana pembangunan. 1.Bonding process (surat obligasi atau surat pengakuan hutang) 2.Pay-as-you-go (bayar dimuka) Tujuannya adalah menghindari biaya tinggi yang terkait dengan peminjaman dana. Sekolah membuat dana khusus guna menyimpan dan menginvestasikan hasil pajak untuk dana pembangunan. Analisa Kelebihan dan Kekurangan dari Bonding Process : (+) kebutuhan yang memang benar- benar mendesak dapat terpenuhi dengan cara yang cepat tanpa biaya awal (Debt Financing) (-) menimbulkan bunga utang yang cukup tinggi sehingga ketika pembayaran akan sangat memberatkan. Analisa Kelebihan dan Kekurangan dari Bonding Process : (+) kebutuhan yang memang benar- benar mendesak dapat terpenuhi dengan cara yang cepat tanpa biaya awal (Debt Financing) (-) menimbulkan bunga utang yang cukup tinggi sehingga ketika pembayaran akan sangat memberatkan. Analisa Kelebihan dan Kekurangan dari Pay-as-you-go: (+) Menghemat biaya, Pendanaan kedepan memiliki keuntungan, Mengurangi dana total pembangunan, Tidak dikenai bunga seperti pada pinjaman, Lebih fleksibel dalam penggunaan dana, Meningkatkan kredibilitas pemerintah. (-) Jumlah dana lebih kecil dibanding kebutuhan, Kontributor bukan yang menikmati hasil investasi, Dapat disertai kenaikan pungutan. Analisa Kelebihan dan Kekurangan dari Pay-as-you-go: (+) Menghemat biaya, Pendanaan kedepan memiliki keuntungan, Mengurangi dana total pembangunan, Tidak dikenai bunga seperti pada pinjaman, Lebih fleksibel dalam penggunaan dana, Meningkatkan kredibilitas pemerintah. (-) Jumlah dana lebih kecil dibanding kebutuhan, Kontributor bukan yang menikmati hasil investasi, Dapat disertai kenaikan pungutan.

7 Bentuk Bantuan dari Pemerintah Pusat Pemerintah pusat tidak memiliki program umum untuk bantuan gedung sekolah, tapi bantuan pembangunan sekolah yang berasal dari pemerintah pusat yang telah tersedia untuk distrik sekolah umum diantaranya untuk : 1. Pengalaman bencana alam (misalnya, banjir atau angin topan). 2.Sebuah rencana pembaharuan perkotaan terpadu yang direnovasi atau pembentukan fasilitas baru bagi sekolah. 3. Tempat perlindungan untuk petugas militer 4. Renovasi sekolah atau membuat fasilitas baru ataupun pepanjangan program. Pemerintah pusat tidak memiliki program umum untuk bantuan gedung sekolah, tapi bantuan pembangunan sekolah yang berasal dari pemerintah pusat yang telah tersedia untuk distrik sekolah umum diantaranya untuk : 1. Pengalaman bencana alam (misalnya, banjir atau angin topan). 2.Sebuah rencana pembaharuan perkotaan terpadu yang direnovasi atau pembentukan fasilitas baru bagi sekolah. 3. Tempat perlindungan untuk petugas militer 4. Renovasi sekolah atau membuat fasilitas baru ataupun pepanjangan program. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah Negara Bagian: Sejak Perang Dunia II, bantuan khusus untuk distrik sekolah dalam proyek-proyek pembangunan, meskipun terbilang kecil namun telah menyebar luas di antara negara bagian. Hibah dari negara bagian untuk pembangunan sekolah hanya berkisar 15% dari total keseluruhan biaya. Hibah dapat juga bervariasi sesuai dengan kondisi di dalam sebuah distrik sekola h. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah Negara Bagian: Sejak Perang Dunia II, bantuan khusus untuk distrik sekolah dalam proyek-proyek pembangunan, meskipun terbilang kecil namun telah menyebar luas di antara negara bagian. Hibah dari negara bagian untuk pembangunan sekolah hanya berkisar 15% dari total keseluruhan biaya. Hibah dapat juga bervariasi sesuai dengan kondisi di dalam sebuah distrik sekola h.

8 Teknik Pembiayaan yang dianggap inovatif secara luas adalah dengan melalui : 1.Pinjaman dari negara. Dalam prosedur ini, distrik lokal meminjam dana dari pemerintah masing-masing negara ketimbang meminjam langsung dari pasar modal swasta. Di negara Amerika biasanya, pemerintah memberikan pinjaman mereka sesuai dengan kebutuhan sebuah distrik, bukan berdiri keuangannya. 2.Pembangunan oleh pihak yang berwenang. Pihak berwenang disini adalah negara bagian atau lokal. pihak ini dapat menggunakan beberapa dana swasta untuk pembangunan. Wewenang ini baik karena memiliki tempat mereka sendiri, direksi dan sering memiliki beberapa sumber pendapatan diantaranya pendapatan yang berasal dari uang negara, pengembang swasta dana, dan daftar atau pembayaran sewa dari distrik sekolah setempat. 3.Kepemilikan bersama (lembaga). pengaturan ini memungkinkan untuk fasilitas baru dan lebih baik. Secara ekonomi, pengaturan kepemilikan bersama mendorong pengembangan penuh yang mungkin dari mulai lahan dimana sekolah berada. Mengembangkan lahan untuk penggunaan tertinggi dan terbaik adalah efisien dan, pada prinsipnya setidaknya hal ini akan menghemat uang. 1.Pinjaman dari negara. Dalam prosedur ini, distrik lokal meminjam dana dari pemerintah masing-masing negara ketimbang meminjam langsung dari pasar modal swasta. Di negara Amerika biasanya, pemerintah memberikan pinjaman mereka sesuai dengan kebutuhan sebuah distrik, bukan berdiri keuangannya. 2.Pembangunan oleh pihak yang berwenang. Pihak berwenang disini adalah negara bagian atau lokal. pihak ini dapat menggunakan beberapa dana swasta untuk pembangunan. Wewenang ini baik karena memiliki tempat mereka sendiri, direksi dan sering memiliki beberapa sumber pendapatan diantaranya pendapatan yang berasal dari uang negara, pengembang swasta dana, dan daftar atau pembayaran sewa dari distrik sekolah setempat. 3.Kepemilikan bersama (lembaga). pengaturan ini memungkinkan untuk fasilitas baru dan lebih baik. Secara ekonomi, pengaturan kepemilikan bersama mendorong pengembangan penuh yang mungkin dari mulai lahan dimana sekolah berada. Mengembangkan lahan untuk penggunaan tertinggi dan terbaik adalah efisien dan, pada prinsipnya setidaknya hal ini akan menghemat uang.

9 Terima kasih 


Download ppt "PERENCANAAN UNTUK PEMBIAYAAN KONSTRUKSI SEKOLAH. Pembiayaan konstruksi sekolah 1. Plant Equipment 1. Plant Equipment 5. Inovasi teknik pembiayaan 5. Inovasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google