Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBIAYAAN MODAL DEFINISI PEMBIAYAAN MODAL Suatu pengeluaran/ pembiayaan modal adalah penggunaan dana ( contohnya kas ) untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBIAYAAN MODAL DEFINISI PEMBIAYAAN MODAL Suatu pengeluaran/ pembiayaan modal adalah penggunaan dana ( contohnya kas ) untuk."— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBIAYAAN MODAL DEFINISI PEMBIAYAAN MODAL Suatu pengeluaran/ pembiayaan modal adalah penggunaan dana ( contohnya kas ) untuk menyediakan harta operasi yang akan : a.Menolong untuk mendapatkan pendapatan dimasa mendatang b.Mengurangi biaya masa datang Pembiayaan modal mencakup : harta tetap ( untuk operasi ) seperti tanah, bangunan pabrik, mesin, peralatan, renovasi besar dan paten. Pengeluaran modal melibatkan sejumlah besar kas, sumber lainnya dan hutang yang bertalian dengan suatu periode waktu tertentu. Pembiayaan modal adalah investasi karena mereka membutuhkan ikatan sumber daya hari ini untuk menerima keuntungan ekonomis dimasa datang yang lebih tinggi ( misal laba). Pembiayaan modal menjadi biaya ( expense ) dimasa datang, jika barang atau jasa yang terkait digunakan untuk

2 . Mendapatkan keuntungan masa datang dari pendapatan masa datang atau untuk mencapai penghematan biaya yang akan datang. Karena itu pembiayaan modal melibatkan dua tahap pengendalian dan perencanaan : a.Investasi b.Biaya ( expenses ) KARAKTERISTIK ANGGARAN PEMBIAYAAN MODAL Pembiayaan modal biasanya diklasifikasikan dalam suatu anggaran pembiayaan modal sebagai berikut : a.Proyek-proyek tambahan modal utama: dana besar, tidak berulang. Mis : perolehan tanah, gedung baru, renovasi menyeluruh, perbaikan dan pemeliharaan. b.Pembiayaan modal minor/ kecil, biaya rendah, berulang. Mis : penggantian dan pemeliharaan harta operasi yang berulang, dan pembelian peralatan khusus dan pelengkapnya yang menyumbang pada pendapatan dan penghematan biaya masa mendatang.

3 . ORIENTASI PROYEK DALAM ANGGARAN PEMBIAYAAN MODAL Karena panjangnya rentang waktu dan ikatan-ikatan yang penting atas sumber daya, pembiayaan modal yang besar biasanya dianggarkan sebagai proyek terpisah. Unsur penting dari segi anggaran pembiayaan modal melibatkan : a.Arus kas keluar : meliputi biaya proyek dalam istilah pengeluaran kas pada berbagai waktu sepanjang keberadaan suatu proyek. b.Arus kas masuk : pendapatan aks yang dperkirakan, biaya bersih operasi menurut periode waktu, harus direncanakan hati-hati. DIMENSI WAKTU DALAM ANGGARAN PEMBIAYAAN MODAL a.Diminta proyek tertentu yang memperluas paling jauh kemasa depan b.Sesuai rencana laba strategis jangka panjang c.Sesuai rencana laba strategis jangka pendek.

4 . MANFAAT ANGGARAN PEMBIAYAAN MODAL a.Memungkinkan manajemen eksekutif merencanakan jumlah sumber daya yang harus diinvestasikan dalam tambahan modal untuk memuaskan pelanggan, memenuhi persaingan, dan memastikan pertumbuhan. b.Proses anggaran utnuk tambahan modal penting bagi manajemen untuk menghindari : Kapasitas operasi yang menganggur Kelebihan kapasitas Investasi dalam kapasitas yang akan menyebabkan berkurangnya suatu pengembalian atas dana yang diinvestasikan. Tanggung jawab untuk membuat anggaran pembiayaan modal Eksekutif tingkat atas, bekerjasama dengan anggota manajemen eksekutif lainnya, mempunyai tanggung jawab utama atas anggaran tambahan barang modal. Tetapi, tanggung jawab utama untuk proyek-proyek dan usul lainnya harus melibatkan manajer divisi dan departemen.

5 . PROSES PENGANGGARAN PEMBIAYAAN MODAL 1.Identifikasi proyek-proyek 2.Kembangkan & saring usulan 3.Analisa & evaluasi 4.Buat keputusan pembiayaan modal 5.Kembangkan angaran Rencana strategis Rencana taktis 6.Buat pengendalian 7.Lakukan audit METODE MENGUKUR NILAI EKONOMI PEMBIAYAAN MODAL 4 Metode yang sering digunakan : 1.Metode arus kas didiskontokan : Nilai bersih sekarang ( Net present value – NPV ) Tingkat bunga internal ( Internal Rate of return – IRR )

6 . 2.Metode Pintas dan Sederhana : Payback Tingkat bunga menurut akuntansi ( accounting rate of return ). METODE ARUS KAS DIDISKONTOKAN UTNUK MENGUKUR NILAI EKONOMIS Konsep dasarnya adalah : biaya investasi merupakan suatu arus kas keluar pada nilai sekarang ( present value ), & arus kas masuk yang terkait adalah niali masa yang akan datang ( future value ). Nilai sekarang melibatkan 2 jenis jumlah yang akan datang yang berbeda : a.Nilai sekarang dari satu jumlah yang akan datang b.Nilai sekarang dari serangkaian jumlah akan datang yang besarnya sama ( disebut anuitas )..

7 . NILAI SEKARANG DARI SATU JUMLAH YANG AKAN DATANG Misal : Berapa nilai sekarang dari Rp 1.000,- yang diterima dalam 1 th ( n=1). Dengan mengasumsikan tingkat bunga 10% 1 PV = F ( ) n 1 + i PV = Present value ( Nilai sekarang ) F = Future sum of money ( jumlah uang masa yang akan datang ) i = interest rate per periode ( tingkat bunga per periode) n = number of periods ( banyaknya periode ) NILAI SKARANG YANG LEBIH DARI JUMLAH MASA DATANG, ANUITIS BIASA. Karakteristik anuitas biasa : a.Sama dengan besarnya pada masa yang akan datang. b.Sama dengan periode bunga, tingkat bunga yang tetap. c.Jumlah pada masa datang di akhir periode dari tiap bunga.

8 . PERTIMBANGAN ARUS KAS : a.Pendapatan dari proyek b.Penghematan biaya proyek c.Pengurangan harta lancar d.Peningkatan kewajiban lancar e.Nilai sisa harta proyek pada akhir umur penggunaannya ARUS KAS KELUAR : a.Investasi awal ( termasuk pembayaran langsung yang terkait ) b.Perbaikan & pemeliharaan c.Biaya operasi proyek d.Peningkatan harta lancar e.Pengurangan kewajiban lancar METODE NET PRESENT VALUE UNTUK PERINGKAT INVESTASI Metode ini membandingkan nilai sekarang arus kas masuk bersih dengan nilai sekarang biaya ks bersih dari proyek pembiayaan modal. Perbedaan jumlah antara dua jumlah nilai sekarang ini disebut net present value.

9 . METODE TINGKAT BUNGA INTERNAL ( IRR ) UNTUK PERINGKAT INVESTASI Tingkat bunga internal adalah suatu tingkat yang akan mendiskontokan semua arus kas masuk bersih masa yang akan datang sehingga jumlah diskontokannya kan tetap sama dengan arus keluar awal ( misal, biaya kas ) investasi suatu proyek. PENGUJIAN METODE ARUS KAS DISKONTOKAN Metode Nilai Sekarang Bersih. a.Keuntungan : Menghitung tingkat bunga sebenarnya Mudah penerapannya karena menggunakan metode trial error Mudah disesuaikan dengan risiko ( dengan menggunakan tingkat bunga yang berbeda-beda untuk proyek tahun-tahun terakhir ).

10 . b.Kerugian Target/ tingkat pengembalian minimum sukar untuk ditentukan Tidak menyediakan tingkat pengembalian investasi yang sebenarnya Mengasumsikan bahwa semua arus kas masuk bersih dari suatu investasi diinvestasikan kembali secepatnya pada tingkat target yang dipilih untuk didiskontokan. METODE TINGKAT BUNGA INTERNAL a.Keuntungan : Menghindarkan perlunya pemilihan suatu target / tingkat pengembalian minimum dalam mendiskontokan Tingkat pengembalian sebenarnya diperhitungkan.

11 . Mendasarkan preferensi pada tingkat pengembalian yang sebenarnya ( bukannya atas perbedaan jumlah yang disebut nilai bersih sekarang ( net present value ). Tidak mempunyai beban untuk menginvestasikan kembali, b.Kerugian Menjadi kompleks kalau arus kas bersih periodik besarnya tidak sama Sukar digunakan untuk analisa risiko & sensitivitas METODE PINTAS & SEDERHANA UNTUK MENGUKUR NILAI EKONOMI INVESTASI a.Metode Pyback Menghitung priode pembayaran kembali, yang mrupakan jumlah tahun-tahun yang diperlukan untuk mengganti suatu investasi kas dari arus masuk kas bersih tahunan atas investasi tersebut.

12 . Periode payback dalam tahun = Investasi Kas Bersih arus kas masuk bersih tahunan atau ‘ penghematan biaya bersih kas Keuntungan : Mudah dalam perhitungan & tidak membutuhkan data yang banyak Berdasarkan pada arus kas bukan pada jumlah akrual. Mengukur perbandingan nilai investasi dengan cukup tepat pada beberapa kasus & pembuatab keputusan Dapat menyaring hasil perbandingan untuk menghilangkan alternatif terburuk Menekankan pada pilihan yang memberikan pengembalian kas yang paling cepat.

13 . Kelemahan Tidak mengukur kemampuan suatu investasi dalam mendapatkan laba, misal 10% pet th. Tidak mempertimbangkan nilai waktu uang ( time value of money ), seperti bunga, karena nilai tunai pada awal & akhir tidak dibedakan. Akan gagal kalau alternatif-alternatif pilihan mempunyai umur yang sangat berbeda-beda. Metode payback digunakan jika : Diperlukan informasi yang cepat & taksiran atas nilai investasi diminta Ketepatan tidak penting Sejumlah besar usul disaring atas dasar persiapan Kas & kredit sukar untuk didapatkan. Risiko tinggi atau potensi masa yang akan datang setelah periode pembayaran kembali sukar untuk di nilai.

14 . Pengembalian Rata-rata atas Metode Total Investasi merupakan salah satu variasi dari metode accounting rate-of-return. Rata-rata pengembalian kas atas total investasi kas = Rata-rata arus kas masuk bersih tahunan Arus kas keluar (biaya) dari investasi Keuntungan Sederhana menghitungnya Hanya berdasarkan pada arus kas Kelemahan Sepenuhnya mengacuhkan nilai waktu uang Menggunakan rata-rata arus masuk kas bersih baik untuk arus kas masuk bersih tahunan yang besarnya sama maupun tidak sama.

15 . PERANAN PERTIMBANGAN Peranan pertimbangan manajemen jangan diabaikan. Krena semua evaluasi didasarkan atas taksiran atas potensi pada masa yang akan datang, hasilnya tidak lebih baik dari perkiraan tersebut. MENGENDALIKAN PEMBIAYAAN MODAL a.Mengendalikan Pembiayaan Modal besar b.Mengendalikan Pembiayaan Modal Minor atau Kecil AUDIT SETELAH PENYELESAIAN PROYEK-PROYEK PEMBIAYAAN MODAL YANG BESAR Audit ditujukan untuk memberikan informasi pada manajemen tentang kenyataan ( dalamhal ini investasi ) tahap perencanaan dan kenapa kekurangan-kekurangan terjadi. Informasi ini penting untuk memperbaiki perencanaan, keputusan dan pembiayaan modal besar dimasa yang akan datang.


Download ppt "PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBIAYAAN MODAL DEFINISI PEMBIAYAAN MODAL Suatu pengeluaran/ pembiayaan modal adalah penggunaan dana ( contohnya kas ) untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google