Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUTASI Dr.Zulkarnain Edward. MS. PhD. Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (mutasi titik)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUTASI Dr.Zulkarnain Edward. MS. PhD. Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (mutasi titik)"— Transcript presentasi:

1 MUTASI Dr.Zulkarnain Edward. MS. PhD

2 Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (mutasi titik) maupun pada taraf kromosom (aberasi)bahan genetikDNARNAgenkromosom MUTASI GEN Substitusi basa : 1.Silent mutation 2.Nonsense mutation 3.Missense mutation Diterima/sebahagian diterima /tidak diterima Perubahan jumlah : Frameshift mutation (mutasi pergeseran kerangka baca ) MUTASI KROMOSOM Perubahan struktur: 1.Delesi 2.Duplikasi 3.Inversi 4.Translokasi Perubahan jumlah : 1. Poliploidi 2. Aneuploidi

3 Banyak mutasi terjadi akibat tidak stabilnya basa nukleotida didalam DNA (pergeseran tautomerik) TRANSISI Perubahan basa Purin ke Purin atau Pirimidin ke Pirimidin TRANSVERSI Perubahan basa Purin ke Pirimidin atau Pirimidin ke Purin A G CT

4 Mutasi Berdasarkan Sel yang Bermutasi Mutasi somatik adalah mutasi yang terjadi pada sel somatik. mutasi ini tidak akan diwariskan pada keturunannya. Mutasi Gametik adalah mutasi yang terjadi pada sel gamet, maka akan diwariskan pada keturunannya.

5 Mutasi kromosom Sindrom Turner, kariotipe (22AA+X0). Jumlah kromosomnya 45 dan kehilangan 1 kromosom kelamin. Penderita Sindrom Turner berjenis kelamin wanita, namun ovumnya tidak berkembang (ovaricular disgenesis).

6 Sindrom Klinefelter, kariotipe (22 AA+XXY), mengalami trisomik pada kromosom gonosom. Penderita Sindrom Klinefelter berjenis kelamin laki-laki, namun testisnya tidak berkembang (testicular disgenesis), tidak bisa menghasilkan sperma (aspermia) dan mandul serta payudaranya tumbuh. (gynaecomastis)

7 Sindrom Patau, kariotipe (45A+XX/XY), trisomik pada kromosom autosom. kromosom autosomnya mengalami kelainan pada kromosom nomor 13, 14, atau 15.

8 Sindrom Edward, kariotipe (45A+XX/XY), trisomik pada autosom. Autosom mengalami kelainan pada kromosom nomor 16,17, atau 18. Penderita sindrom ini mempunyai tengkorak lonjong, bahu lebar pendek, telinga agak ke bawah dan tidak wajar.

9 Sindrom Jacobs, kariotipe (22AA+XYY), trisomik pada kromosom gonosom. Penderita sindrom ini umumnya berwajah kriminal, suka menusuk- nusuk mata dengan benda tajam, seperti pensil,dll dan juga sering berbuat kriminal. Penelitian di luar negeri mengatakan bahwa sebagian besar orang-orang yang masuk penjara adalah orang-orang yang menderita Sindrom Jacobs.


Download ppt "MUTASI Dr.Zulkarnain Edward. MS. PhD. Mutasi adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (mutasi titik)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google