Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BUSINESS MODELS Nurhuda Budi Pamungkas STMIK TEKNOKRAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BUSINESS MODELS Nurhuda Budi Pamungkas STMIK TEKNOKRAT."— Transcript presentasi:

1 BUSINESS MODELS Nurhuda Budi Pamungkas STMIK TEKNOKRAT

2 Pendahuluan  Internet saat ini bukanlah hal yang baru lagi disekitar kita. Bahkan sekarang banyak sekali pengguna internet di Indonesia.  Bahkan menurut data yang didapat dari bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 39,600,000 pengguna, dan juga Indonesia berada di peringkat 5 di Asia menurut

3 E-businnes and e-commerce  E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.  e-commerce ini adalah merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

4 Definisi Model Bisnis Metode melakukan bisnis dimana sebuah perusahaan dapat berdiri sendiri - yang menghasilkan pendapatan "Michael Rappa.

5 Jenis Model Bisnis eCommerce  Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi : BrokerageAdvertisingInfomediary MerchantManufacturerAffiliate CommunitySubscriptionUtility  Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.

6 Model Bisnis eCommerce  Brokerage  Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.  Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi. bentuknya : virtual mail, distributor, businnes trading community dll  Advertising  Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional. Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.  Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner. Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.

7 Model Bisnis eCommerce (lanjutan)  Infomediary  Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.  Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan. Contoh : epinoins,clik the button  Merchant  Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).  Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang. Contoh : amazon.com,on sale

8 Model Bisnis eCommerce (lanjutan)  Manufacturer  Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :  Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai dan Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung. Bentuknya brand integrated content.  Affilite  Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet

9 Model Bisnis eCommerce (lanjutan)  Subscription  Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.  Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit.contoh : PayPal, Amazon, eBay  Community  Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.

10 Jenis E-Business B2B  Business-to-Business (B2B). Semua partisipan di dalam B2B e- commerce adalah pebisnis atau organisasi lain. Sebagai contoh beberapa aplikasi Mark&Spencer’s terdiri B2B dengan supplier. Saat ini, 85% dari volume EC adalah B2B (Cunningham 2001).  Business-to-business (B2B) menggambarkan transaksi perdagangan antar perusahaan, seperti antara produsen dan grosir, atau antara grosir dan pengecer dimana grosir membeli barang kepada produsen untuk dijual lagi kepada pengecer, dan kemudian pengecer tersebut akan menjual lagi barang tersebut kepada konsumen / customer.

11 B2B Examples  IBM  HP  Cisco  Dell  Intel

12 Bisnis Model B2C  Business-to-consumer (B2C). Meliputi transaksi eceran (Retail transaction) dari suatu produk dan jasa dari pebisnis ke pembeli individu. Tipe pembeliseperti di Mark&Spencer online atau pada Amazon.com adalah customer atau consumer. EC tipe ini disebut juga e-tailing.  Business-to-Customer (B2C) menggambarkan kegiatan bisnis antara perusahaan/ produsen/ penjual dengan customer/ pelanggan yang mana customer membeli barang kepada penjual untuk dipakai sendiri bukan untuk dijual lagi

13 B2C Examples  Amazon.com  Drugstore.com  Wal-Mart.com  Safeway.com  flowers.com

14 Bisnis Model C2B  Consumer-to-business (C2B). meliputi individu yang menggunakan internet untuk menjual produk dan jasa kepada organisasi, seperti layaknya seorang individu mencari penjual untuk untuk menawarkan produk atau jasanya seperti yang mereka inginkan.  Contoh : Priceline.com dikenal sebagai C2B organizer untuk beberapa transaksi.

15 C2B Examples  Priceline  Autobytel.com*  GreatShop.com  Reverse auction C2B is the driver

16 Bisnis Model C2C  Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, konsumen yang satu akan menjual langsung kepada konsumen yang lain.  Sebagai contoh seorang individu menjual mobil, rumah (property), dan seterusnya dalam klasifikasi online.  Penawaran jasa individu melalui internet dan menjual pengetahuan dan keahlian secara online  Banyak situs pelelangan mengijinkan kepada perorangan/individu untuk menempatkan item-item mereka untuk di lelang.

17 C2C Examples  E-Bay  E-wanted  Match.com  Napster (model)  C2M2C really reflects the actual model  Excite Classifieds  Direct “C2C” really doesn’t exist today

18 M-commerce  Mobile commerce (m-commerce). Transaksi EC yang dilakukan secara penuh atau sebagian di dalam lingkunagn nirkabel (Wireless).  Sebagai contoh, beberapa orang yang diperlengkapi dengan cell phones, orang dapat melakukan order buku dari amazon.com atau hal- hal yang berhubungan dengan perbankan.  Banyak aplikasi m-commerce terdiri dari perangkat bergerak berbasis internet (Internet-enabled mobile devices).

19 Intrabsuiness EC  Intrabsuiness EC. Mencakup semua aktivitas internal organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau informasi diantara beberapa unit dan individu di dalam perusahaan.  Business-to-employees (B2E). Adalah bagian dari Intrabisnis, dimana suatu organisasi mengirimkan jasa, informasi, atau produk kepada karyawan individu, seperti yang dilakukan oleh Maybelline.

20 Collaborative commerce  Collaborative commerce. Ketika individu atau kelompok melakukan kolaborasi, mereka akan tumbuh kedalam collaborative commerce.  Sebagai contoh, rekan bisnis di dalam suatu lokasi yang berbeda dapat mendesign produk mereka secara bersamaan, menggunanakan screen sharing, atau mereka secara bersama-sama memperkirakan jumlah permintaan dari suatu produk, seperti yang dilakukan oleh Mark&Spencer dan suppliernya.

21 Nonbusiness EC  Nonbusiness EC. Pertumbuhan jumlah dari institus non-profit seperti institusi akademik, organisasi non- profit, organisasi kerohanian, organisasi social, dan agen-agen pemerintah yang menggunakan EC telah menurunkan pengeluaran mereka atau untuk meningkatkan proses operasi dan layanan kepada pelanggan.

22 E-Learning  E-Learning. Training atau edukasi yang disajikan secara online.  E-Learning digunakan secara mendalam di dalam suatu perusahaan untuk pelatihan karyawannya (disebut e-training).  E-Learning juga disebut sebagai universitas maya.

23 Exchange-to-exchange E2E  Exchange-to-exchange (E2E). Merupakan Pasar Publik Electronik (Public Electronic Market) diantara pembeli dan penjual.  E-Government. Di dalam e-Government EC, entitas di dalam pemerintahan membeli atau menyediakan barang-barang, jasa, atau informasi kepada pelaku bisnis (G2B) atau kepada warganya (G2C).

24 The Business Model of 7dream.com

25 Manfaat EC Manfaat bagi Organisasi a. Memperluas pasar ke pasar nasional dan internasional b. Mengurangi biaya menciptakan, pengolahan, mendistribusikan, menyimpan dan mengambil kertas-informasi berbasis c. Memungkinkan persediaan dikurangi dan overhead dengan memfasilitasi pull-jenis manajemen rantai suplai

26 Orbis Korporasi perubahan fisik linear rantai pasokan ke hub elektronik

27

28 FedEx Solutions FedEx mengungkapkan distribusi depot a. Menyediakan sumber one-stop dari kemampuan distribusi. b. Barang dalam depot yang tersedia untuk pengiriman 24 jam sehari. C. Semua komunikasi dilakukan secara online

29 FedEx Solutions


Download ppt "BUSINESS MODELS Nurhuda Budi Pamungkas STMIK TEKNOKRAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google