Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RELEVANT COST UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pertemuan 10.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RELEVANT COST UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pertemuan 10."— Transcript presentasi:

1 RELEVANT COST UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pertemuan 10

2 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Pengertian Biaya Relevan adalah berbagai perbedaan biaya-biaya di antara sejumlah alternatif pilihan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil suatu keputusan jangka pendek. Biaya Relevan disebut juga biaya Diferensial (Diffrencial Cost) atau Incremental Cost. Pada dasarnya biaya Relevan bersifat biaya tunai (Out –of-pocket cost) yaitu biaya biaya yang membutuhkan pengeluaran tunai saat ini atau masa yang akan datang.

3 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Pengambilan keputusan manajerial adalah suatu proses untuk memilih berbagai tindakan alternatif (alternative cources of action) yang didelegasikan oleh pemegang saham untuk memecahkan permasalahan yang rumit. Mengambil keputusan pada umumnya adalah sulit bagi manajemen karena adanya berbagai permasalahan yang kompleks dengan berbagai alternatif yang tersedia, banyaknya data yang harus diolah, padahal hanya beberapa saja yang relevan.

4 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Konsep biaya untuk pengambilan keputusan. Ada 4 istilah biaya dalam materi ini yang perlu dipelajari yaitu: Diffrential Cost/Incremental Cost (Relevant Cost). Opportunity Cost dan Sunk Cost (Irrelevant Cost).

5 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Dalam pengambilan keputusan di bidang biaya, harus diperhatikan relevansinya. Contohnya : Kalau kita menonton film di bioskop dan menyewa VCD/DVD adalah berisfat relevan karena biaya-biaya tersebut dapat dihindarkan ( Avoidable cost). Avoidable cost adalah biaya yang dapat dihilangkan baik seluruhnya ataupun sebagian dengan memilih salah satu alternatif yang tersedia. Avoidavle cost disebut juga biaya Relevan.

6 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Selain dikenal juga Unavoidable Cost yang tidak dapat dihindarkan atau tidak relevan seperti Sunk Cost dan Future Cost yang tidak berbeda di antara berbagai alternatif.

7 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Dalam perhitungan dan analisis Biaya Relevan, maka Sunk Cost dan Future Cost yang tidak berbeda di antara berbagai alternatif harus dikeluarkan/dihilangkan dari perhitungan biaya relevan.

8 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Analisis Biaya Relevan untuk pengambilan keputusan. 1. Mempertahankan atau mengganti aktiva yang lama. 2. Penambahan dan Pengurangan Lini Produk dan Segmen Lain. - Format perbandingan 3. Keputusan untuk membuat atau membeli 4. Menerima Pesanan Khusus atau menolak 5. Produk bersama akan dijual pada “split off Point” atau diproses lebih lanjut.

9 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Mempertahankan atau mengganti Aktiva. Contoh : PT. Pete menyajikan data mesin lama dan mesin baru. Mesin Lama Mesin Baru a.Harga perolehan $ $ b.Umur ekonomis 4 tahun (sisa) 4 thn c. Penjualan tahunan $ $ d.Biaya Variabel yaitu:. Operasional /Thn $ $ e. Nialai Jual sesudah 4 thn 0 0 f. Nilai jual saat ini $ g. Nilai buku $ Apakah mesin lama perlu diganti dengan mesin baru?

10 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Solusinya: Perhatikan ada unavoidable cost yaitu Sunk Cost berupa nilai buku akibat depresiasi sebesar $ , biaya ini harus dikeluarkan, karena tidak relevan. Bila mesin lama dijual akan mengalami kerugian sebesar $ Penjualan 4 x $ = $ , sedangkan biaya variabel mesin lama 4 x $34.500= $ dan mesin baru 4 x $ = $ Analisis biaya relevan, berikut ini

11 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin. Total Biaya dan Pendapatan 4 thn. Mempertahankan Membeli Biaya dan mesin lama mesin baru manfaat Difrensial Cost/revenuee Penjualan $ $ $ 0 Biaya variabel ( ) ( ) $ Beban depresiasi 0 ( ) ( ) Depresiasi lama-baru ( ) ( ) 0 Jual mesin lama Laba operasi 4 tahun. $ $ Catatan: Mesin lama, nilai buku $ , dijual$ rugi penjualannya $ Kalau mesin lama dipertahankan /digunakan, nilai buku $ mengurangi penyusutan.

12 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Kejadian diatas dapat dihitung dengan singkat: Manfaat dan Biaya Relevan-4 thn Pengurangan biaya variabel Dgn mesin baru $4.500x 4 $ Biaya mesin baru ( ) Nilai jual mesin lama Keuntungan membeli mesin baru $ $4.500 = $ $

13 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Penambahan dan Pengurangan Lini Produk dan Segmen Lain. Contoh : PT. Indorama dengan income statement untuk 3 produknya, yaitu produk A,B dan C adalah berikut ini.. Lini Produk ($000). Produk A Produk B Produk C Total Penjualan Biaya variabel Marjin kontribusi Biaya tetap: Gaji dan lainnya Depresiasi Total biaya tetap Laba Segmen (2.200) Biaya tetap bersama Laba bersih menurut relevant cost Catatan: Biaya depresiasi dihilangkan dari analisis relevant cost.

14 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Kesimpulan Produk C, mengalami kerugian apakah dihentikan atau dilanjutkan. Kalau dilanjutkan ada dua jalan yaitu menurunkan biaya atau menaikkan penjualan, tetapi kedua hal ini sulit dilakukan kalau tidak pengelolaannya tidak seksama/profesional.

15 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Mempertahankan atau Menghentikan Produk: Karena tidak ada harapan lagi untuk meningkatkan kinerja Produk C maka diputuskan untuk menghentikannya, dengan harapan untuk mengurangi kerugian $ 200, bahkan dapat menghemat gaji dan lainnya $ 800, depresiasi bukan biaya relevan. Tabel ini dapat menganalisis atas keputusan menghentikan produk C.

16 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Tetap Membuat Menghentikan Selisih Penjualan Biaya variabel ( ) Marjin kontribusi Gaji dan lainnya ( 1.800) 0 ( 1.800) Manfaat Relevan ( 800) 0 ( 800 ) (Rugi)

17 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Timbul Pertanyaan: Apa resikonya bila produk C dihentikan ? Bila produk C diturunkan kemungkinan terjadi penurunan penjualan propduk A dan B, karena pihak pelanggan mengetahui perusahaan memproduksi produk A,B dan C secara komplementer. Aasumsikan produk A turun 15% dan produk B turun 10% akibat menghentikan produk C.

18 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Hal ini, perlu dikaji ulang analisisnya. Manajemen melakukan analisis kembali untuk mengolah kembali produk C dengan efek “komplementer”, dengan data berikut ini : Dengan Format Perbandingan

19 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Tetap Membuat Menghentikan Selisih Penjualan Biaya variabel (46.000) ( 5.700) (41.300) Marjin kontribusi Biaya Gaji dlnya (11.500) (9.700) (1.800) Laba

20 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Catatan : > Penjualan : Penjualan Produk A turun 15%, Salesnya = 85%x = Penjualan Produk B turun 10%, Salesnya = 90% x = Produk C sendiri = Total ( Selisih) $ > Biaya varabel (Turun). Produk A 15%, jadi 85% x = Produk B 10%, jadi 90 x = 19,800 Produk C, 100% = Total variabel cost baru $

21 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin 3. Membuat atau Membeli. Contoh : PT.Lasido saat ini memproduksi kipas angina sedang unit selama tahun Kompenennya menggunakan kompenen produksi dari PT. Delta Two. Biaya per unit untuk memproduksi kipas angin per unit sedang ini adalah sbb: Bahan langsung $ 6 Tenaga kerja langsung 3 Overhead variabel 4 Overhead tetap. 2 Total $ 15

22 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Dari total FOH tetap yang dibebankan adalah sebesar $ 4,800 adalah merupakan FOH tetap langsung dan sisanya FOH tetap umum. Pemasok luar menawarkan untuk menjual kompenen tersebut kepada PT.Lasido dengan harga $ 12/unit. Sementara itu, tidak ada penggunaan alternatif atas fasilitas yang saat ini digunakan untuk memproduksi kompenen tersebut. Diminta : Apakah PT.Lasido memproduksi atau membeli kompenen tersebut. Hitunglah harga maksimal, PT.Lasido bersedia membayar kepada pemasok luar.

23 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Solusinya: a. Membuat atau Membeli, sebesar unit. Membuat Membeli Bahan langsung $6 $ Tenaga kerja langsung $ FOH variabel $ FOH tetap $ Biaya Pembelian. 0 $ Ttl Relevant/Diffrential Cost $ $ Keputusan: Sebaiknya perusahaan membeli.

24 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin b. Harga Maksimum: $ / = $ 15/unit.

25 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin 4. Menerima Pesanan Khusus atau Menolak. Contoh : PT. Sumbul Balna memproduksi 2 jenis produk yaitu A dan B dengan proses gabungan. Biaya (umum) gabungan sebesar $ unttuk produksi standar yang menghasilkan produk A sebesar liter dan produk B liter. Biaya pemrosesan tambahan setelah Split –Off Point (SOP) adal;ah $ 14/ liter untuk produk A dan sebesar $ 9 /liter untuk produk B. Produk A dijual dengan harga $ 24 liter dan Produk B sebesar $ 39 liter. Hotel Senang telah memesan ke PT.Sumbul Balna untuk memasok liter produk A dengan harga$ 35,50 liter. Hotel ini akan mengemas produk A ke galon khusus ukuran 15 liter untuk kamar hotel sebagai pelayanan kepada tamu-tamunya. Asumsikan PT.Sumbul Balna menerima pesanan hotel Senang ini akan menghemat $ 5 per liter dalam pengepakan produk A. Selain itu tersedia kapasita syang lebih dari cukup untuk pesanan tersebut, namun pasar untuk produk A sedang lesu, dan setiap penjualan tambahan dari produk A akan dihargai $16 liter.

26 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Diminta : Berapa laba normal yang diterima dari produk A. dan produk B. Apakah PT.Sumbul Balna menerima pesanan ini ? Jelaskan jawaban Anda.

27 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Solusinya : a. Produk A Produk B Total.. Pendapatan $ Biaya variabel Marjin Kontribusi Biaya gabungan Laba bersih

28 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin b. Jika pesanan diterima, perusahaan harus memproduksi dua putaran standar produksi tambahan atau 2 x liter = liter yang diminta. Kedua putaran ini ditambahkan maka hasilnya liter produk A.

29 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Produk A Produk B Total Pendapatan Biaya variabel Marjin kontrbusi Biaya gabungan Rugi bersih dari pesanan Pesanan sebaknya tidak diterima, karena perusahaan merugi sebesar $

30 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin 5. Menjual produk bersama dengan “Split Off Point” atau Proses Lebih Lanjut. Contoh : PT. Tambah Indah memproduksi tiga produk dari input yang sama, dan total Joint Cost (biaya gabungan) selama tahun 2006 sbb: Bahan langsung $ Tenaga kerja langsung FOH Revenue dari masing-masing produk adalah berikut ini a. Produk A $ b. Produk B c. Produk C

31 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Manajemen perusahaan melakukan penelitian untu pemrosesan produk A setelah “ Split- 0ff – Point atau SOP”, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk A menjadi $ Untuk memproses lebih lanjut produk A perusahaan harus menyewa bebebrapa peralatan khusus dengan biaya sebesar $ tahun. Bahan tenaga kerja langsung tambahan dibutuhkan juga sebesar $ 12,650/tahun. Diminta : Hitunglah laba kotor dari ketiga produk selama tahun Apakah perusahaan memproses lebih lanjut produkA atau menjualnya pada “ Split Off Point? Buatlah dampak keputusan tersebut atas laba setahun

32 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Solusinya : Laba kotor : Penjualan per tahun $ 185,.000 Biaya Laba kotor $

33 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin Untuk produk A. Jual Proses Lanjut/SOP Selisih Revenue $ Proses lebih 0 ( ) (30.150) lanjut Laba Kotor $ $ $

34 © The McGraw-Hill Companies, Inc., 2003 McGraw-Hill/Irwin c. Dampak Keputusan Relevan Cost. Sebaiknya perusahaan melakukan proses lebih lanjut karena laba kotor meningkat. Perlu diperhatikan, Joint Cost dianggap tidak relevan untuk keputusan ini karena perusahaan akan mengeluarkannya terlepas apakah produk A diproses lebih lanjut atau tidak.


Download ppt "RELEVANT COST UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pertemuan 10."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google