Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI - 2005 STRATEGI PEMASARAN JASA INFORMASI (STUDI KASUS DI PT.DATA CONSULT, INC. DAN PT. AGRANET MULTICITRA SIBERKOM)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI - 2005 STRATEGI PEMASARAN JASA INFORMASI (STUDI KASUS DI PT.DATA CONSULT, INC. DAN PT. AGRANET MULTICITRA SIBERKOM)"— Transcript presentasi:

1 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI STRATEGI PEMASARAN JASA INFORMASI (STUDI KASUS DI PT.DATA CONSULT, INC. DAN PT. AGRANET MULTICITRA SIBERKOM) NAMA : NUNING KURNIASIH NPM : PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN BIDANG KEUTAMAAN INFORMASI

2 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Latar Belakang : Meningkatnya kebutuhan akan informasi Globalisasi Otonomi dan privatisasi berbagai lembaga usaha Informasi sebagai komoditas Berkembangnya bisnis informasi Maraknya perusahaan penyedia jasa informasi

3 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Oleh karena itu : Konsep pemasaran menjadi sangat penting bagi perpustakaan, pusat-pusat sumber daya informasi dan perusahaan penyelenggara jasa informasi. Konsep pemasaran akan membawa perusahaan lebih memahami lingkungan bisnis, baik itu pasar, kompetisi, pelanggan, pemerintah dan trend dengan menggunakan semua pengalaman dan pengetahuan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggannya. Di tengah ketatnya persaingan, penerapan strategi pemasaran yang efektif diperlukan untuk menjamin keberlangsungan dan efisiensi kegiatan bisnis.

4 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Menurut Tull dan Kahle (dalam Tjiptono, 2000 : 6) Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Dengan kata lain : strategi pemasaran merupakan keseluruhan langkah dan kondisi yang harus disiapkan sebelum pelayanan / jasa informasi diberikan kepada pelanggan dalam mencapai tujuan perusahaan dan menjelasakan langkah apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut termasuk pengalokasian sumber daya yang dimiliki.

5 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Pemasaran yang efektif, efisien dan tepat sasaran perlu disusun dan dikembangkan melalui suatu strategi yang didasarkan pada suatu analisa, seperti : Analisa pasar Analisa sumber daya Analisa Misi

6 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Perumusan Masalah Semakin banyaknya perusahaan penyelenggara jasa informasi semakin menambah ketatnya pesaingan dalam bisnis informasi Menurut Ir. D. Ganjar Sidik,MBA. (Managing Director ICN – Data Consult, pada wawancara prasurvai 18 Maret 2004), sekarang ini merupakan tahun-tahun sulit bagi bisnis informasi. Terlebih bagi Data Consult yang pada awalnya membidik target pasar para investor dan calon investor asing yang ingin menanamkan modal di Indonesia. Tantangan bukan hanya datang dari para pesaing dalam bisnis sejenis tetapi juga kondisi sosial, ekonomi dan politik. Krisis moneter pada tahun 1998, telah berdampak pada berkurangnya pelanggan asing. Sehingga perlu diterapkan strategi pemasaran yang dapat mempertahankan bisnis informasi.

7 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Di sisi lain fenomena meningkatnya penggunaan internet, telah memacu berkembangnya bisnis informasi digital di Indonesia. PT.Agrakom membangun Detikcom yang merupakan portal berita pertama di Indonesia, pada tahun Dalam waktu satu tahun setelah berdirinya Detikcom telah mencapai pengunjung dengan page view per hari. Menurut Baso Amir (General Manager On-Line & Services, pada wawancara Prasurvai 18 Juni 2004), Agrakom termasuk perusahaan yang barangkali dengan struktur organisasi yang sangat labil. Dalam pengertian ini Agrakom bisa berubah dengan cepat sehingga strategi pemasaranpun tidak sampai setahun terus berubah

8 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Oleh karena itu masalah dirumuskan : Bagaimanakah penerapan strategi pemasaran jasa informasi di PT.Data Consult, Inc. dan PT.Agranet Multicitra Siberkom dalam tiga tahun terakhir ( )? Identifikasi Masalah Bagaimanakah peran misi perusahaan terhadap penerapan strategi pemasaran jasa informasi pada kedua perusahaan tersebut? Bagaimanakah peran analisis misi dalam penerapan strategi pemasaran jasa informasi pada kedua perusahaan tersebut? Bagaimanakah penerapan pengalokasian sumber daya yang meliputi strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi saluran distribusi produk/jasa, proses, strategi sumber daya dan strategi bukti fisik produk /jasa informasi di kedua perusahaan tersebut?

9 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Tujuan Penelitian : 1. Mengkaji peran misi perusahaan dalam penerapan strategi pemasaran jasa informasi. 2. Mengkaji peran analisa pasar dalam penerapan strategi pemasaran jasa informasi. 3. Mengkaji strategi pengalokasian sumber daya perusahaan dalam penerapan strategi pemasaran jasa informasi, mencakup strategi produk/jasa, strategi harga, strategi saluran distribusi, strategi bukti fisik, strategi promosi, strategi SDM dan strategi proses. Kegunaan Penelitian : Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pengembangan strategi pemasaran jasa informasi bagi perusahaan penyelenggara jasa informasi sejenis baik secara teori maupun praktis.

10 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Kerangka Pemikiran : Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 1997 : 8). Manajemen pemasaran merupakan program analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol yang didesain untuk menciptakan, membentuk dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan konsumen target dengan maksud mencapai tujuan (Mandal, Poddar dan Chowdhury dalam Munchi, akses 14 Feb. 2004).

11 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Dalam suatu hubungan sosial, hubungan yang saling menguntungkan akan sangat penting mengingat setiap individu akan secara suka rela masuk dan tinggal dalam hubungan sosial hanya apabila hubungan tersebut dirasakan cukup memuaskan ditinjau dari segi ganjaran dan biaya. Model Pertukaran Sosial (Social Exchange Model) dari Thibault dan Kelly memandang hubungan interpersonal sebagai suatu transaksi dagang. Ganjaran, biaya, laba dan tingkat perbandingan merupakan empat konsep pokok dalam teori ini (Rakhmat, 1994 : 121). Proses Strategi Pemasaran dalam Mencapai Tujuan Perusahaan dan Kebutuhan Informasi Pengguna (gambar 1.2) Proses Strategi Pemasaran dalam Mencapai Tujuan Perusahaan dan Kebutuhan Informasi Pengguna (gambar 1.2)

12 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Tinjauan Pustaka Pengertian Pemasaran Jasa Informasi : “Marketing as a process of exchange in which “element” of value are axchanged between a producer and a costumer ; a way to foster a mutually benefical relationship between a library and its community. The marketing process is a series of activities that begin with a community analysis to determine the need of the customers and ends wit the library’s communication to the community relating the product created to respond to those need” (weingand, akses 8 Okt’04). Konsep Pemasaran Menurut Warren Kegan Associaties, Inc. dalam McDonald dan Keegan, 1999 : 8 (Tabel 2.1). Konsep Pemasaran Menurut Warren Kegan Associaties, Inc. dalam McDonald dan Keegan, 1999 : 8 (Tabel 2.1).

13 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Pentingnya pemasaran jasa informasi (Munshi, akses 14 Feb’04), antara lain: Pemahaman pada kebutuhan pengguna akan membantu pemberian pelayanan yang efektif dan efisien. Berperan dalam mengidentifikasi kebutuhan dan menyediakan informasi yang dibutuhkan tersebut baik bagi pelanggan aktif maupun pelanggan potensial Memeperkuat citra organisasi dan profesi informasi

14 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Elemen-elemen Strategi Pemasaran Analisis pasar : kajian lingkungan, definisi pasar, segmen pasar, kesadaran dan sikap pasar, analisis citra organisasi, perilaku pelanggan dan kepuasan pemakai. Analisis sumber daya : product, price, promotion, place, process, people dan phisical evidence. Analisis misi : misi bisnis /kegiatan, definisi kelompok pemakai,target pemasaran, identifikasi pesaing dan kedudukan pasar

15 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Peran Teknologi Informasi dalam Pemasaran Jasa Informasi Internet merupakan media penyebar informasi tercepat saat ini. Internet telah menjadi media bagi berjuta transaksi pemasaran. Ponsel menjadi salah satu media distribusi informasi melalui layanan content mobile.

16 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Model e-bisnis berbasis web content : Internet Service Provider (ISP) : AOL,Prodigy, dll. Revenue utama dari pelanggan yang ingin memiliki jaringan akses internet. Perusahaan yang berbasis informasi atau portal : Detik.com, Astaga.com, dll. Revenue utama dari iklan. Perusahaan berbasis transaksi e-commerce : Amazon.com, dll. Revenue utama dari pembelian yang dilakukan konsumen secara on-line.

17 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi e-bisnis (Sunarip, akses 11 Juli’04): Pemahaman terhadap situasi pasar, sering dikalahkan oleh publisitas keajaiban internet. - Menyiapkan media yang memungkinkan konsumen diberi pilihan sesuai preferensi (manual atau interaktif). -Memperhatikan tingkat kebutuhan teknologi yang digunakan konsumen. Visi dan kesiapan yang jelas. Brand / merek bervisi global. Situs web mampu memberikan pengalaman yang menarik. “Merger” dari ketiga model e-bisnis.

18 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Penerapan Strategi Pemasaran pada Content Provider WorldZap (www.ericsson.co.id, akses 11 Juli’04): Mencuri momen, dengan harapan mencuri start dalam branding, partnership dan membentuk basis pelanggan. Menggandeng para pemain besar di penyiaran olah raga seperti Soccernet, ESPN, CNN, BBC. Perluasan pasar setelah dapat mengelola dan memperoleh pelanggan dan mempertahankan loyalitas dari pelanggannya. Kesetiaan pada konsep (Zero, One, Two, Three)

19 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Prosedur Evaluasi Penerapan Strategi Pemasaran (Gambar 2.4) Prosedur Evaluasi Penerapan Strategi Pemasaran (Gambar 2.4)

20 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Metodologi Penelitian Jenis Penelitian : Studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian : Strategi pemasaran jasa informasi. Subjek Penelitian : Para pengambil kebijakan bidang pemasaran di Data Consult dan Agrakom. Informan Penelitian : - Data Consult : Manager Director - Agrakom : President Director, Marketing & Mobile Data Managing Director / Wakil Pemred Detik.com, GM OnLine & Web Services, General Manager IT.

21 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Jenis Data : Data Primer dan Sekunder Teknik Pengumpulan Data : Wawancara, Observasi, Studi Pustaka Pengolahan dan Analisa Data (Gambar 3.1) Pengolahan dan Analisa Data (Gambar 3.1) Pembatasan Penelitian : - Lokasi : Data Consult dan Agrakom sebagai pemilik Detik.com. - Tolak ukur keberhasilan pada jumlah / volume penjualan selama tiga tahun ( ). Keterbatasan Penelitian : Tidak mencakup strategi pemasaran tahun 2004 karena masih berjalan.

22 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI HASIL PENELITIAN Penerapan Strategi Pemasaran di Data Consult Latar Belakang Pendirian Didirikan tahun 1978 oleh Ir. Sulaeman Krisnandhi. Latar belakang pendirian : memberikan jalan bagi pelaku bisnis dari luar negeri dalam memahami kondisi dan peluang pasar di Indonesia. Misi Data Consult – Where the Information come from To be number one in information provider in the country  Memeberikan informasi kepada perusahaan sesuai perkembangan yang terjadi Kelompok Pemakai : • Para pelaku bisnis Identifikasi Perusahaan Pesaing • Perusahaan sejenis dari dalam dan luar negeri • Internet • Perusahaan jasa informasi lainnya Kekuatan terhadap Pesaing : • Penguasaan terhadap jaringan sumber informasi, kesiapan SDM, ketersediaan database industri, kepekaan menangkap kebutuhan da keinginan pelanggan

23 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Kepuasan Pelanggan : 1. Relationship marketing 2. Superior customer service 3. Unconditional / extraordinary guarantees 4. Penanganan keluhan yang efisien 5. Peningkatan kinerja perusahaan 6. Quality Function Deployment (QFD), menterjemahkan kebutuhan pelanggan Peran Analisa Pasar Kajian Lingkungan Perubahan lingkungan bisnis internal dan eksternal mempengaruhi kebijakan strategi pemasaran yang berjalan Faktor Pendukung : perkembangan teknologi, pasar bebas, kebebasan pers. Faktor Penghambat : ijin survai, hambatan biaya, belum ada asosiasi profesi, ketidaksiapan masyarakat menggunakan teknologi

24 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Definisi Pasar - Perusahaan yang memerlukan informasi mengenai peluang pasar di Indonesia Segmen Pasar - Lembaga keuangan, perdagangan, konsultan-konsultan Kesadaran dan Sikap Pasar Pemberian pelatihan mengenai industri yang diteliti dari pelanggan. Informasi menjadi komoditas, persepsi informasi bisa didapat dengan mudah dan murah. Citra Perusahaan Konsultan provider informasi Perilaku Pelanggan Perubahan lingkungan bisnis, perubahan kebutuhan konten informasi. Memilih harga yang lebih murah.

25 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Produk/jasa Produk / jasa informasi: - Indonesian Commercial News Letter (ICN) - Indonesian Investment Highlights (IIH) - Credit Status Reporting Service Strategi Penetapan Produk/Jasa 1. Strategi multi produk 2. Stategi system-of-product Strategi Penentapan Harga 1. Berorintasi pada kompetitor 2. Berorientasi pada pelanggan’Berorientasi pada biaya

26 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Saluran Distribusi 1. Strategi saluran distribusi berganda 2. Strategi cakupan distribusi Strategi Promosi 1. ICN 2. Link dengan provider 3. Mouth to mouth 4. Pameran 5. Kerja sama dengan majalah 6. Seminar 7. Internet

27 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Proses 1. Penawaran produk/jasa secara bertahap : ICN, Industry review, market study/feasibility study, kontrak up date 2. Proses distribusi : Langsung dan tidak langsung. 3. Pengemasan Produk/jasa : kerja sama dengan penerbit dan provider TI. Strategi SDM - Merekrut orang-orang dengan kemampuan “menengah” dan pemberian pelatihan. - Kerja sama dengan tenaga ahli, konsultan dan peneliti. - Reward dan sanksi bagi karyawan.

28 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Bukti Fisik - Kemasan produk/jasa sesuai perkembangan TI. - Pemberian diskon bagi yang beralih dari bentuk tercetak ke elektronik. - Link database Penjualan Produk/ Jasa Penjualan Produk/ Jasa Grafik Penjualan Grafik Penjualan Evaluasi Strategi Pemasaran Pola Pemasaran Pola Pemasaran

29 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Pemasaran Jasa Informasi di Agrakom pada Produk Detikcom Latar Belakang Dibangunnya Detikcom • Perkembangan internet • Pengalaman perusahaan dalam jasa TI. • Sarana TI yang dimiliki perusahaan Misi • Memberikan informasi dengan cepat kepada pengakses Detikcom.

30 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Kelompok Pemakai - Awal : Pekerja kantoran - Sekarang : Semua kalangan Identifikasi Pesaing - KCM - Semua media Peran Analisa Pasar Kajian Lingkungan Kajian lingkungan berperan dalam menentukan produk/jasa yang dihasilkan. Faktor pendukung : hampir tidak ada reteksi dari pemerintah, revenue lebih besar dari cost, kesiapan teknologi informasi. Faktor penghambat : pertumbuhan pengakses internet rendah, biaya berlangganan ISP tinggi

31 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Definisi Pasar - Diakses oleh sebagian besar laki-laki (78%), berusia tahun (60%), berasal dari pulau JAwa (85%), orang bekerja (76%), berpenghasilan 1-3 juta (35%0 dan 3-10 juta (34%). Citra Produk : Portal Tercepat dan Terpercaya Strategi Produk/Jasa Informasi Jenis Produk/Jasa Informasi - Porta Detikcom (Gratis) - Premium - Sindikasi - DetikMobile

32 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Penetapan Produk/Jasa 1. Kecepatan penyampaian berita 2. Akurasi berita Strategi Penetapan Harga 1. Tarif iklan : flat rate, tergantung size. 2. Tarif content mobile : kesepakatan dengan provider teleomunikasi, bagi hasil. 3. Content syndication, premium content : penawaran dari partner sindikasi, harga pokok produksi.

33 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi Saluran Distribusi - Distribusi berganda : internet dan HP. Strategi Promosi - Portal Detikcom - Media konvensional Strategi Proses - Proses pemasaran : proaktif dan follow up - Mempersiapkan sistem yang sesuai dengan karakter internet : cepat, serentak, tanpa batas, termasuk pola kerja wartawan.

34 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Strategi SDM : - Merekrut orang-orang yang belum berpengalaman di media lain kemudian didik sesuai kebutuhan Detikcom. Strategi Bentuk Fisik - Digunakan beberapa server untuk membagi beban server yang didasarkan pada ISP yang digunakan pengakses. Penjualan - Pertumbuhan Pageview Pertumbuhan Pageview Pertumbuhan Pageview - Pertumbuhan Iklan Pertumbuhan Iklan Pertumbuhan Iklan - Evaluasi

35 Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI Sekiandan Terima kasih


Download ppt "Seminar Tesis - Nuning Kurniasih JIP UI - 2005 STRATEGI PEMASARAN JASA INFORMASI (STUDI KASUS DI PT.DATA CONSULT, INC. DAN PT. AGRANET MULTICITRA SIBERKOM)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google