Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kompetensi Dasar 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 2. Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kompetensi Dasar 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 2. Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai."— Transcript presentasi:

1

2

3 Kompetensi Dasar 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 2. Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.

4 Indikator 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw. 2. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah. 3. Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah. 4. Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah.

5 Rasululloh SAW. berdakwah dengan dua aspek, yaitu agama dan ilmu pengetahuan. Beliau terus menyerukan umat Islam agar belajar membaca dan menulis. Pada awal perkembangannya, umat Islam sangat senang menyambut seruan Alloh dan sabda Nabi tentang ilmu pengetahuan. Di zaman Rasululloh saw., masjid merupakan tempat pendidikan. Para shohabat dan tokoh Muslim sering mengajarkan ilmu dunia dan agama kepada generasi muda dengan cara HALAQOH, yaitu pembelajaran dengan duduk membentuk lingkaran. Perkembangan Islam tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan dan seni, tetapi juga di bidang industri sebagai penerapannya. Industri yang terkenal pada saat itu ialah pakaian / textil, seperti textil Mosul (di Irak) dan textil Damaskus. Puncak dari kemajuan ilmu pengetahuan Islam ialah pada masa Kholifah Harun Al Rasyid dan putranya Al-Makmun. Pada masa itu berdiri Baitul Hikmah (Lembaga Ilmu Pengetahuan) yang tugas utamanya antara lain menerjemahkan kitab-kitab berbahasa asing ke dalam bahasa Arab.

6 Ilmuwan Muslim Pada Masa Daulah Abbasiyah Ketika masih kecil beliau sudah hafal Al- Qur’an, menguasai tata bahasa Arab ( Nahwu- shorof ), serta mendalami ilmu fiqh, dan belajar ilmu mantiq pada seorang guru filfsafat. Usia 17 tahun ia telah memahami seluruh teori kedokteran melebihi siapapun. Oleh karena itu beliau diangkat menjadi penasehat / konsultan para dokter praktek pada masa itu sehingga disebut FATHER OF DOCTORS (bapak kedokteran dunia). Bukunya yang paling terkenal adalah Qonun fit Thibb (Dasar dasar ilmu kedokteran),

7 Ibnu Rusydi

8 •Ibnu Nafis Nama lengkapnya Alauddin Abdul A’la bin Abil Harom Al Quraisyi Ad Dimasyqy Ibnu Nafis. Ia terkenal sebagai seorang dokter yang terkemuka dan penulis yang serba bisa pada abad ke 7 H. Bahkan disebut sebagai Ibnu Sina kedua. Karya karyanya yang terkenal antara lain : a.Asy Syamil fith Thib ( Ensiklopedi yang lengkap ). b.Muhadzdzab fil Kuhl. c.Munir Al Qonun.

9 1. Al Faroby Nama len gkapnya Abu Nasr Muhammad bin Muhammad bin Turkham bin Awzalagh Al Faroby, beliau juga pencipta alat musik yang dinamai Al Qonun yang kemudian ditiru orang barat dengan nama piano. Karya karya nya : •On Vaccum. •Against Astrology. •De Intellectu / Fil Aqly. 2. Ibnu Haitam Nama lengkapnya Abu Ali Hasan bin Hasan bin Haitam Al Basri Al Misri. Disamping ahli fisika juga ahli matematika. Karya karya nya : •Maqolah fi Dauil Qomar ( uraian secara rinci tentang cahaya, warna warna, dan gerak gerik langit ). •Fil Maroya Muhriqoh bil Kutu (tentang cermin cermin parabolik). •Fil Suratil Kusuf ( uraian tentang penggunaan kamera obscuro untuk mengamati gerhana matahari ). Fisika

10 Matematika / Geometri

11 Biology a. As Simay Seorang ahli biology dengan hasil karya nya yang terkenal ”Kitabun Nabati Was Sajjar” membahas tentang tumbuh tumbuhan dan pepohonan. b. Ibnul Awwan Seorang ahli biology terutama di bidang pertanian dengan hasil karyanya yang terkenal ”Al Fallah”

12 Sejarah / Sosiology b. Abu Abdillah Al Qazwaini Beliau terkenal sebagai seorang ulamak dan ahli di bidang sejarah, kitabnya yang terkenal ”Atsarul Bilad wa Akhbaril Ibad” ( tentang negara atau daerah, keadaan penduduk, dan kehidupannya ). b. Abu Abdillah Al Qazwaini Beliau terkenal sebagai seorang ulamak dan ahli di bidang sejarah, kitabnya yang terkenal ”Atsarul Bilad wa Akhbaril Ibad” ( tentang negara atau daerah, keadaan penduduk, dan kehidupannya ).

13 DEMIKIAN TAYANGAN KAMI SEMOGA BERMANFAAT DAN THANK YOU SO MUCH SYUKRON JAZIILAN DEMIKIAN TAYANGAN KAMI SEMOGA BERMANFAAT DAN THANK YOU SO MUCH SYUKRON JAZIILAN


Download ppt "Kompetensi Dasar 1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 2. Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google