Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dasar-dasar Internet dan Intranet Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dasar-dasar Internet dan Intranet Teknologi Informasi dan Komunikasi."— Transcript presentasi:

1 Dasar-dasar Internet dan Intranet Teknologi Informasi dan Komunikasi

2 Definisi  Internet: sistem global dimana jaringan komputer dari seluruh dunia saling terhubung satu sama lain.  Internet memiliki teknologi, protokol dan aturan tersendiri untuk saling mengakses data dalam jaringan-jaringannya.

3  Intranet: suatu jaringan komputer terbatas yang menggunakan teknologi, protokol dan aturan yang sama dengan internet, tetapi tidak dapat diakses oleh orang di luar organisasi tempat intranet itu berada.  Intranet dapat tersambung ke internet melalui network gateway dengan firewall yang melindungi dari akses eksternal yang tidak berhak. Definisi

4 Sejarah Internet  Proyek ARPA (US DoD, 1963).  ARPANET (4 univ besar di AS, 1969).  NSFNET (Lembaga Riset AS, 1980-an).  Internet Komersial (1990).  Jaringan ARPANET menjadi backbone (tulang punggung) jaringan internet.

5 Kegunaan Umum  World Wide Web.  Electronic Mail.  Media Streaming.  Voice over Internet Protocol.  File Sharing (FTP, BitTorrent).  Chatting.

6 Manfaat Internet  Mengakses informasi: teks, gambar, suara, film/video.  Mengirim surat dan atau file.  Berdiskusi/saling bertukar informasi.  Sebagai sarana promosi/iklan.  Sebagai sarana pembelajaran/e-learning.

7 Dampak Internet  Internet menciptakan budaya baru dimana pengguna saling berinteraksi secara audio, visual, dan/atau tekstual.  Situs jaringan sosial seperti Frienster, Twitter, Facebook dan MySpace menciptakan wahana sosialisasi baru yang bersifat global dan terbuka.

8 Dampak Internet  Internet sebagai produk teknologi bersifat netral, maka akibat baik/buruk dari penggunaannya adalah tanggung jawab pelaku secara pribadi.  Tidak ada badan resmi yang mengatur internet, manfaat penggunaannya bergantung pada rasa tanggung jawab dan kedewasaan pribadi penggunanya.

9 Dampak Internet  Isu-isu seperti privasi, identitas, dan hak cipta menjadi kepedulian bagi pengguna Internet.  Pengguna Internet terhubung secara global, sehingga harus memperhatikan perbedaan antar negara dan kebudayaan.  Pengguna Internet harus memperhatikan netiquette, aturan tak tertulis yang mengatur tata krama dalam ber-internet.

10 Perangkat Akses Internet Internet dapat diakses oleh perangkat manapun yang internet-enabled, seperti:  Komputer (PC, notebook, netbook).  Ponsel (macam-macam smartphone, Blackberry).  PDA. yang memenuhi spesifikasi minimal hardware.

11 Perangkat Akses Internet  Saluran koneksi (dial-up, LAN, WiFi, DSL).  Software: perambah (browser) web, client, aplikasi FTP, aplikasi chat, software sekuriti (antivirus, spamguard, firewall, dll).  ISP (Internet Service Provider).

12 Perangkat Akses Internet  Mengkoneksikan PC ke internet dengan modem dial-up.

13 Jaringan Komputer  Unit terkecil dari internet adalah jaringan komputer.  Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan bersama-sama melalui saluran komunikasi.  Tujuannya untuk membagi sumber daya komputasi dan data di antara komputer- komputer yang terhubung ke jaringan.

14 Jaringan Komputer  Media komunikasi yang dipakai bisa berupa kabel, gelombang radio, maupun serat optik.  Jaringan komputer bisa terdiri dari workgroup, local area network (LAN), dan wide area network (WAN).  Workgroup menghubungkan komputer- komputer dengan kedudukan setara (tidak ada server).

15 Jaringan Komputer  LAN menghubungkan komputer-komputer dengan sejumlah komputer sebagai client, dan terdapat komputer lainnya sebagai server yang melayani request client atas sumber daya (printer, koneksi internet, dll) dan data.  WAN menghubungkan beberapa workgroup atau LAN, menggunakan internet atau media koneksi secara langsung.

16 Topologi Jaringan Komputer  Topologi Bus:

17 Topologi Jaringan Komputer  Topologi Ring:

18 Topologi Jaringan Komputer  Topologi Star:

19 Topologi Jaringan Komputer  Topologi Tree:

20 Tugas :  Lakukan dua kajian dan buatlah dua laporan dengan tema sbb :  Menghindarkan diri dari pengaruh buruk internet  Kelemahan dan keunggulan topologi jaringan star, bus, ring dan tree


Download ppt "Dasar-dasar Internet dan Intranet Teknologi Informasi dan Komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google