Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ciri-Ciri Kematangan Moral. Rasa Hormat terhadap Martabat Kemanusiaan  Menunjukkan rasa hormat terhadap nilai dan hak-hak semua orang;  Menghindari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ciri-Ciri Kematangan Moral. Rasa Hormat terhadap Martabat Kemanusiaan  Menunjukkan rasa hormat terhadap nilai dan hak-hak semua orang;  Menghindari."— Transcript presentasi:

1 Ciri-Ciri Kematangan Moral

2 Rasa Hormat terhadap Martabat Kemanusiaan  Menunjukkan rasa hormat terhadap nilai dan hak-hak semua orang;  Menghindari kecurangan dan ketidakjujuran;  Memajukan kesamaan derajat manusia;  Menghormati kesadaran akan kebebasan;  Bekerjasama dengan orang memiliki perbedaan pandangan;  Menahan diri dari prasangka-prasangka

3 Peduli terhadap Kesejahteraan Bersama Mengakui ketergantungan antarsesama; Mencari keadilan sosial Peduli terhadap negara lain Menolong sesama Bekerja untuk membantu orang lain dengan kematangan moral.

4 Mengintegrasikan kepentingan individu dan sosial secara bertanggungjawab  Melibatkan diri dalam kehidupan bersama;  Bekerja dengan penuh kebaikan dalam komunitas;  Menunjukkan kehormatan diri dan nilai-nilai kebajikan moral orang lain seperti mengendalikan diri, bertindak cerdas, kebaikan, kebaikan hati, kejujuran, keberadaban dalam kehidupan sehari- hari.  Memenuhi komitmen;  Membangun harga diri melalui hubungan sesama.

5 Menunjukkan integritas  Berperilaku cerdas;  Berpegang pada prinsip-prinsip moral;  Menunjukkan keberanian moral;  Memahami kapan bertindak kompromis dan kapan bertindak berlawanan;  Menerima tanggungjawab dari suatu pilihan;

6 Bercermin pada pilihan2 moral  Mengakui isu-isu moral yang terlibat dalam suatu keadaan tertentu;  Menerapkan prinsip-prinsip moral ketika akan membuat keputusan moral;  Memikirkan konsekuensi dari suatu keputusan;  Mencari isu-isu moral yang penting dalam masyarakat dan dunia;

7 Mencari Pemecahan Konflik dengan damai ► Bekerja keras untuk mencari pemecahan konflik personal dan sosial; ► Menghindari serangan secara fisik dan verbal; ► Menyimak dengan kehati-hatian dari orang lain; ► Memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan sesama; ► Bekerja untuk kedamaian.


Download ppt "Ciri-Ciri Kematangan Moral. Rasa Hormat terhadap Martabat Kemanusiaan  Menunjukkan rasa hormat terhadap nilai dan hak-hak semua orang;  Menghindari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google