Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates "Berusaha... bekerja dengan tanganmu. "

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates "Berusaha... bekerja dengan tanganmu. ""— Transcript presentasi:

1 Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates "Berusaha... bekerja dengan tanganmu. "

2 Powerpoint Templates Page 2 Pada waktu penciptaan dunia, bekerja telah ditetapkan sebagai suatu berkat. Bekerja dimaksudkan untuk perkembangan, kuasa dan kebahagiaan. Perubahan keadaan dunia melalui kutuk dosa telah membawa perubahan dalam hal bekerja; dan walaupun sekarang disertai dengan kekhawatiran, kelelahan, dan rasa sakit, namun bekerja masih tetap merupakan sumber kebahagiaan dan pengembangan.

3 Powerpoint Templates Page 3 Dan bekerja adalah perlindungan terhadap pencobaan. Disiplinnya mencegah pemanjaan diri sendiri, dan meningkatkan kerajinan, kemurnian dan keteguhan. Dengan demikian bekerja menjadi bagian dari rencana Allah yang besar untuk memulihkan kita dari kejatuhan kita ke dalam dosa.

4 Powerpoint Templates Page 4 Orang-orang muda harus dituntun untuk melihat keluhuran sejati dari bekerja. Tunjukkanlah kepada mereka bahwa Allah juga senantiasa bekerja. Segala sesuatu di alam ini melakukan pekerjaan mereka yang telah ditetapkan. Perbuatan menyebar ke seluruh ciptaan, dan agar supaya memenuhi misi kita, kita juga harus aktif bekerja.

5 Powerpoint Templates Page 5 Sebagai suatu peraturan, gerak badan yang sangat bermanfaat bagi orang-orang muda akan diperoleh dalam pekerjaan yang berguna. Anak kecil mendapat baik hiburan maupun perkembangan dalam bermain; dan olahraganya haruslah yang membantu meningkatkan, bukan saja pertumbuhan fisik, tetapi juga mental dan rohani.

6 Powerpoint Templates Page 6 Pada waktu ia memperoleh kekuatan dan kecerdasan, maka rekreasi yang terbaik akan terdapat dalam beberapa bidang usaha yang berguna. Olah raga yang mendidik tangan untuk menolong, dan yang mengajar orang-orang muda memikul beban hidup, adalah cara yang paling efektif dalam meningkatkan pertumbuhan pikiran dan tabiat.

7 Powerpoint Templates Page 7 Orang-orang muda perlu diajar bahwa hidup berarti bekerja sungguh-sungguh, tanggung jawab dan waspada. Mereka memerlukan pendidikan yang akan membuat mereka menjadi orang-orang yang praktis pria dan wanita yang dapat menghadapi keadaan darurat. Mereka harus diajar bahwa disiplin pekerjaan yang sistematis, yang diatur dengan baik sangat perlu, bukan hanya sebagai perlindungan terhadap gejolak kehidupan, tetapi juga sebagai suatu pertolongan terhadap segala bentuk perkembangan

8 Powerpoint Templates Page 8 Perlu diketahui bahwa tidak ada pria atau wanita yang turun martabatnya hanya oleh melakukan pekerjaan yang jujur. Yang dipandang hina itu adalah kemalasan dan ketergantungan diri sendiri. Kemalasan mendorong pemanjaan diri sendiri, dan akibatnya adalah kehidupan yang kosong dan tandus, suatu ladang yang mengundang pertumbuhan segala kejahatan.

9 Powerpoint Templates Page 9 Banyak dari cabang-cabang pelajaran yang menghabiskan waktu siswa, tidak penting kepada yang berguna atau kebahagiaan; tetapi adalah perlu bagi setiap orang muda mengenal secara langsung tugas-tugas sehari-hari. Jika perlu, seorang gadis dapat memberikan pengetahuan bahasa Prancis, aljabar, atau mungkin juga pelajaran piano; tetapi tidak boleh tidak ia harus belajar membuat roti yang baik, menjahit pakaian yang cocok dan rapi, dan melakukan secara efisien berbagai macam tugas yang berkaitan dengan rumah tangga

10 Powerpoint Templates Page 10 Demi kesehatan dan kebahagiaan seluruh keluarga, tidak ada yang lebih penting dari ketrampilan dan kecerdasan tukang masak. Makanan yang disediakan secara tidak baik, dan yang tidak sehat dapat menghalangi dan bahkan merusak baik kegunaan orang dewasa maupun pertumbuhan anak. Atau oleh menyediakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan pada waktu yang sama menarik dan lezat rasanya, ia dapat memperoleh yang baik, sebanyak yang bisa diperoleh dalam hal yang salah. Jadi, dalam banyak hal, kebahagiaan hidup berkaitan dengan kesetiaan dalam tugas-tugas yang biasa.

11 Powerpoint Templates Page 11 Pekerjaan wanita yang perlu diajarkan kepada anak pria sehingga mereka lebih bahagia dan sepurna adalah •Mengatur tempat tidur, •membuat kamar teratur, •mencuci piring, •menyediakan makanan, •Mencuci, •memperbaiki pakaian sendiri,

12 Powerpoint Templates Page 12 Pekerjaan Pria yang perlu diajarkan kepada anak Wanita sehingga mereka sanggup menghadapi keadaan-keadaan darurat •Belajar memasang pelana, •Mengendarai kuda, •Menggunakan gergaji, •Menggunakan palu, •Menggunakan garu dan •Cangkul.

13 Powerpoint Templates Page 13 Bagi setiap anak, rumah tangga harus menjadi sekolah yang pertama. Dan sedapat-dapatnya fasilitas pendidikan ketrampilan harus dikaitkan dengan setiap sekolah. Sedapat mungkin pendidikan yang demikian harus melengkapi tempat gedung olahraga dengan manfaat tambahan yang diberikan oleh disiplin yang berharga.

14 Powerpoint Templates Page 14 •Pendidikan ketrampilan harus mendapat lebih banyak perhatian daripada apa yang telah diterimanya. Sekolah-sekolah harus dibangun yang, sebagai tambahan kepada pembinaan mental dan moral yang tinggi, akan menyediakan fasilitas terbaik untuk pengembangan jasmani dan pelatihan kerajinan tangan.

15 Powerpoint Templates Page 15 •Pelajaran harus diberikan dalam bidang pertanian, manufaktur, meliputi sebanyak mungkin perdagangan yang paling berguna, juga dalam ekonomi rumah tangga, cara memasak makanan sehat, menjahit, membuat pakaian yang higienis, merawat orang sakit, dan berbagai bidang lainnya. Kebun, bengkel, dan ruang-ruang perawatan harus disediakan, dan pekerjaan dalam setiap bidang harus di bawah pengawasan instuktur-instruktur yang trampil.

16 Powerpoint Templates Page 16 •Pekerjaan harus mempunyai tujuan tertentu dan harus sungguh-sungguh. Sementara setiap orang memerlukan berbagai pengetahuan ketrampilan yang berbeda, namun adalah sangat perlu bahwa ia harus ahli dalam paling sedikit pada satu ketrampilan. •Setiap orang muda, pada waktu meninggalkan sekolah, harus sudah menguasai suatu pengetahuan perdagangan atau pekerjaan oleh mana jika diperlukan, ia dapat memperoleh mata pencaharian.

17 Powerpoint Templates Page 17 •Keberatan yang paling diajukan menentang pendidikan ketrampilan di sekolah-sekolah adalah menyangkut biaya yang besar. Akan tetapi tujuan yang akan dicapai adalah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. •Tidak ada pekerjaan lain yang diserahkan kepada kita yang lebih penting daripada pendidikan orang-orang muda, dan segala biaya yang diperlukan untuk mencapainya dengan benar harus dikeluarkan sebaik-baiknya.

18 Powerpoint Templates Page 18 •Sebagai pengendoran ketegangan dari kesibukan belajar, melakukan pekerjaan di udara terbuka, dan menggerakkan seluruh bagian tubuh, adalah sangat bermanfaat. Tidak ada bidang pendidikan ketrampilan yang lebih berfaedah dari pada pertanian. •Biarlah guru menarik perhatian terhadap apa yang dikatakan Alkitab mengenai pertanian: adalah rencana Allah bagi manusia untuk mengerjakan tanah; agar manusia yang pertama itu, pemerintah seluruh dunia, diberikan satu taman atau kebun untuk dikerjakan dan dipelihara; dan bahwa banyak orang-orang besar dunia, bangsawan-bangsawannya yang terkenal, adalah orang-orang yang bercocok tanam.

19 Powerpoint Templates Page 19 •Dalam mempelajari pertanian, janganlah hanya teori yang diberikan kepada anak-anak, melainkan juga prakteknya. Sementara mereka mempelajari apa yang ilmu pengetahuan bisa ajarkan mengenai alam dan penyediaan tanah, nilai berbagai tanaman, dan metode produksi, biarlah mereka menerapkan pengetahuan mereka. •Dengan demikian dapat membangkitkan minat yang sungguh-sungguh, suatu cita-cita untuk melakukan pekerjaan dengan cara yang baik. Cita- cita seperti itu, ditambah dengan gerak badan yang menguatkan tubuh, sinar matahari, dan udara bersih, akan menciptakan cinta pada pekerjaan pertanian. Dengan demikian boleh membendung pengaruh yang mendorong arus perpindahan yang kini semakin kuat menuju kota-kota besar.

20 Powerpoint Templates Page 20 •Manfaat pendidikan ketrampilan juga diperlukan oleh orang-orang profesional. Seseorang mungkin mempunyai daya pikir yang cemerlang; ia mungkin cepat menangkap ide-ide orang; pengetahuan dan ketrampilannya memberi kesempatan padanya memilih panggilan yang datang kepadanya; namun ia juga mungkin tidak memiliki kebugaran untuk melakukan tugas- tugasnya. Pendidikan yang didapat hanya dari buku-buku menuntun kepada pemikiran yang dangkal. •Pekerjaan praktis mendorong pengamatan yang teliti dan pemikiran yang bebas. Pekerjaan yang dilakukan dengan benar cenderung memperkembang hikmat yang praktis yang lazim kita sebut akal sehat. Hal itu mengembangkan kesanggupan membuat rencana dan melaksanakannya, menguatkan keberanian dan ketabahan, serta mendorong penerapan kebijaksanaan dan ketrampilan.

21 Powerpoint Templates Page 21 •Dokter yang telah meletakkan dasar pengetahuan keahliannya oleh melayani dalam ruang perawatan di rumah sakit akan memiliki pengertian yang cepat, suatu pengetahuan serba bisa dan satu kesanggupan untuk melakukan tugas pelayanan dalam keadaan darurat, semuanya itu merupakan persyaratan yang perlu, yang hanya dapat diperoleh melalui pelatihan yang praktis. •Pendeta, misionaris, guru akan mempunyai pengaruh yang lebih besar pada orang lain bilamana mereka memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan melakukan tugas-tugas praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dan seringkali keberhasilan, mungkin juga kehidupan, misionaris itu tergantung atas pengetahuannya mengenai hal-hal yang praktis. Kesanggupan menyediakan makanan, menangani kecelakaan dan keadaan darurat, mengobati penyakit, membangun rumah, atau kalau diperlukan membangun gereja, seringkali hal ini membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan dalam pekerjaan selama hidupnya.

22 Powerpoint Templates Page 22 •Pada waktu menempuh pendidikan, banyak siswa yang memperoleh pendidikan yang sangat berharga jikalau mereka dapat membiayai diri mereka sendiri. Gantinya berhutang, atau bergantung sepenuhnya kepada pengorbanan orang tua mereka, biarlah orang-orang muda, pria dan wanita, bergantung atas diri mereka sendiri. Dengan demikian mereka akan mengetahui nilainya uang, nilainya waktu, tenaga dan kesempatan, dan akan mengurangi pencobaan untuk memanjakan tabiat bermalas-malas dan boros.

23 Powerpoint Templates Page 23 •Biarlah orang-orang muda diberi kesan dengan pemikiran bahwa pendidikan bukan mendidik mereka bagaimana caranya melepaskan diri dari tugas-tugas yang tidak menyenangkan dan beban berat; bahwa tujuan pendidikan adalah untuk meringankan pekerjaan oleh mengajarkan metode-metode yang lebih baik dan tujuan-tujuan yang lebih tinggi. •Ajarkanlah kepada mereka bahwa tujuan hidup yang sebenarnya bukan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya bagi mereka sendiri, melainkan untuk menghormati Khalik dalam melakukan bagian mereka dalam pekerjaan di dunia ini, dan meminjamkan tangan pertolongan kepada orang-orang yang lebih lemah dan lebih bodoh.

24 Powerpoint Templates Page 24 •Salah satu alasan utama mengapa pekerjaan fisik dipandang hina ialah kecerobohan, tanpa berpikir yang sering dilakukan sementara melakukan pekerjaan itu. Pekerjaan itu dilakukan dari segi kepentingan, bukan atas pilihan. Orang yang bekerja itu tidak menaruh hati pada pekerjaan itu, juga tidak memelihara kehormatan diri sendiri, atau tidak memenangkan kehormatan dari orang-orang lain. Pendidikan ketrampilan harus memperbaiki kesalahan ini. •Pendidikan ketrampilan ini harus memperkembang kebiasaan bersungguh- sungguh dan ketelitian. Murid-murid harus mempelajari bebijaksanaan dan sistem melakukannya; mereka harus belajar menghemat waktu dan membuat setiap gerak bermanfaat. Mereka jangan hanya diajar mengenai metode terbaik, tetapi harus diilhami dengan cita-cita yang terus meningkat lebih baik. Biarlah yang menjadi tujuan mereka membuat pekerjaan sesempurna mungkin, yang otak dan tangan manusia bisa buat.

25 Powerpoint Templates Page 25 •Pendidikan seperti itu akan membuat orang-orang muda menjadi kepala, bukan menjadi budak, pekerjaan itu. Pendidikan itu akan meringankan pekerjaan berat, dan akan menghargai pekerjaan yang sangat sederhana sekalipun. Orang yang memandang pekerjaan sebagai sesuatu yang membosankan, dan bermalas-malas melakukannya sesuka hati dan berpuas diri, tidak berusaha meningkatkannya, akan mendapati pekerjaan itu sesungguhnya adalah merupakan beban. Tetapi mereka yang memahami pengetahuan dalam pekerjaan yang paling sederhana sekalipun akan melihat di dalamnya keagungan dan keindahan, dan mereka akan gembira melakukannya dengan setia dan efisien. •Seorang orang muda yang terlatih baik, apapun panggilan hidupnya, sejauh tetap jujur, akan menduduki jabatan yang berguna dan terhormat.


Download ppt "Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates "Berusaha... bekerja dengan tanganmu. ""

Presentasi serupa


Iklan oleh Google