Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

03 Peranti Masukan  Jenis-jenis peranti masukan  Peranti pengetikan (typing device)  Peranti penunjuk (pointing device)  Pengambil gambar terformat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "03 Peranti Masukan  Jenis-jenis peranti masukan  Peranti pengetikan (typing device)  Peranti penunjuk (pointing device)  Pengambil gambar terformat."— Transcript presentasi:

1 03 Peranti Masukan  Jenis-jenis peranti masukan  Peranti pengetikan (typing device)  Peranti penunjuk (pointing device)  Pengambil gambar terformat  Pengambil gambar tak terformat  Suara – Video  Gerakan - Sensor  Radio Frequency Identification Device-RFID  Pembaca kartu magnetik  Pembaca kartu cerdas 1 Dosen: Muniardi, S.Kom. r

2 Apa itu Input?  Data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam memori komputer  Perangkat input adalah komponen hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi

3 Apa itu Input?  Dua tipe input:  Data •Text, angka, gambar, audio, video yang belum diproses  Instruksi •Program •Command •User responses

4 JENIS-JENIS PERANTI MASUKAN  Pengetikan  Keyboard  ATM  Point of Sale (POS)  Gambar  Penunjuk •Mouse •Trackball •Pointing stick •Touchpad •Touch screen •Joystick •Berbentuk pena –Pen base computer system –Light pen –Digitizer  Suara  Microphone  Automatic Speech Recognition  Touchtone  Video  Kamera video  Gerakan  Glove  Headset  Walker  Lain-lain  Sensor  Pembaca Kartu Magnetik  Radio Frequency Identification Device  Pembaca Kartu Cerdas  Pengambil •Terformat –Bar Code Reader –Magnetic Ink Character –Optical Mark Character –Optical Character Recognition •Tak terformat –Image scanner –Kamera Digital –Pembaca Retina Mata –Pembaca Sidik Jari

5 PERANTI PENGETIKAN (TYPING DEVICE)  Pembagian Keyboard  Area pengetikan  Keypad numeric  Function key, special key yang mengeluarkan command

6 Prinsip Kerja Keyboard

7 Jenis-Jenis Keyboard Kinesis Illuminating Ergonomic

8 PERANTI PENUNJUK (POINTING DEVICE)  Mouse  Trackball  Pointing Stick (trackpoint)  GlidePad/ TouchPad/ Trackpad  Pen/Stylus  Touchscreen  Game Controller

9 Mouse

10 Cara Kerja Mouse

11 Optical Mouse  Tidak ada pergerakan mekanis  Penginderaan optik digunakan untuk mendeteksi pergerakan  Lebih saksama dibanding mouse mekanik  Dihubungkan dengan kabel atau wireless

12 Cyberlink MindMouse  Bekerja dengan sebuah ikat kepala dengan tiga sensor yang mendeteksi sinyal elektrik yang dihasilkan pada dahi dari aktifitas otot-otot wajah, mata dan aktifitas otak  headband dihubungkan ke sebuah kotak interface yang memperkuat dan melakukan digitasi sinyal dan mentransmisikan ke komputer. Software mendekode sinyal, pergerakan mata dan gerakan wajah menjadi 10 “jari-otak”

13 Eye Mouse  Prinsip kerjanya sama dengan mouse, tetapi pointer digerakkan berdasarkan gerakan mata user yang rekam oleh sebuah perangkat yang mampu mendeteksi pergerakan mata

14 Track Ball  Fungsinya sama dengan mouse, tetapi dengan cara menggerakkan bola trackball  Biasa digunakan pada komputer laptop yang menempel pada keyboard

15 Track Point

16 Touch Pad

17 Touch Screen

18 Joystick  Biasa digunakan untuk aplikasi permainan (game)  Prinsip kerjanya sama dengan mouse, hanya saja fungsi pergerakannya lebih banyak (kompleks)

19 Pen, Stylus

20 Light Pen  Bentuknya seperti pena yang menghasilkan cahaya  Digunakan pada layar yang peka cahaya (fotoelektrik)  Biasa digunakan pada alat pengendali lalulintas udara di bandara

21 PENGAMBIL GAMBAR TERFORMAT  Untuk mengambil citra yang bentuk dan hurufnya telah ditentukan  Contoh:  Bar code reader  Magnetic Ink Character Recognition (MICR)  Optical Mark Recognition (OMR)  Optical Character Recognition (OCR)

22 Barcode Reader  input berupa garis-garis (bar) dengan kode tertentu  untuk label kode barang

23 Magnetic Ink Character Recognition  Untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta magnetik  Contoh: Untuk membaca nomor cek di bank

24 Optical Mark Recognition  Mengenali tanda dengan tinta pensil yang telah ditentukan letaknya  Bekerja dengan bantuan refleksi optis dengan mengenali ketebalan tulisan  Mis: pemeriksaan hasil SPMB

25 Optical Character Recognition  Mengenali tulisan dan mengkonversinya kedalam bentuk digital  Hasilnya akan diproses dengan perangkat lunak OCR (Mis: Omnipage)  Hasil scanning berupa file text yang bisa diedit

26 PENGAMBIL GAMBAR TAK TERFORMAT  Image scanner  Kamera digital  Pembaca retina mata  Pembaca sidik jari

27 Image Scanner HANDY SCANNER FLATBED SCANNER MEDIUM-SIZED SCANNER  Biasa disebut pemindai untuk merekam data gambar, foto, bahkan tulisan tangan

28 Kamera Digital  Kamera digital memiliki sebuah sensor yang dapat mengubah citra optis ke kode elektronis  Optical zoom  Pembesaran citra dengan merubah ukuran citra  Digital zoom  Pembesaran citra tanpa merubah ukuran citra

29 Pembaca Retina Mata  Untuk membaca retina mata seseorang yang menghasilkan suatu identitas retina mata  Ini bisasanya digunakan untuk mengidentifikasi seseorang untuk memasuki ruang tertentu, mis: ruang rahasia

30 Pembaca Sidik Jari  Fingerprint reader digunakan untuk membaca sidik jari seseorang  Teknologi yang lebih canggih memungkinkan hasil pembacaan peralatan ini berupa rumus sidik jari seperti yang lazim digunakan dalam sistem kepolisian  Biasa digunakan untuk menangani sistem kehadiran pegawai atau untuk memasuki tempat-tempat tertentu

31 Suara  Microphone  Automatic Speech Recognition (ASR)  Touchtone

32 Microphone  Prinsip kerja: merubah variasi tekanan udara karena adanya suara menjadi variasi isyarat listrik  Kelompok mikropon  Omnidirectional  Unidirectional  Noise canceling  Echo cencaling

33 Automatic Speech Recognition (ASR)  ASR mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat. Sistem ini memiliki:  Fitur penganalisis, yang dapat membedakan suara orang dan suara latar belakang dan mengubah sinyal digital suara menjadi fonem.  Pengklasifikasi pola  Pemrosesan bahasa

34 Touchtone  Biasa disebut sebagai DTMF (Dual Tone Multi Frequency)  Touchtone tidak bekerja sendirian tetapi diikutkan pada piranti lain seperti telepon  Biasa digunakan untuk:  Pengecekan rekening bank, listrik, telepon, dll  Registrasi mahasiswa, pengecekan nilai  Penerapannya lebih lanjut adalah pada activehome yang menggunaka media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dirumah.

35 Video  Apa itu Video Input?  Memproses pemasukan full- motion image ke komputer  Video capture card merupakan adapter card yang mengkonversi sinyal video analog ke sinyal digital yang dapat digunakan komputer  Digital video (DV) camera merekam video sebagai sinyal digital Video is displayed on computer screen Video is displayed on computer screen Video camera

36 Video  Apa itu PC video camera dan web cam?  PC video camera  DV camera digunakan untuk menangkap video dan gambar untuk komunikasi video- telepon pada internet •Biasa juga disebut sebagai PC camera  Web Cam  video camera yang outpunya ditampilkan pada halaman web PC Video Camera

37 Video Camera  Video Camera (biasa disebut video camera recorder atau disingkat camcorder)  Kamera video dapat merekam sampai 30 frame perdetik sehingga dapat memberikan efek kontinyu pada gerakan citra.

38 GERAKAN  Untuk memantau gerakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality  Headset  Glove  Walker

39 Headset  Headset adalah piranti yang dipasang di kepala, menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala, serta menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakainya

40 Glove  Glove merupakan sarung tangan yang digunakan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakainya

41 Walker  Digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki termasuk arah kaki berputar

42 SENSOR  Piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungannya. Data ini berupa data khusus yang langsung dimasukkan ke dalam komputer  Contoh penggunaan:  Pendeteksian gunung berapi  Detektor laju kecepatan kendaraan di jalan raya  Detektor arah angin

43 Radio Frequency Identification Device (RFID)  RFID menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi dari RFID ke piranti pelacak RFID  Sesuai untuk melacak sesuatu yang bergerak

44 Pembaca Kartu Magnetik (Magnetic Card Reader)  Kartu magnetik berbentuk seperti kartu kredit dengan pita magnetik.  Pada pita magenetik inilah data tertentu disimpan.  Contoh: kartu kredit, kartu ATM, kartu pegawai  Untuk membaca data pada pita magnetik inilah dibutuhkan MCR  Contoh: mesin ATM

45 Pembaca Kartu Cerdas (Smart Card)  Kartu ini sebenarnya adalah sebuah komputer berukuran mini  Di dalamnya terdapat prosesor, RAM, ROM dan sistem operasi  Contoh: kartu GSM dan CDMA


Download ppt "03 Peranti Masukan  Jenis-jenis peranti masukan  Peranti pengetikan (typing device)  Peranti penunjuk (pointing device)  Pengambil gambar terformat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google