Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUTWURI HANDAYANI ABSTRAKSI KEGIATAN Latar Belakang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUTWURI HANDAYANI ABSTRAKSI KEGIATAN Latar Belakang."— Transcript presentasi:

1

2 TUTWURI HANDAYANI

3 ABSTRAKSI KEGIATAN

4 Latar Belakang

5 Dalam pengajuan proposal ini penulis memiliki tujuan :  Mengembangkan usaha agar dapat diterima khalayak umum  Dapat meningkatkan taraf hidup pelaku usaha ini KARAKTERISTIK PRODUK Proposal ini merupakan pengajuan kegiatan usaha produksi bakso buah cinta. Pada awal produksi bakso ini dibuat dengan berbagai rasa buah yang buah tersebut tidak berair. Produk ini berasal dari bahan mentah yang harus diolah terlebih dahulu apabila ingin dikonsumsi. Bakso ini diproduksi dengan bentuk hati ( love ). Pada saat direbus, warna dari bakso itu akan berubah ke abu-abuan.

6 Bahan baku yang digunakan adalah daging dan buah. Namun tidak semua buah dapat digunakan sebagai bakso, hanya buah yang memiliki karakteristik mengandung vitamin atau memiliki aroma rasa tajam dan tidak mengandung banyak air yang dapat membuat bakso itu tidak padat. Seperti contoh mangga, nanas, stawberry, dll. Perbandingan bahan tersebut adalah 10% untuk buah, 70% untuk daging dan 20% untuk tepung terigu dan tepung kanji. Bahan baku bakso buah cinta ini mudah ditemui di pasaran sehingga dalam proses produksi tidak kesulitan. Untuk memperoleh bahan baku daging dan buah, produsen dapat membeli langsung di pasar atau dapat bekerja sama dengan tukang potong daging dan petani buah sebagai supplier bahan baku.

7 PROSES PEMASARAN Setelah bakso sudah masak dan sudah disiapkan, maka produk segera dipasarkan. Untuk tahap awal produksi, produk ini dipasarkan dengan membuka tempat kecil di sekitar kampus dan masyarakat umum juga bisa menikmatinya Proses Produksi

8 Masyarakat dapat terbantu dengan adanya usaha ini, karena mereka dapat mengkonsumsi bakso buah cinta dengan berbagai rasa sehingga mampu memberikan varian baru bahan makanan. Selain itu, harga bakso buah cinta ini cukup murah dibandingkan dengan harga bakso yang lain. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa usaha ini cukup menjanjikan. Dengan biaya Rp ,00 untuk rasa nangka sebanyak 2,6 kg menghasilkan laba bersih Rp ,00 per hari. Dengan keuntungan sebanyak itu apabila dikalkulasi dan diasumsikan kita berproduksi selama satu bulan, maka estimasi keuntungan kita sebesar Rp ,00.

9  Melakukan promosi melalui brosur-brosur  Melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar agar mau mencoba makanan tersebut dan kemudian mau membeli dengan harga promosi

10 RENCANA PEMBIAYAAN NoJenis KegiatanAnggaran Pra Kegiatan Persiapan Lokasi Promosi dan Publikasi Persiapan alat dan bahan Rp ,00 Rp ,00 Rp ,00 Pelaksanaan 1212 Transportasi pemasaran / bulan Lain – lain Rp ,00 Rp ,00 TOTALRp ,00 Estimasi Dana Kegiatan

11 ANALISIS SWOT Kelebihan (strengthen) • Penjual bakso buah cinta semacam ini belum banyak dijumpai di Kota Malang bahkan belum ada sehingga akan banyak orang yang tertarik dan ingin mengetahui seperti apa bakso buah cinta ini. Dari segi penamaan, kami yakin bahwa banyak orang yang penasaran dan ingin segera untuk mencobanya. Kelemahan ( weakness ) • Usaha ini sebenarnya membutuhkan dana yang cukup besar untuk pembelian alat dan bahan. Untuk menyiasati itu maka produsen membentuk kelompok usaha yang modalnya dari anggota kelompok usaha.

12 Kesempatan ( Opportunity ) • Dengan pertimbangan modal, biaya usaha ini bisa ditekan seminimal mungkin. Usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar seperti yang sudah diuraikan sebelumnya. Melihat kondisi pasar sekarang, bisnis ini akan memberikan respon yang cukup bagus dan kami yakin usaha ini akan berkembang. Tantangan atau Ancaman • Selama jenis usaha seperti ini belum banyak ditemukan di Kota Malang, maka akan memberikan prospek yang baik. Namun setelah usaha ini ada dan berkembang pesat, pasti akan banyak bermunculan bakso buah cinta yang memiliki bentuk dan rasa yang hampir sama. Para pesaing pun akan berusaha merebut pasar yang ada sehingga daerah pemasarannya akan semakin sempit.

13 UMM KOTA BATU Jl. Ti rt o U to m o Gg III Lokasi Usaha Tirto Utomo Gg II No. 02 Jl. Tlogo Mas Gg IV

14


Download ppt "TUTWURI HANDAYANI ABSTRAKSI KEGIATAN Latar Belakang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google