Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAKTU LUANG DAN KONSUMSI BERLEBIH. RUANG LINGKUP DAN RELEVANSI  PENGERTIAN WAKTU LUANG  THE LEISSURE CLASS  MENGKAJI MUNCULNYA ILUSI DAN SIMULASI YANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAKTU LUANG DAN KONSUMSI BERLEBIH. RUANG LINGKUP DAN RELEVANSI  PENGERTIAN WAKTU LUANG  THE LEISSURE CLASS  MENGKAJI MUNCULNYA ILUSI DAN SIMULASI YANG."— Transcript presentasi:

1 WAKTU LUANG DAN KONSUMSI BERLEBIH

2 RUANG LINGKUP DAN RELEVANSI  PENGERTIAN WAKTU LUANG  THE LEISSURE CLASS  MENGKAJI MUNCULNYA ILUSI DAN SIMULASI YANG DIKEMBANGKAN KEKUATAN INDUSTRI BUDAYA UNTUK MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN  MEMAHAMI DINAMIKA PERILAKU KONSUMSI THE LEISSURE

3 PENGERTIAN WAKTU SENGGANG MENURUT JOSEP PIEPER  HARFIAH : SAAT JEDA DARI KESIBUKAN DAN RUTINITAS KESEHARIAN, SANTAI, PIKNIK, BERLIBUR DAN BAHKAN TERKADANG WAKTU SENGGANG JUGA DIPAHAMI SEBGAI AKTIVITAS YANG TIDAK BERGUNA/BERMALAS-MALASAN  YUNANI : SKOLE YANG BERARTI LUANG ATAU RILEKS SKOLE INI KEMUDIAN DALAM BHS INGGGRIS MENJADI SCHOOL ATAU LEISURE  WAKTU SENGGANG BUKANLAH SIKAP ATAU TINDAKAN YANG TERJADI KARENA KEKUASAAN,PENGARUH ATAU TEKANAN DARI LUAR MELAINKAN DIPAHAMI SEBAGAI SIKAP MENTAL DAN SPRITUAL  WAKTU SENGGANG ADALAH SENI BERSUNYI.BUKAN KEBISUAN TAPI SIKAP KETERBUKAAN DAN PENEGASAN  WAKTU SENGGANG HANYA MUNGKIN KETIKA MANUSIA MENYATU DENGAN DIRINYA SENDIRI.

4 KERJA DAN WAKTU SENGGANG  KEHIDUPAN MANUSIA DIKUASAI OLEH KERJA,BISNIS DAN UPAYA MENCARI PENGHASILAN DEMI KELANGSUNGAN HIDUP KELUARGANYA  KERJA MENDEHUMANISASI MANUSIA MENDORONG KE JURANG RUTINITAS, OTOMATISASI DAN MEKANISASI.  MENURUT KARL MARX KERJA TIDAK HANYA MELAHIRKAN EKSPLOITASI TAPI JUGA MENYEBABKAN TERJADINYA ALIENASI SOSIAL  ALIENASI : KETERASINGAN INDIVIDU DARI DIRI MEREKA SENDIRI DAN ORANG LAIN.

5 EMPAT MANIFESTASI KHUSUS ALIENASI MENURUT MARX 1. PEKERJA DIASINGKAN DARI KARYANYA KARENA APA YANG IA PRODUKSI DIAMBIL OLEH ORANG LAIN DAN IA TIDAK PUNYA KENDALI ATAS PRODUK TERSEBUT. 2. BEKERJA TIDAK MENAWARKAN KEPUASAN INTRINSIK KARENA DIPAKSAKAN KEPADA PEKERJA 3. PEKERJA TERASING DARI SIFAT MANUSIAWINYA 4. PEKERJA TERALIENASI DARI ORANG LAIN KARENA KAPITALISME MENGUBAH HUBUNGAN SOSIAL MENJADI HUBUNGAN PASAR

6 THE LEISSURE CLASS  WAKTU SENGGANG CENDERUNG MENGEMBANGKAN PERILAKU KONSUMSI DALAM SKALA BERLEBIHAN MENURUT THORSTEIN VEBLEN DISEBUT SEBAGAI KELAS PEMBOROS ATAU THE LEISSURE CLASS  VEBLEN BERKEYAKINAN BAHWA PERILAKU MANUSIA TERMASUK PERILAKU KONSUMSI MEREKA UMUMNYA BERKAITAN DENGAN NALURI DAN PROSES INTERAKSI YANG MEREKA KEMBANGKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

7 THE LEISSURE CLASS (Cont)  4 NALURI YANG BERPENGARUH ATAS KELAKUAN ORANG LAIN :  1.KECENDERUNGAN INGIN TAHU  2.KECENDERUNGAN UNTUK MENJADI PRODUKTIF  3.KECENDERUNGAN UNTUK MEMBAJAK  4.KECENDERUNGAN UNTUK BERSIKAP BAIK TERHADAP SESAMA

8  ATAS DASAR NALURI TERSEBUT VEBLEN MEMBEDAKAN DUA JENIS MASYARAKAT:  1.MASYARAKAT YANG MASIH DIRANGSANG OLEH NALURI UNTUK BERBUAT BAIK DIMANA NALURI UNTUK MANUSIA UNTUK BEKERJA SANGAT BERPERAN, ADA TIGA HAL YANG DIHASILKAN DARI BEKERJA : KEPUASAN,PENGHASILAN DAN KEHORMATAN.  2.MASYARAKAT YANG DIRANGSANG OLEH PREDATORY INSTINCT DIMANA KERJA PRODUKTIF DIGANTI GAYA HIDUP KONSUMTIF

9  TE LEISSURE CLAS MENURUT VEBLEN ADALAH KELAS PEMBOROS YANG MEMBOROSKAN UANG,WAKTU,TENAGA DLL.EMPAT CIRI YANG MENONJOL DARI THE LEISSURE CLASS:  1.TLC KARENA SUDAH KAYA DAN ELITE MENGANGGAP KERJA TANGN YANG KASAR DAN KEGIATAN BEKERJA MENJADI HAL YANG TABU.  2.TLC CENDERUNG MENDEMONSTRASIKAN KEMEWAHAN DAN KEBEBASAN  3.TLC SIBUK MEMAJUKAN PENGETAHUAN YANG TIDAK RELEVAN MENERAPKAN NORMA SOPAN SANTUN.  4.TLC BERANI MEMAKAI METODE KOTOR UNTUK MENCAPAI TUJUAN MEREKA.

10


Download ppt "WAKTU LUANG DAN KONSUMSI BERLEBIH. RUANG LINGKUP DAN RELEVANSI  PENGERTIAN WAKTU LUANG  THE LEISSURE CLASS  MENGKAJI MUNCULNYA ILUSI DAN SIMULASI YANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google