Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENERGI SUMBER DAYA MINERALS ( ESDM ) Lingkaran Nurani.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENERGI SUMBER DAYA MINERALS ( ESDM ) Lingkaran Nurani."— Transcript presentasi:

1 ENERGI SUMBER DAYA MINERALS ( ESDM ) Lingkaran Nurani

2

3 Dalam menyempurnakan pelayanan terhadap masyarakat dibidang kelistrikan diseluruh wilayah NKRI yang belum merata, keseluruh desa-desa dan desa terpencil, pemerintah daerah masing-masing telah berusaha semaksimal mungkin agar seluruh masyarakat indonesia dapat menikmati dan merasakan pengunaan listrik sebagai bagian dari kebutuhan hidup yang harus di penuhi. Guna meningkatkan kualitas hidup, pendidikan masyarakat umum, menambah wawasan melalui saran media elektronik dan lain sebagainya, dapat dinikmati bila pemukiman masyarakat tersebut telah mengunakan aliran listrik. Dengan demikian terutama masyarakat pedesaan akan dapat mengikuti informasi, perkembangan dan kemujuan di berbagai bidang terutama bidang ekonomi, pertanian,pendidikan,kesehatan,pola hidup sehat, budaya dan lain sebagainya. PENDAHULUAN

4 Energi listrik di era modern terutama diperkotaan di seluruh dunia, sudah merupakan kebutuhan yang vital dan penting dalam memenuhi kehidupan sehari-hari tanpa energi listrik, gerak kehidupan seakan-akan terhanti. Betapa pentingnya energi listrik untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan teknologi di semua aspek kehidupan dan bertambahnya populasi manusia di dunia, namun sebesar itu pula problem dan dampak negatif yang ditimbulkan merupakan kendala yang harus dihadapi dan dipertimbangkan serta tetap mencari solusi dari dampak negatif tersebut. PENDAHULUAN

5 Alhamdulillah ….kini kami dari LINGKARAN NURANI telah menemukan system yang terbaik dalam pengunaan energi listrik untuk menjawab kebutuhan dasar manusia pada yang merupakan pilihan tepat guna, efektif, efesien, aman, ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau. Hal ini dipengaruhi oleh biaya oprasional dan maintenance yang sangat rendah tetapi dengan kapasitas daya tak terbatas yang dapat disesuaikan dengan daya listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat serta lokasi pembangunannya dapat dibagun dimana saja yang dianggap tepat lay outnya. Pilihan yang tepat untuk pembangkit listrik hanyalah “ Pembangkit Listrik Tenaga Air terjun Buatan ( PLTATB ) PENDAHULUAN

6 Study Kelayakan Pembangkit Listrik Berbagai macam System pembagkit listrik dinegara kita yang dikenal hingga saat ini antara lain : 1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD ) 2. Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) 3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU 4. Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro ( PLTM ) Dan yang masih dalam wacana adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN ) yang masih belum diterima oleh masyarakat kita, karena dikhawatirkan akan dampak negatif., setelah mencermati kegagalan dinegara-negara maju yang telah mengunakan teknologi ini, bila terjadi kebocoran radio aktif dan lain sebagainya. Selain itu itu juga kita kenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya,

7 Di indonesia Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini tidak di kembangkan karena perunitnya harus mengunakan perangkat sel-sel surya yang besar dan mengunakan baterai yang berfungsi sebagai penyimpan dengan kapasitas terbatas sehingga Pembangkit Listrik Tenaga surya hanya di gunakan pada skala kecil untuk perunit Rumah atau untuk dikapal kapal laut. Dan masih banyak lagi pembangkit yang kita dengar misalnya Pembangkit Listrik Tenaga Angin, ombak, arus laut,panas bumi,gas dan proses kimia yang bisa menimbulkan energi yang dapat dirubah menjadi power yang kemudian dapat memutar turbin. Study Kelayakan Pembangkit Listrik

8 1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD) Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD) di indonesia baik diperkotaan maupun dipedesaan masih dominan hingga kini dengan jumlah kapasitas yang cukup besar dibandingkan dengan Pembangkit Listrik lainnya, kecuali dengan adanya rencana pemerintah melakukan penambahan kapasitas energi sebesar MW dengan system PLTU dengan mengunakan bahan bakar batubara itu selesai dikerjakan atau kesemuannya dioprasikan pengunaannya secara terencana. Namun situasi dan kondisi energi listrik yang sedang berjalan, khususnya PLTD sangat memprihatinkan karena ketergantungan pada Bahan Bakar Minyak (BBM) yang penyediaannya semakin terbatas, dan harga Bahan Bakar Minyak dipasaran dunia cenderung naik, dan keterlambatan pasokan BBM di lokasi PLN terutama didaerah-daerah. Hal ini sering terjadi, selain daya produksi PLTD relatif kecil, sementara kebutuhan konsumen terhadap energi listrik semakin tinggi.

9 Permintaan akan kebutuhan energi listrik oleh masyarakat semakin mendesak dan tidak mencukupi yang kemudian menimbulkan terjadinya pemadaman listrik bergilir serta tidak berfungsinya sebagian unit pembangkit akibat kerusakan engine sebagai power pengerak turbin, yang juga merupakan kelemahan PLTD, masa operasi terbatas karena bila telah berakhir umur ekonomisnya suatu engine, biasanya muda rusak dan apabila dipaksakan hanya akan menambah biaya maintenance dan perbaikannya. Dengan kondisi keterbatasan energi listrik, pembatasan jatah pengunaan listrik dan pemadaman bergilir oleh PLN dengan demikian pembagunan ekonomi nasional akan terhambat karena para investor enggan melakukan investasi di bidang industri, yang sangat membutuhkan energi listrik dengan kapasitas yang besar sementara ketersedian energi listrik terbatas. 1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD)

10 2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) juga mempunyai kelemahan- kelemahan dalam melayani penguna listrik dalan jumlah besar, antara lain : a. K onsumen pengguna listrik dalam jumlah besar dan terlalu jauh dari pusat Pembangkit membutuhkan sarana jaringan tower transmisi tegangang tinggi yang panjang juga memerlukan sarana traffo peningkat tengangan yang banyak. b. D ari sisi keamanan maupun keselamatan terhadap sanara dan perlengkapan tranmisi harus mendapat perhatian khusus.

11 c.Bila kita mengalami musim kemarau panjang PLTA yang mengunakan tenaga air dari danau alam dan danau buatan maka cadanagan air akan sangat berkurang dan berdampak pada penurunan kuantitas produksi daya listrik yang disalurkan ke konsuman. Maka hal ini yang dirugikan adalah konsuman baik rumah tangga maupun pihak industri. d. Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang menggunakan air terjun tidak selalu berada dilokasi yang dikehendaki, selain debit airnya kecil juga berada jauh dari kota sehingga membutuhkan biaya yang sangat besar. 2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

12 3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ) Pembangkit listrik dengan mengunakan power Uap Panas, yang bertekanan tinggi dengan mengunakan bahan bakar batu bara, telah lama dikenal dan digunakan oleh banyak negara di dunia, demikian juga negara indonesia telah di programkan dalam perencanaan 2010 PLTU telah mencapai solusi utama untuk menganti seluruh pemakaian PLTD menjadi pembangkit Listrik yang non BBM dengan pilihan system PLTU dengan mengukanan bahan bakar batubara. Namun solusi yang terbaik belum di temukan dan dioptimalkan. Untuk memenuhi permintaan yang sudah mendesak terutama di pulau Jawa, Bali Dan Madura, pemerintah akhir-akhir ini talah merencanakan bahkan sedang merencakana penambahan energi listrik dengan system Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas daya listrik sebesar MW. Walaupun belum merupakan solusi terbaik karena bahan bakar Batubara belum dapat di katagorikan Ramah Lingkungan. Karena berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan alam sekitar.

13 Karena energi listrik yang dihasilkan oleh pembakaran bahan-bahan fosil ( misalnya batu bara, minyak dan gas) telah menyebabkab berbagai masalah lingkungan dan akhir-akhir ini masalah yang ditimbulkan semakin mendapat perhatian serius, terutama masalah perubahan iklim dimana kenaikan suhu bumi terjadi begitu cepat sebagai akibat dari pembakaran bahan-bahan fosil tersebut. Hal ini menyebabkab suatu proses terjadinya pelapasan gas-gas sulfur dioksida ( SO2 ), Nitrogen oksida, Maupun karbon dioksida (CO2) yang antara lain menyebabkan timbulnya hujan asam. Setiap tahun semakin banyak hutan, danau dan ekositem yang rusak akibat hujan asam. 3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU )

14 Pertambahan energi listrik yang sedang dilaksankan pemerintah dengan kapasitas MW membutuhkan bahan bakar batubara sebesar kurang lebih ton perhari. Seberapa besar dampak lingkungan di Indonesia dengan pembakaran batubara dengan Jumlah ton perhari? masih belum terjawab, dan harus menjadi pertimbangan pemerintah akibat kebijakan walaupun untuk memenuhi Kebutuhan energi listrik karena sangat berpangaruh terhadap kerusakan lingkungan dan ekositem 3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU )

15 Untuk menjawab tantang kelangkaan energi yang terjadi di indoesia akhir-akhir ini maka, kami dari Lingkaran Nurani yang intens melakukan pengkajian terhadap kelangkaan energi listrik telah menemukan sebuah system yang efektif, efesien, aman, ramah lingkungan dan harga yang terjangkau dengan di beri nama “ Pembangkit Listrik Tenaga Air terjun Buatan ( PLTATB ) 3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU )

16 Pembangkit listrik mini hidro ( PLTM), mekanismenya sama dengan PLTA, begitu pulah dengan kelemahan- kelemahannya, hanya seja PLTM terbatas dalam kapasitas daya listrik yang kecil, dan dengan memanfaatkan air terjun alami. PLTM sebenarnya mudah di buat/bangun dengan swadaya masyarakat dan di Bantu dana tambahan dari pemerintah sudah dapat di buat, karena dipedesaan yang terletak di lereng-lereng pengunungan sangat banyak sungai-sungai kecil yang mengalir deras airnya dari daratan tinggi yang bertingkat. 3. Pembangkit Listrik Tenaga mini hidro ( PLTM )

17 KELAYAKAN ARGUMANTASI TEKNOLOGI Penemuan ilmuan merupakan suatu daya imege para ilmuan dengan alasan –alasan yang tepat dan mendasar merupakan Ideologikal ( Ide yang masuk akal ). Nilai dari suatu penemuan tergantung pada pemanfaatannya. Sejauh mana suatu penemuan tersebut mempunyai kegunaan untuk kepentingan masyarakat luas, dan tidak berdampak negatif.

18 KELAYAKAN ARGUMANTASI TEKNOLOGI Solusi dari kelemahan –kelemahan pembangkit listrik di semua system ( PLTD, PLTA, PLTU, PLTM ) yang merupakan suatu argumentasi penemuan teknologi baru dari power hydraulic, dengan system Air Terjun Buatan yang digunakan sebagai tenaga penggerak/ pamutar turbin. Dengan debit air yang diterjunkan dapat di atur kapasitasnya sesuai dengan Kebutuhan energi listrik yang diperlukan. Mekanisme air terjun buatan lebih unik lagi karena tidak berhubungan dengan sumber air yang besar, hanya sekali mengisi penuh wadah air, maka akan terjadi sirkulasi air dalam debit besar yang bergerak terus menerus dengan kapasitas power yang besar. Kecuali pengisian air bertambah untuk pengantian penguapan dan ini relative kecil.

19 KELAYAKAN ARGUMANTASI TEKNOLOGI Keunikan dalam sirkulasi air, merupakan bagian dari argumantasi penemuan yang dibuat sedemikian rupa Sehingga dapat berfungsi sebagai power yang berulang ( Terus menerus) digunakan dalam sirkulasi Setiap argumantasi baru dalam perkembangan teknologi selalu melalui analisa-analisa ilmiah yang syarat dengan aksioma alami dan hukum-hukum fisika yang disertai rumus-rumus yang akurat, untuk memudahkan perhitungan Power, debit air, kecepatan, besaran tekanan dan daya. Sehingga argumantasi penemuan tersebut diterima akal dan dapat dimengerti

20 KELAYAKAN ARGUMANTASI TEKNOLOGI Pada awalnya selalu sulit untuk memulia atau menciptakannya, tetapi suatu penemuan telah dijelaskan, kelihatannya menjadi muda dan sederhana. Karena sudah diketahui dengan jelas mekanismenya serta didukung oleh hukum-hukum fisika yang terkait dan akurat dalam perhitungan power dan kapasitas yang tepat dan terukur

21 KELAYAKAN ARGUMANTASI TEKNOLOGI Suatu penemuan yang baik, akan dapat menambah guna, mengurangi resiko, Sehingga menjadi lebih efesien, efektif dan dapat menghilangkan dapak negative suatu system yang berpangaruh pada lingkungan. Oleh karena itu dengan arif dan bijaksan system pembangkit listrik dengan menggunakan air terjun buatan adalah pilihan yang sangat tepat.

22 PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR TERJUN BUATAN ( PLTATB ) Kita mengenal air terjun dengan debit air yang besar pada danau buatan atau danau alami, dengan segala kelebihan dan kelemahannya, merupakan hal yang umum, akan tetapi membuat air terjun dengan debit air yang besar tampa menggunakan pompa air, dalam sirkulasinya, yang bergerak terus menerus, merupakan hal baru dan luar biasa, sekeligus merupakan argumentasi teknologi sebagai solusi yang terbaik. Efektif dan efesien dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada pembangkit listrik yang sudah ada disemua sistemnya,

23 Namun penemuan baru ini tidak terlepas dari hukum – hukum fisika yang kita sudah ketahui. Penemuan ini juga berdasarkan penelitian, pengamatan dan pengawasan yang cermat. Kita memulia dengan memeperhatikan hukum bejana berhubungan ( suatu bejana berisi air yang mempunyai hubungan dengan bejana yang lain selalu mempunyai tinggi permukaan air yang sama, walaupun bejana yang lain tersebut kita letakkan pada dasar ketinggian yang berbeda ), kemudian kita amati hukum pascal ( bila dalam suatu bejana terdapat tekanan, maka tekanan air dalam bejana tersebut akan merambat sama rata ke segala penjuru ). Hukum pascal ini kita perjelas lagi dengan menambahkan kalimat untuk memudahkan dalam pengertian hukum yang sudah dibuktikan bahwa tekanan itu merambat sama rata pada ketinggian atau kedalam air yang sama, pada tabung atau bejana air yang sama pula.

24 Penemuan yang kami ciptakan sangat terkait dengan hukum pascal, bejana berhubungan, mekanika dan juga ketentuan–ketentuan alami yang dibentuk dan dibuat Demikian rupa Sehingga dalam mekanika hydrolic dapat menambah tekanan air dalam, yang kemudian difokuskan, diukur sesuai power yang dibutuhkan, kemudian dialirkan pada terowongan air untuk menambah power yang tercipta dari gravitasi percepatan, Sehingga melahirkan suatu power hydrolic yang dasyat. Selanjutnya diarahkan dan dinaikkan, melebihi ketinggian permukaan air pada wadah air semula, yan selanjutnya diterjunkan untuk mendapatkan power baru yang besar yang dapat memutar turbin melebihi kapasitas normal yang dibutuhkan. Kita menyadari bahwa setiap hukum selalu ada pengecualian.

25 Pengecualian adalah suatu proses pengembangan suatu hukum yang diciptakan sedemikian rupa Sehingga kejadian/kenyataan akhir tidak lagi terikat dari hukum sebelumnya. Permukaan air dalam bejanan berhubungan selalu sama rata dan sama tingginya, berarti tekanan air yang berlaku dalam bejanan tersebut sudah konstan ( Diam atau tetap ).

26 Bila di buat pembesaran /pengandaan tekanan air pada suatu benjana Sehingga tekanan air menjadi lebih besar ( tidak Konstan), Sehingga akan merambat lebih tinggi dari sumber air semula, dan air dapat bergerak mengalir, akibanya terjadi aliran air yang terus menerus, membuat suatu sirkulasi yang tidak pernah berhenti dan kita dapat menggunakan power yang ditimbulkanya.

27 Dan apabila bentuk dan proses ini kita buat dalam skala besar dengan wadah yang dapat menampung air sampai balasan ribu meter kubik, maka aliran air dalam sirkulasi tersebut diatas dapat menjadi sirkulasi air dengan debit lebih besar, yang pada akhirnya dapat menimbulkan power hydrolic yang besar pula dan terukur.

28 Hal ini belum perna/belum di buat orang sebelumnya dari merupakan sebuah penemuan /ciptaan murni yang dapat kami wujudkan dan buktikan, semoga bermanfaat, dan dapat dikembangkan pada pemanfaatan lain selain pembangkit listrik tenaga air terjun buatan ( PLTATB), misalnya Penggulangan Banjir, Tekanan Air Laut atau air tawar dan lain sebagainya.

29 Sekian Semoga bermanfaat bagi seluruh ummat manusia Salam sukses Selalu


Download ppt "ENERGI SUMBER DAYA MINERALS ( ESDM ) Lingkaran Nurani."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google