Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIK PENGUTIPAN. KUTIPAN • Kutipan Langsung 1. Kutipan yang berisi 40 kata/lebih 2. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata • Kutipan Tidak Langsung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIK PENGUTIPAN. KUTIPAN • Kutipan Langsung 1. Kutipan yang berisi 40 kata/lebih 2. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata • Kutipan Tidak Langsung."— Transcript presentasi:

1 TEKNIK PENGUTIPAN

2 KUTIPAN • Kutipan Langsung 1. Kutipan yang berisi 40 kata/lebih 2. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata • Kutipan Tidak Langsung 1. Nama pengarang ditulis sebelum kutipan 2. Nama pengarang ditempatkan setelah kutipan 3. Pengarang merujuk pendapat pengarang lain 4. Kutipan dari 2 buah buku rujukan atau lebih 5. Kutipan dari buku karangan 2 orang 6. Kutipan dari buku karangan lebih dari 2 orang

3 KUTIPAN LANGSUNG 1. Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih Martaniah (1984:148) menyimpulkan hal tersebut sebagai berikut. Dalam penelitian ini terbukti tidak ada perbedaan yang signifikan motif berkuasa antara remaja yang tinggal di kotamadya, di kota kabupaten, dan di desa. Motif berkuasa remaja Jawa sama tinggi, tetapi pada skala tingkat bawah karena motif berkuasa pada semua kelompok tersebut di bawah rerata total.

4 2. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata Avika (2005:5) menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara kasih sayang yang diberikan orang tua dan tingkah laku anak. Ada pengaruh yang signifikan antara kasih sayang yang diberikan orang tua dan tingkah laku anak (Avika, 2005:5).

5 KUTIPAN TIDAK LANGSUNG 1. Nama pengarang ditulis sebelum kutipan Selanjutnya, Sargent (1987:234) menjelaskan bahwa ideologi adalah sistem nilai atau keyakinan yang diterima sebagai fakta atau kebenaran oleh kelompok tertentu. 2. Nama pengarang ditempatkan setelah kutipan Ideologi adalah sistem nilai atau keyakinan yang diterima sebagai fakta atau kebenaran oleh kelompok tertentu (Sargent, 1987:234).

6 3. Pengarang merujuk pendapat orang lain Burmeister (dalam Tarigan, 1984:123) berpendapat bahwa kemampuan membaca sepintas bermanfaat. Kemampuan membaca sepintas bermanfaat (Burmeister dalam Tarigan, 1984:123)

7 4. Kutipan dari 2 buku rujukan/lebih Diperlukan unsur-unsur penunjang bentuk- bentuk arsitektur untuk menciptakan bentuk yang harmonis dan estetis (Indrawati, 2000:23; Gani, 2001:24; Putra, 2002:25). 5. Kutipan daru buku karangan 2 orang Selanjutnya, Indrawati dan Dian (2007:17) menyatakan bahwa tenaga mesin itu dapat mengatasi keterbatasan tenaga manusia. Pada bagian ini dikemukakan bahwa tenaga mesin itu dapat mengatasi keterbatasan tenaga manusia (Indrawati dan Dian, 2007:17 )

8 6.Kutipan dari buku karangan leboh dari 2 orang Tentang hubungan antara arsitektur dan arsitek, Indrawati dkk. (1990:12) menyatakan bahwa arsitektur adalah perpaduan antara ilmu dan seni, sedangkan asritek adalah orang yang menciptakan ruang dan seni.

9 CATATAN KAKI & CATATAN AKHIR

10 1. B erfungsi sebagai pemberi keterangan tambahan yang bersifat umum atau yang berasal dari sumber lisan 2. Ditempatkan pada bagian bawah halaman atau di akhir tulisan 3. Penomoran catatan kaki disesuaikan dan diurutkan dalam setiap bab 4. Nomor catatan kaki ditempatkan langsung di belakang huruf terakhir pernyataan dengan menaikkan setengah spasi 5. Apabila lebih dari 2 baris ditulis dengan satu spasi

11 Contoh: 1 Indrawati. Filsafat Bahasa. Surabaya: Padira hal Psikolinguistik adalah ilmu yang mengaji hubungan bahasa dan pikiran. Ilmu ini merupakan cabang dari ilmu linguistik dan merupakan disiplin interdisipliner antara linguistik dan psikologi.

12 DAFTAR RUJUKAN Bagian-bagian yang ditulis dalam daftar rujukan: 1. nama pengarang (nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik) 2. tahun penerbitan 3. judul (termasuk subjudul) 4. tempat atau kota terbit 5. nama penerbit

13 Sumber Rujukan •Rujukan dari buku •Rujukan dari koran atau majalah •Rujukan dari dokumen resmi pemerintah atau suatu lembaga •Rujukan dari internet

14 Rujukan dari buku 1. Pengarang - satu orang pengarang Indrawati, Dianita Makian dalam Bahasa Madura. Surabaya: Pustaka Bima. - dua orang pengarang Indrawati, Dianita dan Hidayat, Liliana Cara Sehat Melalui Yoga. Denpasar: Upada. - lebih dari dua orang pengarang Indrawati, Dianita dkk Metodologi Penelitian. Denpasar: Udayana University Press.

15 Penulisan nama Tionghoa tidak dibalik karena nama pertama merupakan nama keluarga Contoh: Liem Swie King tetap Liem Swie King

16 2. Tahun terbit jika beberapa rujukan ditulis oleh orang yang sama dalam tahun yang sama maka urutannya didasarkan pada penulisan huruf abjad judul buku dengan ciri pembeda huruf sesudah tahun terbit. Contoh: Lyons, John. 1995a. Linguistics. London: Longman. Lyons, John. 1995b. Semantics. London: Longman. - tanpa tahun terbit Contoh: Arifin. Tanpa Tahun. Pengantar Linguistik. Malang: Aneka

17 3.Judul - Judul buku De Potrter, Bobbi dan Mike Hernacki Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Terjemahan oleh Alwiyah. Bandung: Kaifa. - Judul artikel, laporan penelitian, makalah, skripsi, dll. Indrawati, Dianita “Semantik Reduplikasi Bahasa Madura”. Tesis tidak diterbitkan. Denpasar: Program Pascasajana Universitas Udayana. - Judul buku kumpulan artikel Purwo, Bambang Kaswanti (penyunting) PELBA 5: Bahasa dan Budaya. Yogyakarta: Kanisius.

18 4. Nama kota dan penerbit Surabaya: Usaha Nasional Denpasar: Universitas Udayana Press

19 Rujukan dari Koran atau Majalah Contoh: Kompas. 17 Agustus “Interpretasi Proklamasi”,hal. 8. Fauzan, Ali. 12 Juni “Krisis Energi”. Jawa Pos, hal. 9. Saiful, Mujani “Tanggung Jawab Politik Santri”. Tempo, edisi 6-12 Juni.

20 Rujukan dari Dokumen Resmi Pemerintahan/Suatu Lembaga BP-7 Provinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur Buku Serapan Bahan Penataran P-4, UUD 1945, dan GBHN. Surabaya. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Surabaya: Usaha Nasional.

21 Rujukan dari Internet 1. Berupa Karya Individual Graham,J.L A Survey of LES Online Journals, : Learning Analysis, (Online), (http://journal.ed.learn.mu.uk/ analysis/analysis.html,diakses 15 Agustus 2006).http://journal.ed.learn.mu.uk/ analysis/analysis.html,diakses 2. Berupa Artikel Jurnal Hanafi, hasan Kepribadian Ganda. Jurnal psikologi, (Online), Jilid 2, No.6, (http//www.surabaya.ac.id, diakses 20 Juni 1999)

22 3. Berupa Bahan Diskusi David, E. 10 Desember Summary of Citing Internet Sites. EDUCATION Discussion List, (Online), diakses 28 Desember 4. Berupa Pribadi Raharjo. 12 mei Behind the Fact. kepada Fitriyah Auliyah


Download ppt "TEKNIK PENGUTIPAN. KUTIPAN • Kutipan Langsung 1. Kutipan yang berisi 40 kata/lebih 2. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata • Kutipan Tidak Langsung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google