Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 5. TEKNIK-TEKNIK KOMUNIKASI INFORMATIVE COMMUNICATIO N (KOMUNIKASI INFORMATIF) COERSIVE/ INSTRUKTIVE COMMUNICATI ON(KOMUNIKA SI BERSIFAT PERINTAH)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 5. TEKNIK-TEKNIK KOMUNIKASI INFORMATIVE COMMUNICATIO N (KOMUNIKASI INFORMATIF) COERSIVE/ INSTRUKTIVE COMMUNICATI ON(KOMUNIKA SI BERSIFAT PERINTAH)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 5

2 TEKNIK-TEKNIK KOMUNIKASI

3 INFORMATIVE COMMUNICATIO N (KOMUNIKASI INFORMATIF) COERSIVE/ INSTRUKTIVE COMMUNICATI ON(KOMUNIKA SI BERSIFAT PERINTAH) PERSUASIF COMMUNICATI ON (KOMUNIKASI PERSUASIF) HUMAN RELATION (HUBUNGAN MANUSIA)

4 INFORMATIVE COMMUNICATION (KOMUNIKASI INFORMATIF) Informative communication adalah suatu pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sejumlah orang tentang hal-hal baru yang diketahuinya. Teknik ini berdampak kognitif pasalnya komunikan hanya mengetahui saja.

5 PERSUASIF COMMUNICATION (KOMUNIKASI PERSUASIF) Komunikasi persuasif bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku komunikan yang lebih menekan sisi psikologis komunikan. Penekanan ini dimaksudkan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, tetapi persuasi dilakukan dengan halus, luwes, yang mengandung sifat-sifat manusiawi sehingga mengakibatkan kesadaran dan kerelaan yang disertai perasaan senang

6 COERSIVE/ INSTRUKTIVE COMMUNICATION(KOMUNIKASI BERSIFAT PERINTAH) Komunikasi instruktif atau koersi teknik komunikasi berupa perintah, ancaman, sangsi dan lain-lain yang bersifat paksaan, sehingga orang-orang yang dijadikan sasaran (komunikan) melakukannya secara terpaksa, biasanya teknik komunikasi seperti ini bersifat fear arousing, yang bersifat menakut-nakuti atau menggambarkan resiko yang buruk.

7 HUMAN RELATION (HUBUNGAN MANUSIA) Hubungan manusia pada umumnya dilakukan untuk menghilangkan hambatan-hambatan komunikasi, meniadakan salah pengertian dan mengembangkan tabiat manusia. Untuk melakukan hubungan manusia biasanya digunakan beberapa teknik pendekatan yaitu pendekatan emosional (emosional approach) dan pendekatan social budaya (sosio-cultur approach).

8 EMOSIONAL (EMOSIONAL APPROACH) PENDEKATAN SOSIAL-BUDAYA (SOSIO CULTURE APPROACH) Teknik pendekatan yang biasanya digunakan dalam pendekatan ini biasanya bersifat icing (baca: aising), yaitu seni menata pesan dengan emotional appeal sedemikian rupa, sehingga komunikan menjadi tertarik Perhatiannya. Salah satu tujuan komunikasi adalah tersampaikannya pesan dari komunikator kepada komunikan, maka dianjurkan bagi komunikator terlebih dahulu memahami perilaku social serta budaya masyarakat setempat yang akan menjadi komunikan. bertujuan komunikan, lebih memahami serta tidak merasa tersinggung oleh pesan yang disampaikan oleh komunikator, masyarakat yang menjadi komunikan tidak dapat terlepas dari budaya. pesan lebih mudah diterima jika tidak menghilangkan aspek – aspek seni budaya yang berada di sekitar komunikan berada

9 KEBERHASILAN KOMUNIKASI BISNIS Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas.

10 Efektiitas Komunikasi Bisnis PersepsiTikom Ketepata n Kredibilit as Pengend alian Kecocok an Penentu Keberhasilan Komunikasi Bisnis

11 TERIMA KASIH


Download ppt "KELOMPOK 5. TEKNIK-TEKNIK KOMUNIKASI INFORMATIVE COMMUNICATIO N (KOMUNIKASI INFORMATIF) COERSIVE/ INSTRUKTIVE COMMUNICATI ON(KOMUNIKA SI BERSIFAT PERINTAH)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google