Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK VI/ KELAS A Jefry Aprianto, S.KomA-IV-XII-0004 Suharni Sihombing,S.SiA-IV-XII-0045.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK VI/ KELAS A Jefry Aprianto, S.KomA-IV-XII-0004 Suharni Sihombing,S.SiA-IV-XII-0045."— Transcript presentasi:

1 DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK VI/ KELAS A Jefry Aprianto, S.KomA-IV-XII-0004 Suharni Sihombing,S.SiA-IV-XII-0045

2 2.1 Desain Pesan Pesan merupakan informasi yang akan disampaikan oleh komponen lain, dapat berupa ide, fakta, makna, dan data. Pandangan lain dikemukakan bahwa pesan pada dasarnya adalah hasil atau output, bentuknya bias berupa kalimat pembicaraan lisan, tulisan, gambar, peta ataupun tanda dan sebagainya. Kata desain menunjukkan adanya suatu proses dan suatu hasil. Sebagai suatu proses, desain pesan sengaja dilakukan mulai dari analisis masalah pembelajaran hingga pemecahan masalah yang disumuskan dalam bentuk produk. Produk yang dihasilkan dapat dalam bentuk prototipe, naskah atau stori board, dan sebagainya. Mengenai desain pesan, desain pesan meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan atau informasi. Hal tersebut mencakup prinsip-prinsip perhatian, persepsi, dan daya serap yang mengatur penjabaran bentuk fisik dari pesan atau informasi, agar terjadi komunikasi antara pengirim dan penerima. Fleming dan Levie (dalam Seel&Richie,1994) membatasi pesan pada pola-pola isyarat atau simbol yang memodifikasi perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain pesan berurusan dengan tingkat paling mikro melalui unit-unit kecil seperti bahan visual, urutan, halaman dan layar secara terpisah.

3 2.2 Karakteristik Isi Pesan Novelty (sesuatu yang baru), Kedekatan atau proximity Popularitas Pertentangan (komplik) Komedi (humor) Keindahan Emosi. Nostalgia Human interest

4 2.3 Daya Tarik Pesan Fear threat appeals; ancaman bahaya sehingga menimbulkan rasa takut Emotional appeals; bila penekanan pesan pada hal-hal yang bersifat emosional seperti keindahan, kesedihan, kesengsaraan, cinta dan kasih sayang. Rational appeals; bila pesan tersebut menekankan pada hal-hal yang logis, rasional, dan factual. Humor appeals; bila penyajian pesan dikemas dalam bentuk humor, bias saja dlam bentuk kata, kalimat, gambar, symbol, atau yang lainnya yang bias menimbulkan kesan lucu.

5 Karakteristik Siswa Karakteristik siswa merupakan salah satu variable dan kondisi pengajaran. Variable ini di definisikan sebagai aspek-aspek atau kualitas perseorangan siswa, bisa berupa bakat, minat, sikap, motivasi belajar, agaya belajar, kemampuan berpikir dan kemampuan awal yang telah dimilikinya. Karakteristik siswa akan sangat berpengaruh dalam pemilihan strategi pengelolaan yang berkaitan dengan bagaimana menata pengajaran, khususnya komponen-komponen strategi pengajaran agar sesuai dengan karakteristik perseorangan siswa. Kemampuan awal yang telah dimiliki siswa berguna sebagai pijakan dalam memilih strategi yang optimal, karena kemampuan awal sangat penting perannya dalam meningkatkan pengajaran, yang selanjutnya membawa dampak dalam memudahkan proses-proses internal yang berlangsung dalam diri siswa ketika belajar.

6 Reigeluth (1983) mengidentifikasi 7 (tujuh) jenis kemampuan awal Pengetahuan bermakna Pengetahuan analogis Pengetahuan tingkat yang lebih tinggi Pengetahuan setingkat Pengetahuan tingkat yang lebih rendah Pengetahuan pengalaman Strategi kognitif

7


Download ppt "DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK VI/ KELAS A Jefry Aprianto, S.KomA-IV-XII-0004 Suharni Sihombing,S.SiA-IV-XII-0045."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google