Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

•analisis data adalah proses mencari dan menyususn secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "•analisis data adalah proses mencari dan menyususn secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain,"— Transcript presentasi:

1

2 •analisis data adalah proses mencari dan menyususn secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah difahami, dan dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit- unit, melakukan sintesa, menyususn ke dalam pola. Bogdan •analisis data merupakan hal yang kritis dalam proses penelitian kualitatif. Susan Stainback •analisis dalam penelitian jenis apapun adalah merupakan cara berfikir. Spradley (1980)

3 •Penelitian kualitatif telah melakukan analisis data sebelum peneliti memasuki lapangan. Analisis dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan, atau data skunder, yang akan digunakan untuk menentukan fokus peneliti. Namun demikian fokus penelitian ini masih bersifat sementara, dan akan berkembang setelah peneliti masuk ke lapangan. Analisis Sebelum di Lapangan

4 a. Reduksi Data •Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang hal-hal yang tidak perlu Analisis Data Model Miles and Huberman :

5

6  Analisis data selama di lapangan model spradTAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF  Memilih situasi social (place, actor, activity)  Melaksanakan observasi partisipan  Mencatat hasil observasi dan wawancara  Melakukan observasi deskriptif  Melakukan analisis domain  Melakukan observasi terfokus  Melaksanakan analisis taksonomi  Melakukan observasi terseleksi  Melakukan analisis komponensial  Melakukan analisis tema  Temuan budaya  Menulis laporan penelitian kualitati

7 analisis domain dilakukan untuk memperoleh gambaran yang umum dan menyeluruh tentang situasi social yang diteliti atau objek penelitian. data di peroleh dari grand tour dan minitour question. Analisis Taksonomi analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan Analisis Komponensial yang dicari untuk diorganisasikan dalam domain keserupaan dalam domain, tetapi justru yang memiliki perbedaan yang kontras. Analisis Tema Budaya sesungguhnya merupakan upaya mencari “ benang merah “ yang mengintegrasikan lintas domain yang ada (Sanapiah Faisal, 1990).

8 TERIMAKASIH


Download ppt "•analisis data adalah proses mencari dan menyususn secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google