Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR KEPUTUSAN MEMBELI 1. Keputusan tentang jenis produk 2. Keputusan tentang bentuk produk 3. Keputusan tentang merk 4. Keputusan tentang penjualnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR KEPUTUSAN MEMBELI 1. Keputusan tentang jenis produk 2. Keputusan tentang bentuk produk 3. Keputusan tentang merk 4. Keputusan tentang penjualnya."— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR KEPUTUSAN MEMBELI 1. Keputusan tentang jenis produk 2. Keputusan tentang bentuk produk 3. Keputusan tentang merk 4. Keputusan tentang penjualnya 5. Keputusan tentang jumlah produk 6. Keputusan tentang waktu pembelian 7. Keputusan tentang cara pembayaran

2 Macam-macam Situasi Pembelian 1. Perilaku Responsi Rutin Pada umumnya kegiatan pembelian dilakukan secara rutin, tidak memerlukan banyak pikiran, tenaga, atau waktu. Oleh karena itu perusahaan harus menyesuaikan kegiatan pemasarannya dengan keadaan tersebut untuk mempertahankan langganannya. Sedangkan untuk menarik langganan baru, perusahaan harus dapat menarik perhatian terhadap merknya atau merk yang disukai pembeli.

3 2. Penyelesaian Masalah Terbatas Pembelian akan lebih kompleks jika pembeli tidak mengetahui sebuah merk dalam suatu jenis produk yang disukai sehingga membutuhkan informasi lebih banyak lagi sebelum memutuskan untuk membeli. Sebagai contoh, seseorang yang akan membeli sebuah sepeda motor sudah mengetahui beberapa merk kecuali satu merk baru. Untuk mengetahui merk baru tersebut ia dapat melihat iklan atau bertanya kepada orang lain sebelum memilihnya.

4 3. Penyelesaian Masalah Ekstensif Suatu pembelian akan menjadi sangat kompleks jika pembeli menjumpai jenis produk yang kurang difahami dan tidak mengetahui kriteria penggunaannya. Sebagai contoh, seseorang yang membeli kamera sangat mahal pertama kali. Di antara merk-merk kamera yang sangat mahal tersebut antara lain : Nikon, Leica, Asahi Pentax. Dari ketiga merk yang pernah diketahui, ia tidak mengetahui atribut-atribut jenis produk yang harus dipertimbangkan dalam pemillhan kamera yang baik. Situasi demikian ini disebut penyelesaian masalah ekstensif.

5 Tahap-tahap dalam Proses Pengambilan Keputusan untuk Membeli Perilaku konsumen akan menentukan proses pengambilan keputusan dalam pembelian mereka. Proses tersebut merupakan sebuah pendekatan penyelesaian masalah yang terdiri atas lima tahap, yaitu: (1) menganalisa atau pengenalan kebutuhan dan keinginan (2) pencarian informasi dan penilaian sumber- sumber, (3) penilaian dan seleksi terhadap alternatif pembelian, (4) keputusan untuk membeli, dan (5) perilaku sesudah pembelian.


Download ppt "STRUKTUR KEPUTUSAN MEMBELI 1. Keputusan tentang jenis produk 2. Keputusan tentang bentuk produk 3. Keputusan tentang merk 4. Keputusan tentang penjualnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google