Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News."— Transcript presentasi:

1 GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

2 SUBJEK I. JobDesc dan Target Kerja Surveyor II. Tata Cara Survey III. HAL Yg Perlu Diketahui IV. Tips Kerja GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

3 DEFINISI PERKREDITAN adalah pembiayaan yang diberikan atas pembelian barang ataupun jasa oleh orang yang memberikan pinjaman (Kreditur) kepada orang yang membutuhkannya (debitur) dengan dasar kepercayaan dari kreditur bahwa debitur mempunyai kemauan maupun kemampuan dalam melunasi kewajiban yang diperjanjikan tersebut. INITIATION MANAJEMEN adalah salah satu disiplin manajemen yang mendalami pengelolaan RISIKO pemberian pembiayaan (Perkreditan) yang bertujuan untuk meminimalkan potensi kerugian yang akan diderita oleh perusahaan. SURVEYOR adalah pejabat Initiation yang bertanggung jawab atas mengumpulkan persyaratan dokumen kredit dan melakukan validitasi atas dokumen tersebut serta melaporkan kebenaran kondisi calon konsumen melalui proses survei lingkungan, usaha, tempat tinggal dan wawancara dengan konsumen, dimana informasi ini akan dipergunakan didalam mengambil keputusan kredit. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

4 BAGIAN I JOBDESC & TARGET KERJA SURVEYOR GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

5 JOBDESC SURVEYOR TANGGUNG JAWAB 1. Melapor langsung kepada Credit Committee/Atasan langsung. 2. Bertanggung jawab atas ketelitian dan kebenaran pelaporan survei didalam proses analisa kelayakan konsumen. TUGAS RUTIN Melakukan survey terhadap calon konsumen: ◦ Mengumpulkan data dan dokumen pemohon yang diperlukan dalam proses kredit sesuai dengan prosedur permohonan kredit yang berlaku. ◦ Melakukan pengecekan langsung ke lapangan ( survey ) baik di rumah maupun kantor/tempat usaha serta lingkungan sekitarnya. ◦ Mempersiapkan hal-hal yang perlu dilakukan dalam pengecekan dan Pemahaman Kredit kepada calon Konsumen. ◦ Menggali informasi sebanyak mungkin mengenai konsumen dengan melakukan wawancara dan membuat Laporan Survey yang mencakup kriteria 5C (Capital – Capacity – Condition – Character – Collateral). ◦ Menegaskan kembali kepada konsumen tentang kewajiban dan tanggung jawab serta ketentuan dan saksi dalam proses kredit. ◦ Memberi pengarahan kepada calon konsumen, pendamping konsumen (suami/isteri), dan atau penjamin untuk menanda tangani Perjanjian Kredit dan dokumen pelengkapnya. TUGAS NON RUTIN 1. Melaksanakan tugas tambahan dari atasan apabila diperlukan. 2. Berkoordinasi dengan Collection menyangkut segala hal yang berhubungan dengan aktifitas penagihan, seperti : memberikan informasi alamat konsumen, karakter konsumen, atau membantu mengingatkan konsumen akan kewajibannya membayar angsuran. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

6 SURVEYOR YG BAIK  KARAKTER ◦ Menjaga ekspresi saat ketemu konsumen dengan memberikan kesan “ramah” ◦ Menjaga berbusana yang rapi ◦ Menjaga kode etik sopan santun didalam bekerja ◦ Berintegritas  KOMUNIKASI ◦ Mampu memberi penjelasan mengenai Hak dan Kewajiban Konsumen ◦ Mampu memberi pengarahan kepada Konsumen  PENGUASAAN TUGAS ◦ Persiapan sarana dan fasilitas kerja, seperti tas, alat tulis, dokumen ◦ Penguasaan lokasi dan mengatur rute dan manajemen waktu ◦ Mampu membaca yang tersirat dari perilaku konsumen (Body Languanges/Bahasa Tubuh) ◦ Menguasai teknis wawancara (sopan, bersahabat, terbuka dan tegas) ◦ Menguasai peraturan perusahaan terkait dengan perkreditan ◦ Menguasai dokumentasi yang perlu dilengkapkan (semua formulir, legal dok, dok konsumen, dsbnya)  WAWASAN ◦ Aktif didalam mengikuti perkembangan ekonomi ◦ Aktif didalam mengikuti perkembangan industri ◦ Aktif didalam mengikuti perkembangan usaha-usaha setempat ◦ Aktif didalam mengikuti perkembangan masyarakat setempat.  KETAATAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB ◦ Tepat waktu survey sesuai jadwal ◦ Laporan Survey selesai pada hari yang sama ◦ Kembali ke kantor pada hari yang sama GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

7 Key Performance Indicator SURVEYOR MENJAGA KUALITAS PENJUALAN ◦ Memaintenance/merawat Konsumen yang sudah berjalan, agar dapat melaksanakan kewajiban pembayaran angsuran tepat waktu sampai dengan lunas, MENJAGA PRODUKTIVITAS ◦ Jumlah Map Proses / hari, ◦ Surveyor adalah Marketing Officer atau Credit Marketing Officer, Tolak Ukur MARKETING adalah kemampuan menjual disamping juga menjaga performance collectibility sebagai penuntasan tugas akhir, MENJAGA KECEPATAN (TAT) ◦ Jumlah Menit / Aplikasi, mengurangi Idle Time (Kecepatan dan Ketepatan) ◦ Idle Time = Total Time – Process Real Time MENJAGA MAP TRACKING ◦ Incoming, black list, process, pending, cancel, reject, approval, PO, dll. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

8 BAGIAN II TATA CARA SURVEY GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

9 TUJUAN SURVEY Menggali informasi tahap awal dan observasi tentang kelayakan calon debitur/pemohon dalam hal: ◦ CHARACTER (kemauan konsumen) ◦ CAPACITY (kemampuan konsumen) ◦ CAPITAL (permodalan/Sumber Penghasilan konsumen) ◦ CONDITION (keadaan lingkungan konsumen) dan ◦ COLLATERAL (jaminan konsumen) sehingga dapat dijadikan sebagai sumber informasi didalam analisa kredit sebagai penentuan disetujui atau tidaknya permohonan pembiayaan yang diajukan. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

10 SUMBER INFORMASI Pemohon Data-data dalam (Form Aplikasi Pembiayaan) Pihak Ketiga Data-data dalam dokumen persyaratan, data-data dari hasil wawancara & konfirmasi dari personalia perusahaan, tetangga, pembantu rumah tangga, atau pihak lain yang berhubungan dengan pemohon kredit. Data-data ini dapat diperoleh dari proses survey & atau aktivitas credit analyst sendiri PIHAK KE-3 PEMOHON SURVEYOR Surveyor Data-data hasil survey yang merupakan hasil observasi dari surveyor pada lokasi tempat tinggal dan atau tempat usaha dari pemohon GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

11 PERSIAPAN SURVEY (1) PENAMPILAN  Pastikan tidak berbau badan atau wangi yang terlalu menyengat  Berambut rapi dan tidak berwarna warni  Kuku jari bersih dan dipotong pendek  Berwajah bersih, jambang dan kumis tertata rapi  Tidak bertattoo di tangan, leher, dan wajah CARA BERBUSANA Berpakaian rapi, dan tidak kusut Tidak berbusana yang ada tulisan perusahaan lainnya Dianjurkan periksa kondisi tatanan busana dan muka serta rambut. Tidak diperkenankan pakai anting dan kalung, hanya sebatas perhiasan tangan Tidak pakai sepatu olah raga atau sandal SARANA DAN FASILITAS KERJA  Memakai tas yang cukup baik, menjamin map konsumen, form laporan survei tidak kusut dan lecek  Bukan tas promosi dari perusahaan lainnya  Persiapan map konsumen yang lengkap dengan semua formulir yang harus diisi oleh konsumen  Pastikan routing slip harus diisi dan route perjalanan efisien untuk dilaksanakan.  Membawa perlengkapan alat tulis, pena, kalkulator, paper clip, lem, stapler, dsbnya  Berkendaraan yang terawat dan bersih  Pastikan Handphone sudah di-charge baterainya untuk dapat dipergunakan sepanjang hari. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

12 PERSIAPAN SURVEY (2) MEMBUAT JANJI KETEMU MELALUI TELEPHONE  Selalu memulai kata sambutan dengan “Hallo, selamat pagi/siang/sore/malam”.  Menjelaskan nama dan berasal dari mana, “Saya, (nama Surveyor) dari ”  Menjelaskan tujuan, saya ke tempat Bapak/Ibu dalam rangka memenuhi permohonan kredit dari Bapak/Ibu (nama disebutkan).  Minta izin untuk bicara, “Bisa luangkan waktu untuk bicara, Pak/Ibu?”  Meminta informasi kepastian tempat bertemunya, “Pak/Bu, boleh saya pastikan tempat dan lokasi kediaman Bapak/Ibu?”  Meminta kepastian pasangan atau penjamin konsumen juga ada saat dikunjungi, “Pak/Bu, Ibu/Bapak (……… pasangan/penjaminnya) bisa sekaligus juga bertemu supaya prosesnya lebih lancar?”  Meminta dua alternatif waktu untuk bertemu (atur jadwal yang baik dari Surveyor), “Bisa saya pastikan waktunya ….. atau ada alternatif waktu lainnya?”  Kalau meleset dari jadwal, pastikan ke konsumen bahwa pertemuan ini tidak mengganggu konsumen  Memastikan yang terbaik, ketemu suami dan isteri ataupun penjamin selaku pemohon, “Pak/Ibu, boleh saya pastikan nanti ketemu dengan Bapak dan Ibu?”  Surveyor tidak dianjurkan survei dibawah jam 7:00 am atau diatas jam 8:00 pm kecuali atas permintaan konsumen. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

13 SAAT MELAYANI APPLICANT  Panggil nama konsumen, “Pak / Ibu ……”  Menunjukan tanda pengenal kepada konsumen  Mengucapkan magic word, seperti “Terima kasih, Maaf, Tolong, Bolehkah saya…., Oh begitu, Pak/Bu, Benar, Iya, dsbnya ”  Menggunakan kalimat tertutup dengan kata tanya, “Apakah, Kapan, Berapa banyak, Dimanakah,” untuk jawaban Ya atau Tidak  Memilah kata-kata sesuai latar belakang pendidikan konsumen  Tidak menggunakan bahasa jargon atau istilah internal  Memperkenalkan “INSITUSI TEMPAT KERJA” tetapi tidak terlalu lama  Menjaga jarak 1 meter dari konsumen  Menunjukkan bahasa isyarat yang positif, setuju dengan mengangguk kepala.  Menghindari kebiasaan buruk seperti garuk kepala, membersihkan hidung, pegang telinga, dsbnya.  Menunjukan sesuatu dengan tangan kanan.  Saat berjalan tidak menyeret kaki  Berbicara dengan ramah tidak terkesan interogasi  Menunjukkan brosur saat menerangkan  Menggunakan intonasi yang jelas dengan volume suara yang jelas, dan tidak terkesan terburu buru.  Melayani konsumen dan survei secara berurut  Kumpulkan semua dokumen GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

14 PROSES SURVEY (1) MENCARI INFORMASI ◦ Cross cek informasi dari Pihak III, seperti jumlah tanggungan, lama menempati, dsbnya. ◦ Cek informasi mengenai Sales Order, Nama Ibu Kandung ◦ Cek DP murni dari konsumen ◦ Tanyakan hal-hal terkait “kondisi” di Surveyor Report dari dalam rumah. MEMINTA KELENGKAPAN DATA ◦ Meminta semua kekurangan data dokumen dilengkapi, ada yang bersifat cuma fotocopi dan ada yang harus asli. ◦ Meminta dokumen asli untuk dilihat untuk tujuan mencocokkan dengan fotocopinya yang merupakan verifikasi keabsahan dokumen. ◦ Memberi alternatif solusi apabila ada dokumen yang tidak dapat dilengkapi secara permanent atau disusulkan (To Be Obtained) MENGISI FORMULIR PENGAJUAN KREDIT ◦ Menuntun konsumen untuk mengisi FORMULIR selengkapnya. Pastikan semua informasi terkait dengan data konsumen seakurat mungkin diisikan. ◦ Memberi penjelasan yang maksimal kepada konsumen. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

15 PROSES SURVEY (2) MEMPERSIAPKAN PERTANYAAN – Untuk konfirmasi, Pertanyaan Tertutup – Untuk mencari tahu, Pertanyaan Terbuka – Untuk meverifikasi kebenaran, Pertanyaan Terbalik MENGGALI INFORMASI SURVEI – Analisa Kualitatif – Analisa Kuantitatif MEMBERI PENJELASAN MENGENAI KEBUTUHAN DOKUMEN KREDIT – Menjelaskan setiap isu tentang sebab dan wajibnya konsumen melengkapi DOKUMEN KREDIT dan memastikan konsumen mengerti, dan meminta konsumen mencheck ulang/verifikasi DOKUMEN- DOKUMEN tersebut. MENANDA-TANGANI SELURUH PERJANJIAN KREDIT – Menjelaskan isi Perjanjian Kredit kepada konsumen. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

16 PENUTUP SURVEY  Tidak boleh meremehkan konsumen dan membedakan konsumen karena kondisi ekonomi  Menolak uang konsumen dengan halus, “Terima kasih tetapi maaf, Pak / Bu, kami tidak diperkenankan untuk menerima apapun dari calon konsumen kami, lagi pula ini adalah tugas kami.”  Tidak minum dan rokok yang berlebihan.  Tidak membicarakan rahasia perusahaan atau menjelek-jelekkan perusahaan.  Jangan umbar janji atas apapun juga  Sampaikan kata-kata penutup sebagai berikut: “ Terima kasih, Pak/Bu atas waktu yang telah diberikan, kami akan segera memproses permohonan pembiayaan ini dan memberikan kabar segera. Kalau ada dokumen yang kurang, mohon segera dilengkapi karena tentu akan sangat membantu didalam memproses permohonan kredit dari Bapak/Ibu. Terima kasih, Selamat pagi/siang/sore/malam.” GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

17 ANALISA DLM PROSES SURVEY ANALISA KUALITATIF ◦ Tanyakan latar belakang pendidikan konsumen ◦ Tanyakan pengalaman kerja konsumen ◦ Tanyakan bekerja di perusahaan dengan bidang usahanya ◦ Tanyakan kenaikan jabatan selama bekerja (hati-hati, ini termasuk isu sensitif) ◦ Tanyakan waktu mulai usaha ◦ Tanyakan bidang usaha yang pernah digeluti dan berapa lama. ◦ Cari tahu reputasi perusahaan / tempat kerja ◦ Cari tahu latar belakang konsumen ANALISA KUANTITATIF ◦ Penghasilan usaha kotor (tanya per harinya berapa, jumlah dagangan yang terjual berapa) ◦ Biaya usaha (%) ◦ Bersih/Penghasilan Utama (net penghasilan tersedia untuk pengeluaran keluarga) ◦ Biaya Rumah Tangga (berapa banyak tanggungan) ◦ Biaya Tagihan Bulanan (berapa besar rumah dan anggota keluarga dikaitkankan dgn PLN, air, telp, belanja dapur) ◦ Biaya Pendidikan Anak (berapa jumlah anak) ◦ Kontrak/Sewa (kalau ada) ◦ Kewajiban lain-lainnya ◦ Tanyakan kewajiban kepada pihak bank/leasing/orang lain GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

18 SURVEY TEMPAT USAHA/KERJA  PERSYARATAN ◦ Tidak perlu ketemu konsumen tetapi harus ada info pihak III  DATA PEKERJAAN / USAHA ◦ Jenis Pekerjaan (membedakan karyawan atau wiraswasta) ◦ Jenis Usaha / Bidang Usaha (mengecek sesuai tidak dengan yang diinfokan oleh konsumen) ◦ Lokasi Tempat Usaha (sekedar mencari tahu lingkungan usaha ditempat yang strategis atau tidak) ◦ Tipe Bangunan Usaha (mencari tahu keseriusan konsumen dalam investasi / bonafit tidaknya perusahaan dimana konsumen bekerja) ◦ Jumlah karyawan (mencari tahu berapa besar perusahaan dari jumlah karyawan yang diperkerjakan) ◦ Ketersediaan Barang Stok (mencari tahu usaha konsumen masih aktif, stok banyak belum tentu baik, dan tanyakan alasannya kenapa stok sebegitu banyak) ◦ Kondisi Lingkungan Tempat Usaha (mencari tahu lokasi usaha strategis dan ramai atau tidak) ◦ Status Kepemilikan Tempat Usaha (pemilik atau bukan) ◦ Ketersediaan Fasilitas Kantor / Usaha (kemudahan dalam bekerja sudah menjadi standar belum) ◦ Keadaan Umum Aktivitas Usaha (secara harian usaha ramai atau tidak) ◦ Kondisi Sekitar Tempat Usaha (secara pasar, berapa yang bisa diserap dan jam aktifnya)  INFO PIHAK III ◦ Sumber informasi dari siapa, hubungannya dengan konsumen, no telp yang bisa dikontak, dsbnya. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

19 PERHITUNGAN INCOME (1) KOSUMEN KARYAWAN ◦ Gaji Pokok, ◦ Tunjangan Tetap (transport, makan, isteri & anak, kemahalan/konjuntur, lainnya), ◦ Tunjangann Tetap tidak menetap (lembur, incentive rata-rata 3 bulan terakhir), Jadi Penghasilan Kotor Konsumen = Tunj.Bulan A+ Tunj.Bulan B+ Tunj.Bulan C/3. KONSUMEN REK, TABUNGAN ◦ Transaksi kredit yang sama setiap bulan dengan selisih waktu tdk lebih dari 5 hari, transaksi kredit yg tidak sama tetapi waktu tetap, diambil 3 bulan rata-rata terakhir., ◦ Penghasilan Tambahan, transaksi tetap waktu tetap (bunga deposito/hasil investasi), transaksi tidak tetap waktu tetap (ambil rata-rata 3 bln), penghasilan tambahan pekerjaan, Nilai rata0rata transaksi kredit 3 bulan x %margin jenis usaha, Jadi Penghasilan Konsumen = Penghasilan Utama + Tambahan, ◦ Fotocopi SPT PPH 21, penghasi lan bruto setahun dibagi 13, ◦ Lembar Tagihan Kartu Kredit, rata-rata pembayaran 3 bulan x 3 kali (Instalment to Income Ratio = 33%)., ◦ Survey Report Hasil Survei Kantor, dari HRD, Finance, owner atau konsumen, Gaji Pokok dan Tunjangan Tetap, GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

20 PERHITUNGAN INCOME (2) KOSUMEN WIRASWASTA ◦ Rekening Tabungan/Rek. Koran, rata-rata transaksi kredit 3 bulan x % margin Jenis Usaha ◦ Fotocopi SPT PPH 21, penghasilan bruto per tahun dibagi 13. ◦ Bukti Keuangan Lainnya, kwitansi, Penghasilan Kotor Sebulan = Nilai rata-rata penjualan per musim panen x jumlah panen dalam 1 tahun x % margin penghasilan / 12 ◦ Bon Bon Kwitansi Pembelian atau Penjualan, untuk memeriksa jenis usaha saja tidak sebagai bahan analisa penghasilan keculai lengkap selama 1 bulan. Kalau lengkap, Perhitungan Penghasilan Kotor per Bulan = Total pembelian barang selama 1 bulan x (1 + %margin jenis usaha) x Margin jenis usaha ◦ Bon Bon Kwitansi Penjualan Barang, Perhitungan Penghasilan Kotor = Omzet 1 bulan x % margin usaha ◦ Survey Report, berdasarkan info konsumen atau estimasi surveyor dalam harian GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

21 SURVEY LINGKUNGAN Prioritas Pihak III yang diwawancara – Info dari RT /RW – Info dari Pemilik Warung setempat – Info dari Tetangga – Info dari Petugas Keamanan setempat – Info dari Penduduk setempat Informasi yang dibutuhkan – Berapa lama konsumen tinggal disana? – Aktip dalam aktivitas masyarakat setempat? – Usaha konsumen apa saja? – Berapa jumlah tanggungan konsumen? – Rumah sendiri atau keluarga? – Apa kesukaan konsumen? – Pernah bermasalah yang melanggar hukum? Identitas Pihak III yang dibutuhkan – Nama – Lokasi ketemunya – No. Telephone Pengamatan terhadap “Kondisi” konsumen yang dibutuhkan dalam Laporan Surveyor dari luar rumah konsumen. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

22 BAGIAN III HAL YG PERLU DIKETAHUI GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

23 DOKUMEN KREDIT DOKUMENKARYAWANWIRASWASTAPROFESIONALPERUSAHAAN IDENTITAS DIRI PEMOHON DAN PASANGAN/PENJAMIN KTP / SIM / Passport / SKD / Resi dan KK / Akta Nikah dan Kartu Identitas Pendatang Musiman / Surat Keterangan Tinggal Sementara (pendatang) KTP dari anggota Direksi dan Komisaris BUKTI DOMISILI MILIK SENDIRI/FAMILI Sertifikat Tanah / Akte Jual Beli / PBB / Telp / PLN / PAM / SKD SEWA / KONTRAK Perj. Sewa / Perj. Kontrak / PBB / Kwitansi Bayar / Telp / PLN / PAM / SKD (asli) MILIK SENDIRI/FAMILI Sertifikat Tanah / Akte Jual Beli / PBB / Telp / PLN / PAM / SKD SEWA / KONTRAK Perj. Sewa / Perj. Kontrak / PBB / Kwitansi Bayar / Telp / PLN / PAM / SKD (asli) MILIK SENDIRI/FAMILI Sertifikat Tanah / Akte Jual Beli / PBB / Telp / PLN / PAM / SKD SEWA / KONTRAK Perj. Sewa / Perj. Kontrak / PBB / Kwitansi Bayar / Telp / PLN / PAM / SKD (asli) Sudah tercantum di Bukti Usaha DOKUMEN PENGHASILAN Slip Gaji (asli) / Surat Referensi Perusahaan (asli) / Surat Pengangkatan Pegawai Negeri / Rek Bank / Buku Tabungan / SPT PPH21 / Survei Kantor / +DP5% / TBO sebelum 7 hari kerja Bon Pembelian / Bon Penjualan / Rek. Bank / Buku Tabungan / SPT PPH 21 / Surveyor report Kwitansi Jasa / Rek. Bank / Buku Tabungan / SPT PPH 21 / Surveyor report Rek. Bank / SPT PPH 25 wajib untuk kredit > 50jt BUKTI USAHATidak perlu- SIUP / TDP / Akte Pendirian / SITU / NPWP / SKDP / SKU / +DP5% / Survey Tempat Usaha / TBO sebelum 7 hari kerja SIUP / TDP / Akte Pendirian / SITU / NPWP / SKDP GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

24 DOKUMEN KREDIT Antisipasi Data-Data/Dokumen Kredit ASPAL  Cara yang paling tepat adalah selalu verifikasi kevalidan dokumen photo copy dengan dokumen asli  Jangan terkecoh dengan dokumen aspal asli (Dokumen terlihat seperti asli, padahal hasil modifikasi dokumen SCAN)  Perhatikan bentuk FONT/bentuk huruf setiap bagian dari dokumen kredit  Dokumen ASPAL SCAN pasti akan terlihat sedikit blur (tidak jelas) dibanding dokumen asli.  Check Lingkungan mengenai keberadaan konsumen minimal 2 titik sumber informasi. GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

25 INDIKASI KONSUMEN ATAS NAMA  Jaminan Fiducia/Agunan/Collateral atas nama siapa ?  Konsumen ditemani oleh orang lain?  Konsumen dapat menjelaskan alasan jenis objek kredit yang dibiayai?  Objek Kredit/Keperluan Kredit Untuk siapa ? RISIKO KONSUMEN ATAS NAMA  Konsumen biasanya tidak mau bertanggung jawab atas pembayaran orang yang memakai Objek Kredit. SOLUSI  Aplikasi ditolak kalau ada indikasi atas nama orang lain dan bukan anggota keluarga.  Kalau masih ada hubungan keluarga, enduser tetap diikat sebagai penjamin, dan kepada konsumen dijelaskan dia tetap akan bertangung jawab atas pembayaran. KONSUMEN ATAS NAMA GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

26  Minta konsumen mempersiapkan data sebelum berkunjung ke konsumen, jangan sampai bolak balik kekonsumen yang satu hanya untuk mengambil dokumen.  Minta konsumen dan pasangannya berada ditempat saat dikunjungi, supaya dokumen legal dapat ditanda tangani.  Surat Keterangan Usaha/Penghasilan tidak ada, tawarkan/negosiasikan untuk mendapatkan dokumen alternatif lainnya, yang bisa membuktikan secara data tentang penghasilan konsumen. MINIMIZE DOKUMEN MENYUSUL To Be Obtained Document GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

27  Minta informasi Pihak III.  Sudah berapa lama konsumen menggeluti usaha ini.  Survei tempat usaha untuk melihat apakah ada aktivitas usaha.  Lihat ada peralatan usaha apa saja yang digunakan konsumen.  Tanya jumlah investasi yang ditanamkan konsumen.  Berapa banyak karyawan yang dipekerjakan.  Hati-hati dengan konsumen yang bisa ditemui setiap saat di rumahnya (kemungkinan tidak bekerja atau jarang mengurusi usahanya).  Tanyakan cara konsumen memanage usahanya. VERIFIKASI EKSISTENSI USAHA GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

28  Minta informasi tetangga lama konsumen atau dari RT/RW setempat.  Lihat sekeliling rumah apa ada foto keluarga yang dipajangkan di rumah.  Konsumen terkesan asing tidak dirumah sendiri, kalau ya, bisa indikasi “fiktif.”  Ada anggota keluarga lain yang ikut wawancara.  Tanyakan ke konsumen alamat tempat tinggal sebelumnya, apabila perlu cross check ke lokasi lamanya (bila dianggap perlu). VERIFIKASI DOMISILI GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

29  Tanyakan konsumen sudah pernah disurvei sebelumnya? Apabila ya, sudah berapa lama yang lalu? Apabila sudah lebih dua hari yang lalu, kemungkinan besar konsumen sudah ditolak Perusahan Pembiayaan lainya.  Tanyakan siapa yang memakai Objek Kredit/Pemakai Kredit, hindari kemungkinan “konsumen” atas nama juga.  Jangan pernah dibantu sales dealer/brooker/mediator/pihak lain yang menawarkan untuk mengambil data survei untuk melengkapi proses.  Saat wawancara, fokus pembicaraan dan mengambil informasi diusahakan bisa dari konsumen dan pasangannya. TIPS - LAINNYA GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.

30 SELESA I “Proses Kredit Yang Baik, Menghasilkan Kualitas Konsumen Yang Baik” GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News.


Download ppt "GIRSANG – Indonesian Multifinance – Consumer Financing News."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google