Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rini Aprilia, M.Sc.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk badan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rini Aprilia, M.Sc.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk badan."— Transcript presentasi:

1 Rini Aprilia, M.Sc

2  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk badan usaha: 1. Perusahaan Perorangan 2. Firma (Fa) 3. Perseroaan Komonditer (CV) 4. Perseroaan Terbatas (PT) 5. Perusahaan Negara 6. Perusahaan Daerah 7. Yayasan 8. Koperasi.

3  Definisi: merupakan bentuk badan usaha tanpa ada pembedaan pemilikan antara hak milik pribadi dengan hak milik perusahaan (Indriyo, 2005).  Menurut swasta (2002), perusahaan perseorangan adalah salah satu bentuk usaha yang dimiliki oleh seseorang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua risiko dan kegiatan perusahaan.

4  Definisi: merupakan perserikatan beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan untuk mengelola usaha bersama, di mana sebagian anggota merupakan anggota aktif, sedangkan anggota lain merupakan merupakan anggota pasif.

5  Definisi: merupakan perserikatan beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan untuk mengelola usaha bersama, di mana perusahaan memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya ke perusahaan dengan cara membeli saham perusahaan.

6  Yayasan adalah badan hukum yang teridiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota. Contoh: yayasan panti jompo dan yayasan anak yatim.

7  Berasal dari “ko” yang artinya “bersama” dan “operasi” yang artinya bekerja. Jadi koperasi adalah kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama.

8 B. Bukti Diri Bukti diri adalah identitas diri para pemilik usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat yang dikenal Kartu Tanda Penduduk (KTP). C. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus dimiliki setiap perusahaan sesuai dengan bidang usaha masing- masing. Departemen yang mengeluarkan TDP adalah Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Pengurusan TDP pada saat pengurusan akta pendirian perusahaan.

9 C. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perlu dimiliki pengusaha. NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Pentingnya NPWP agar setiap usaha yang dijalankan akan memberikan penghasilan kepada pemerintah. D. Izin-Izin Perusahaan Izin-izin yang dimiliki sesuai dengan jenis bidang usaha.

10 1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), bagi usaha yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian 2. Surat Izin Usaha Industri (SIUI), bagi usaha yang bergerak dalam bidang usaha industri dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian 3. Izin usaha tambang dari Departemen Pertambangan 4. Izin usaha perhotelan dan pariwisata dari Departemen pariwisata pos dan Telekomunikasi 5. Izin usaha farmasi dan rumah sakit dari Departemen Kesehatan 6. Izin usaha peternakan dan pertanian dari Departemen Pertanian 7. Dan lain-lain.

11 E. Keabsahan Dokumen Lainnya Dokumen lainnya yang perlu diteliti keabsahannya, yaitu: 1.Status hukum tanah 2.Kendaraan 3.Surat-surat dan sertifikat lainnya yang dianggap perlu.

12  Pengumpulan data untuk analisis aspek hukum pada studi kelayakan bisnis dilakukan dengan cara-cara berikut:  1. wawancara - masyarakat sekitar - pihak kelurahan/desa - konsultan hukum - perbankan dan lembaga keuangan lainnya 2. Studi dokumentasi dilakukan untuk mengetahui kelengkapan perizinan yg harus dipenuhi untuk menjalankan usaha dan kelengkapan jaminan jika bisnis dibiayi dengan pinjaman.

13 PertanyaanRespondenHasil wawancara Apakah ide bisnis yg akan dijalankan tidak bertentangan dengan hukum? Praktisi hukum Apakah masyarakat setempat menyetujui ide bisnis yg akan dijalankan? Masyarakat setempat Perizinan apa yg harus dipenuhi untuk menjalankan ide bisnis di wilayah tersebut Bagian hukum Bentuk badan usaha apa yg paling sesuai untuk menjalankan bisnis tersebut? Praktisi hukum & pihak yg berpengalaman Jaminan apa yg harus diberikan kepada perbankan atau lembaga keuangan lainnya untuk mendapatkan kredit? Perbankan & lembaga keuangan lainnya

14 DokumenAdaTidak Ada Keterangan Surat kesepakatan antarpihak yg akan membentuk perserikatan komanditer (CV) Fotokopi KTP pihak yg akan membentuk CV Calon nama yg akan digunakan oleh CV Tempat kedudukan CV

15 DokumenAdaTidak Ada Keterangan Proposal perencanaan penanaman modal Denah lokasi tempat usaha Fotokopi aka pendirian perusahaan Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Fotokopi KTP penanggungjawab Surat pernyataan kesanggupan membayar ganti rugi

16 DokumenAdaTidak adaKeteranga n Fotokopi KTP Fotokopi surat keterangan tanah yang sah Fotokopi pembayaran PBB tahun terakhir Surat keterangan kelengkapan yg lain Gambar rencana bangunan Permohonan dilegalisasi lurah dan camat

17 Aspek PenilaianEvaluasiKet Kesesuaian bisnis dgn hukum yg berlaku Kemampuan untuk memenuhi persyrtn mndirikan badan usaha (CV, PT, firma dll) Kemampuan memenuhi persyratan memperoleh izin lokasi Kemampuan memenugi persyaratan memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB) Kemampuan memenuhi persyaratan memperoleh izin usaha perdagangan Kemampuan memenuhi persayaratn memperoleh izin gangguan (HO) Ket: 1 = sangat jelek, 2=jelek, 3=cukup, 4=baik, 5=sangat baik.


Download ppt "Rini Aprilia, M.Sc.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk badan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google