Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TREND TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER TOPIK :PRINTER 3D NAMA KELOMPOK Dedi dwi sanjaya (4113100028) Yoga dwi satria (4113100035) Regi yudha D (4113100049)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TREND TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER TOPIK :PRINTER 3D NAMA KELOMPOK Dedi dwi sanjaya (4113100028) Yoga dwi satria (4113100035) Regi yudha D (4113100049)"— Transcript presentasi:

1 TREND TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER TOPIK :PRINTER 3D NAMA KELOMPOK Dedi dwi sanjaya ( ) Yoga dwi satria ( ) Regi yudha D ( ) Chandra K Y ( )

2 PRINTER 3D PRINTER 3D ABSTRAK 3D cetak juga dikenal sebagai prototyping cepat teknologi adalah proses desain dimana panduan pemrograman komputer pembuatan Model tiga dimensi melalui layering bahan fabrikasi. Insinyur, desainer dan teknisi akan mendapat manfaat dari produksi prototipe maju. Baru-baru ini Teknologi baru telah dikembangkan memproduksi banyak keuntungan bagi mereka yang membutuhkan teknologi prototipe cepat. Printer 3D tersedia saat ini adalah lebih cepat, lebih mudah dan lebih terjangkau daripada teknologi fabrikasi sebelumnya. Cetak 3D juga menghilangkan kebutuhan untuk alat mahal dan pengrajin terampil untuk menghasilkan desain prototipe, membuat proses lebih terjangkau, biaya efisien dan diinginkan.

3 Garis besar Sejarah printer 3D Pengertian Printer 3D Teknik dari 3D Printing Cara kerja 3D Printing Keuntungan 3D Printing Kerugian 3D printing Prospek di Masa Depan

4 SEJARAH PRINTER 3D Pada tahun 1986, ada seseorang bernama Charles W. Hull memiliki hak paten dengan teknologi stereolithography. Teknologi ini merupakan teknologi untuk membuat objek 3D. Tentu saja, Printer dengan teknologi 3D sangatlah mahal. Printer tradisional yaitu printer 2D bisa anda beli dengan hanya beberapa ratus ribu rupiah saja. Sedangkan untuk printer 3D, anda harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk memilikinya. Karena harga yang sangat mahal, berbagai orang mulai membuat printer 3D yang setidaknya dapat mengurangi harganya. Namun, tentu saja akan ada keuntungan dan kerugiannya.

5 Pengertian Tentang 3D printer 3D Printing adalah sebuah printing yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, namun berbeda dengan printing biasanya yang mencetak data dalam sebuah kertas ataupun lembaran lainya. Dengan teknologi dari 3D printing sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. Karena sehabis seorang designer menggambar object 3D mereka akan bisa langsung mencetak hasil design mereka dengan printer tersebut dan langsung mengetahui kira-kira apa saja kekurangan dari design yang telah dibuatnya.

6 Teknik dari 3D printing Stereolithography (SLA) Digital Light Processing (DLP) Selective Laser Sintering (SLS) Electron Beam Melting (EBM) Multi Jet Modelling (MJM) Fused Deposition Modelling (FDM)

7 Teknik dari 3D printing Stereolithography (SLA) adalah teknik pertama untuk 3D Printing. Caranya adalah menambahkan layer terus menerus pada bahan photopolymer menuju keatas. Material yang digunakan pada awalnya adalah liquid (cairan) dan akan mengeras ketika liquid tersebut terkena sinar ultraviolet.

8 Stereolithography

9 Digital Light Processing teknik yang hampir sama dengan SLA yang membuat bahan liquid mengeras dengan sinar ultraviolet. Tetapi, pada proses penyinaran digital, objek pada awalnya berbentuk liquid yang penuh. Sebagian dari liquid tersebut akan disinari, yang tentu saja akan mengeraskan liquid tersebut, lalu objek yang mengeras akan tenggelam kebawah dan menaikkan liquid selanjutnya. Proses ini terus menerus dilakukan hingga objek 3D tersebut berhasil dibuat.

10 Digital Light Processing

11 Electron Beam Melting proses dari 3D Printing untuk bahan metal. Prosesnya di sebuah vakum dan memulai prosesnya dengan menyebarkan sebuah layer dari metal powser (lebih sering menggunakan titanium). Electron beam akan mencairkan powder menjadi layer yang keras. Objek yang dibuat dengan teknik ini akan sangat kuat.

12 Multi Jet Modelling

13 Cara kerja sama dengan inkjet printer. Ia menyebarkan sebuah layer dari resin powder dan menyemprotkan sebuat lem yang mempunyai berbagai warna dan akan mengeras pada satu layer. Multi Jet Modelling sangatlah berguna karena sangat cepat dan mendukung penyediaan warna

14 Fused Deposition Modelling

15 menggunakan bahan nozzle yang dipanaskan dan akan melelehkan bahan seperti plastik pada hasil outputnya. Nozzle tersebut akan berpindah secara horizontal dan vertikal yang diatur oleh komputer. Ketika material keluar dari nozzle, material tersebut akan mengeras

16 CARA KERJA 3D PRINTER PENJELASAN

17

18

19 KEUNTUNGAN 3D PRINTER

20 KEKURANGAN PRINTER 3D Terdapat beberapa dampak yang di akibatkan oleh teknologi terbaru ini.Bahkan mungkin dampaknya bisa terbilang umum, seperti mengurangi ketenaga kerjaan para ahli pengrajin, daya kreatifitas free hand.

21

22 PROSPEK DI MASA DEPAN Teknologi 3D printing mulai berkembang yang pada awalnya digunakan pada industri manufaktur kemudian merambah pada industri lainnya. Teknologi 3D printing digunakan pada industri makanan seperti perusahaan Oreo yang pada tahun ini meluncurkan printer 3D untuk menciptakan kue oreo sendiri dengan berbagai jenis dan rasa.


Download ppt "TREND TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER TOPIK :PRINTER 3D NAMA KELOMPOK Dedi dwi sanjaya (4113100028) Yoga dwi satria (4113100035) Regi yudha D (4113100049)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google