Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

T UGAS K EWIRAUSAAN O BSERVASI L APANGAN UKM “S CHERZ C OFFE ” Oleh : LIA ROSLIANI “20110410164”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "T UGAS K EWIRAUSAAN O BSERVASI L APANGAN UKM “S CHERZ C OFFE ” Oleh : LIA ROSLIANI “20110410164”"— Transcript presentasi:

1 T UGAS K EWIRAUSAAN O BSERVASI L APANGAN UKM “S CHERZ C OFFE ” Oleh : LIA ROSLIANI “ ”

2 PROFIL UKM Nama Usaha : “ Scherz Coffe” Bidang Usaha: Caffe Alamat Usaha : Jln. Timoho Raya n0.315 Baciro Yogyakarta Tahun Berdiri: Pada tahun 13 Mei 2011 Nama Pemilik: Freddy Buyung Astoko Produk yang ditawarkan : Minuman Terutama Coffe dan Makanan seperti Steak, Fren Fries Jumlah Tenaga Kerja : 7 Orang Sasaran Konsumen: 75% Mahasiswa dan 25% Masyarakat Umum No Telpon: (0274)

3 SEJARAH UKM Saya melakukan kunjungan UKM di Bidang Cafe. Dengan nama usaha “Scherz Coffe” pada hari Rabu pukul Nama pemilik Café Coffe ini adalah Freddy Buyung Astoko dan Istrinya yang bernama Sania. Alasan kenapa pemilik Scherz Coffe yaitu “ Karena saya suka sekali Coffe dan saya ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan Coffe dari bahan mentah sampai menjadi Coffe” Kata Beliau,Sehingga pada tanggal 13 Mei 2011 beliau mendirikan “Scherz Coffe” yang saat ini berada di jalan Timoho Raya no.315 Baciro Yogyakarta. Denga Produk yang ditawarkan seperti Coffe lokal dan Impor dengan berbagai variasi rasa. Saat ini beliau mempunyai 7 orang karyawan dengan sasaran konsumen Mahaisswa dan Masyarakat umum.

4 M ANAJEMEN P EMASARAN Strategi promosi yang dilakukan oleh Scherz Coffe yaitu melalui media Facebook,Twitter, BlackBerry Massanger. Dan Strategi Inovasi Produk dari segi Kitchen misalnya ada Test Food untuk Cooking dan pengawasan Quality Control untuk biji coffe serta kebersihan dalam pembuatan pun harus selalu diperhatikan. Perbedaan produk dengan pesaing yaitu Varians Coffe yang lebih lengkap yang terdiri dari Coffe Lokal dan Coffe Impor sebanyak 20 varians. Serta pemilik Scherz Coffe ini mempunyai alat khusus untuk memasak Coffe yang merupakan keunggulan dari Café Coffe yang lain. Bahan Baku yang digunakan untuk proses produksi ini disuplai langsung dari Jakarta dan Malang (khusus coffe). Strategi penetapan harga yang dipakai di Café ini yaitu dengan cara Survey harga ke tempat lain untuk membandingkan harga dengan pesaing-pesaing yang lain.

5 M ANAJEMEN O PERASI Menurut Freddy Buyung Astoko alasan Beliau memilih lokasi di jalan Timoho karena tempatnya strategis dekat dengan akses jalan raya dan kebetulan di daerah tersebut belum ada Café Coffe seperti Scherz Coffe. Dan itu merupakan peluang bagi Beliau sehingga mendirikan Scherz Coffe yang tempatnya disekitar kampus yang banyak terdapat mahasiswa. Dari segi penataan atau Lay Out ruangannya menggunakan konsep model Minimalis yang simpel dan menarik untuk memberikan rasa nyaman bagi para konsumennya.

6 M ANAJEMEN K EUANGAN Modal awal yang digunakan untuk mendirikan Scherz Coffe ini pemilik tidak menyebutkan berapa besar modalnya tetapi meminta kami untuk mengira-ngira sendiri dan menurut kami ± 125 juta rupiah melihat dari segi bangunan dan konsep yang digunakan oleh Scherz Coffe ini. Dan Omzet/hari ± 700rb-1 juta rupiah melihat dari ramai atau tidaknya konsumen yang datang setiap harinya. Dengan persentase keuntungan sekitar 40%.

7 M ANAJEMEN SDM Jumlah karyawan yang saat ini bekerja di Scherz Coffe ini berjumlah 7 Orang yang seluruh karyawannya Laki-Laki. Gaji karyawan /bulannya skitar 500rb rupiah sesuai dengan deskripsi pekerjaan masing-masing karyawan.

8 D OKUMENTASI Foto Pemilik Scherz Coffe Ruangan Depan

9 DOKUMENTASI Ruangan Lantai 2

10 Ruangan DepanRuangan peracikan Coffe


Download ppt "T UGAS K EWIRAUSAAN O BSERVASI L APANGAN UKM “S CHERZ C OFFE ” Oleh : LIA ROSLIANI “20110410164”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google