Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Laporan kunjungan yang kami lakukan pada hari senin tanggal 14 mei 2012 di kediaman Bapak Romi dijalan Ambarbinangun 1A dan juga sebagai lokasi bisnis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Laporan kunjungan yang kami lakukan pada hari senin tanggal 14 mei 2012 di kediaman Bapak Romi dijalan Ambarbinangun 1A dan juga sebagai lokasi bisnis."— Transcript presentasi:

1

2 Laporan kunjungan yang kami lakukan pada hari senin tanggal 14 mei 2012 di kediaman Bapak Romi dijalan Ambarbinangun 1A dan juga sebagai lokasi bisnis cuci motor dan mobil yang bernama Iffara Transpotasion. Awal mula, bisnis ini didirikan pada bulan september Gagasan bisnis yang digali oleh Bapak Romi adalah menyangkut bisnis yang dirintis dibidang penyewaan transportasi seperti motor, mobil, bus dan truk dan setiap harinya memerlukan karyawan untuk mencuci kendaraan yang disewakan dan Bapak Romi hanya sibuk pada sore hari ketika konsumen mengembalikan kendaraan yang disewakan jadi Bapak Romi mengembangkan bisnisnya untuk mendirikan cuci motor dan mobil.

3 Promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut:  Spanduk  Facebook  Kartu nama  Konsumen Perbedaan produk dengan produk lain adalah bisnis ini menggunakan sampo khusus cuci motor dan mobil bukan deterjen yang digunakan oleh kebanyakan tempat bisnis cuci motor dan mobil yang lain karena menggunakan deterjen lebih menguntungkan tanpa menyikapi efek negatif dari deterjen yang dapat meredupkan warna cat motor dan mobil. Selain itu, pemilik bisnis juga menyediakan minuman gratis untuk konsumen seperti teh, kopi atau air mineral. Strategi inovasi produk bisnis ini adalah dengan adanya teknologi tembak salju yang sekarang ini sedang menjadi trend dan minat konsumen yang di idamkan. Bahan baku yang digunakan diperoleh dari toko-toko terdekat, sedangkan penetapan harga produk sama dengan bisnis ditempat lain yaitu untuk cuci motor ditarifkan Rp per unit dan untuk cuci mobil ditarifkan Rp per unit.

4 Pemilihan lokasi ditentukan di jalan Ambarbinangun 1A karena lokasi ini strategis, jumlah penduduk yang padat dengan jumlah mahasiswa yang banyak. Penataan fasilitas atau layout ditata sesuaidengan kenyamanan pemilik. penataan yang menarik dan berbeda dengan tempat cuci motor lainnya yaitu disediakannya sofa untuk konsumen, letak peralatan dan perlengkapan yang diklasifikasikan dengan baik dan adanya wall board.

5 Modal awal Bapak Romi sebesar Rp untuk membeli peralatan dan perlengkapan untuk memenuhi fasilitas yang memadai. Sedangkan omset rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar Rp perhari.

6 Jumlah karyawan yang dimiliki Bapak Romi adalah 2 orang karyawan laki-laki. Gaji karyawan tidak dibayar perbulan atau perminggu, jadi gaji karyawan dibayar perhari dengan ketentuan karyawan menerima 40% dari penghasilan cucimotor dan mobil perhari. apabila tarif cuci motor sebesar Rp maka karyawan akan menerima gaji sebesar Rp per unit sedangkan untuk tarif cuci mobil Rp maka karyawan akan menerima gaji sebesar Rp per unit. Rekrutmen karyawan yang dilakukan oleh Bapak Romi diperoleh dari masyarakat sekitar. Syarat yang harus dipenuhi dalam kriteria karyawan adalah Niat dalam bekerja, Rajin, Ulet, Tekun, Jujur dan Ramah.

7


Download ppt "Laporan kunjungan yang kami lakukan pada hari senin tanggal 14 mei 2012 di kediaman Bapak Romi dijalan Ambarbinangun 1A dan juga sebagai lokasi bisnis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google