Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun Oleh: M HATTA AJI P20110410044 DONI IMAN SEPTIYANDI20110410056 PERCETAKAN M-BRIO “ADVERTISING & OFFSET”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun Oleh: M HATTA AJI P20110410044 DONI IMAN SEPTIYANDI20110410056 PERCETAKAN M-BRIO “ADVERTISING & OFFSET”"— Transcript presentasi:

1 Disusun Oleh: M HATTA AJI P DONI IMAN SEPTIYANDI PERCETAKAN M-BRIO “ADVERTISING & OFFSET”

2 PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Masalah Perkembangan UKM di Indonesia kini entah bagaimana kabarnya, karena banyak UKM di Indonesia yang belum terekspose oleh pemerintah dan cenderung UKM di Indonesia kini seakan di diamkan dan pemerintah mendukung perusahaan besar saja. Kami menelaah salah satu UKM dengan bidang usaha percetakan yakni M-BRIO “advertising & offset” milik pak Tono yang berlokasi di Nojorongan, Ambarbinangun, Bantul. UKM tersebut menurut kami masi berupa usaha kecil-kecilan dan dalam bentuk skala yang kecil karena omsetnya saja masih kurang dari ,00.

3 Rumusan Masalah Dari segi manajemen Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Manajemen Keuangan Manajemen SDM

4 Sejarah UKM Awal mula didirikan UKM percetakan M-BRIO “Advertising & Offset” yakni pada tahun 2003 dan sudah berdiri selama 9 tahun. UKM ini di bina oleh Pak Tono yaitu pemilik UKM M- BRIO. Lokasi dari UKM ini yaitu Nojorongan,Ambarbinangun,Bantul (Timur Jembatan). Lokasi UKM pak Tono ini merupakan tempat yang menyatu dengan rumahnya dan berada di pinggir jalan. Tempatnya luas dan ada tempat parkir. Tinggal bersama seorang istri dan 2 (dua) anaknya. UKM pak Tono ini mempekerjakan 1 orang karyawan dan merupakan saudaranya serta pak Tono sendiri juga.

5 Manajemen Pemasaran Menurut infromasi yang kita peroleh dari pak Tono dari segi pemasarannya bahwa UKMnya ini tidak penah melakukan promosi hanya saja di depan tokonya ada papan nama UKMnya dan pak Tono pemasarannya hanya dari mulut ke mulut. Desain produknya tergantung dari permintaan konsumen seperti apa bentuknya ataupun konsumen bisa membawa desain yang dibuat sendiri.

6 Manajemen Operasi UKM pak Tono berlokasi di Nojorongan, Ambarbinangun,Bantul (timur jembatan), alasan Bapak Tono memilih lokasi ini karena berdekatan dengan rumahnya langsung dan berada di pinggir jalan sehingga memudahkan akses para konsumen untuk datang ke tempatnya serta disana juga terdapat lahan parkir yang luas dan rapi. Layout ruangannya tertata rapid an terbagi 2 ruang kerja, ruang pertama alat pabrik dan ruang kedua sebagai tempat pengolahan finishing. Produk-produk yang dibuat adalah sebagai berikut :

7

8 Manajemen Keuangan Modal awal bapak Tono mendirikan UKM ini dengan modal hanya Rp ,00 dan omset rata-rata per bulannya hanya mencapai sekitar ± Rp , ,00. Gaji Karyawan dihitung per minggu yaitu Rp ,00/minggu.

9 Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen sumber daya manusia di UKM pak Tono ini hanya ada 1 karyawan dan pemilik UKM itu sendiri yaitu pak Tono. Karyawannya adalah saudaranya sendiri dan merupakan orang asli jogja. Gaji karyawan pak Tono yaitu Rp ,00/ minggu.

10

11


Download ppt "Disusun Oleh: M HATTA AJI P20110410044 DONI IMAN SEPTIYANDI20110410056 PERCETAKAN M-BRIO “ADVERTISING & OFFSET”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google