Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan 1. Latar Belakang Usaha Usaha Depot Air Minum “RATU WATER” didirikan Pada pertengahan Juli tahun 2008. Yang sebelumnya terletak di Jalan H.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan 1. Latar Belakang Usaha Usaha Depot Air Minum “RATU WATER” didirikan Pada pertengahan Juli tahun 2008. Yang sebelumnya terletak di Jalan H."— Transcript presentasi:

1

2 Pendahuluan 1. Latar Belakang Usaha Usaha Depot Air Minum “RATU WATER” didirikan Pada pertengahan Juli tahun Yang sebelumnya terletak di Jalan H. M. Yamin, kemudian pindah ke JLn. Selamat Ketaren karena persangingan usaha yang tidak sehat. Usaha ini bergerak pada pemenuhan kebutuhan air minum yaitu isi ulang galon air.

3 2. Kepemilikan Usaha Depot Air Minum “Ratu Water” ini, dimiliki secara individu dan dijalankan oleh Bapak S. Sipahutar. Dengan kata lain usaha ini adalah usaha perorangan dengan modal sendiri dan pangelola usaha juga pemilik modalnya sendiri. 2.Lokasi Usaha Depot Air Minum “Ratu Water” terletak di Jln. Selamet Ketaren

4 Hasil Analisis 1. Analisis Break Event Point Usaha ini menggunakan Modal sebagai berikut: Modal awal Mesin penyaringan airdan Peralatan Rp Sewa Gedung Usaha setahunRp Biaya Operasional (dalam bulan) 1. Air dari Rp x 9Rp Biaya Gaji Rp Biaya listrik Rp Biaya TeleponRp

5 Analisis BEP Dengan harga Rp per galon maka kita dapat mencari Break Event Point : TR = TC P. Q = TFC + FVC 3000 Q = (Rp Rp ) + (Rp Rp 40000) 3000 Q = Rp Rp Q = Rp Q =Rp Q = Jumlah Banyak galon yang harus dijual untuk mencapi BEP

6 Analisis BEP 1.730Q cost TC TR

7 Study Kelayakan Usaha Analisis Aspek Pemasaran: a.Kebutuhan dan keinginan Konsumen Karena Air Merupakan salah Satu Kebutuhan dasar. Maka peluang pasar dan layak dalam Usaha Bisnis bila dilihat dari kebutuhan konsumen. b.Segmentasi Pasar Seluruh Kalangan masyarakat (dalam usaha ini banyak konsumennya mahasiswa) c.Masa Hidup Produk Masa hidup produknya terus berlangsung dan memiliki potensi pasar yang tinggi.

8 Study Kelayakan Usaha d.Persaingan dan Strategi Pesaing Persaingan usaha rendah karena disebabkan oleh letak dari usaha pesaing lainnya berjauhan sehingga target pemasran cukup luas. e.Pertumbuhan Pasar Dari volume penjualan yang tinggi, potensi pertumbuhan pasarnya sangat tinggi.

9 2.Analisis Aspek produksi / operasi d.Tenaga kerja tenaga kerja 2 orang dan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan dalam menyelesaikan tugasnya. e.Tata letak letak dan ruang fasilitas operasi dan prosesnya praktis, sehingga dapat mendukung proses produksi.

10 2.Analisis Aspek produksi / operasi a. Lokasi Operasi strategis : dekat dengan konsumen (rumah tangga, mahasiswa ) b. mesin / peralatan mesin dan peralatan telah sesuai dengan perkembangan teknologi dan memproduksi dengan cepat c.bahan baku dan bahan penolong cukup tersedia sesuai dengan biaya bahan baku

11 Studi Kelayakan Usaha 3. Analisis Aspek Manajemen a.kepemilikan usaha bersifat individu: tidak terlalu beresiko b.Organisasi jenis organisasi : pemilik modal kepala usaha Karyawan

12 Studi Kelayakan Usaha c. Tim manajemen Bisnis ini dikelola sendiri, tidak melibatkan orang lain secara professional : karena masih berskala menengah. d. Karyawan Karyawan sesuai dengan jumlah dan kualifikasi yang diperlukan.

13 Studi Kelayakan Usaha 4. Analisis Aspek keuangan a.kebutuhan dana modal awal modal kerja b. Sumber dana sendiri (individu) c. proyeksi laba rugi: dari perjalanan usaha ini dalam beberapa bulan usaha ini mengalami laba yang baik. Terlihat dari proyeksi penjualan per hari maximal 100 galon

14 Analisis SWOT Strengths (Kekuatan) Weakneses (Kelemahan) Oppurtinities (Kesempatan) Thereats (Tantangan) 1.Sertifikasi Kualitas dan Kehigenisan Air Minum dari Depkes. 2.Usaha ini dekat dengan Lokasi Konsumenny a. 3.Air minum ini dapat diantar langsung oleh karyawan. 1. Usaha depot ini sangat kewalahan dalam melayani konsumen yang dalam jumlah banyak lebih dari biasanya. 1.Merebut Konsumen sangat mudah karena saingan Usaha tidak banyak. 2. Untuk memperbesar usaha ini memiliki peluang yang besar. 1. Untuk waktu jangka panjang, adanya usaha pembukaan yang baru untuk usaha ini sehingga menjadikan penambahan saingan dalam pangambilan konsumen.

15 Thanks Your Attention Rahmad Sofyan Binsar Gultom Pandapotan Manalu Naili Azmi Darmanto Sitio

16


Download ppt "Pendahuluan 1. Latar Belakang Usaha Usaha Depot Air Minum “RATU WATER” didirikan Pada pertengahan Juli tahun 2008. Yang sebelumnya terletak di Jalan H."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google