Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Ru’yah Global Metoda Syar’i Penetapan Awal dan Akhir Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Ru’yah Global Metoda Syar’i Penetapan Awal dan Akhir Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Ru’yah Global Metoda Syar’i Penetapan Awal dan Akhir Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan

2 Prosedur Penerapan Pada tanggal 29 Sya’ban umat Islam melakukan pengamatan bulan baru (hilal) di negeri mereka masing-masing, pada saat matahari terbenam. Mereka yang tidak berhasil melihat hilal, memonitor berita (Radio, TV, Internet, dll) pada malam hari itu dari negeri-negeri yang posisinya lebih di sebelah barat.

3 Jika dalam pemantauan berita tersebut diperoleh informasi yang terpercaya secara syar’iy bahwa hilal telah terlihat dan belum masuk waktu subuh, maka segera niat shaum dan makan sahur. Jika berita hilal diperoleh setelah masuk waktu subuh, maka pada hari itu belum bisa berpuasa, meskipun sudah 1 ramadhan, dan wajib mengqadha. Jika di negeri-negeri lain juga belum ada informasi hilal, maka Sya’ban digenapkan 30 hari.

4 Untuk akhir Ramadhan (1 Syawal): Jika dalam pemantauan berita hilal diperoleh informasi yang terpercaya secara syar’iy bahwa hilal telah terlihat dan waktu sudah siang/sore, maka puasa harus segera dibatalkan.

5

6 180 o 0o0o BT BB 165 o 150 o 135 o 120 o 105 o 90 o 75 o 60 o 45 o 30 o 15 o

7 Kendala Saat Ini Tidak ada institusi yang diakui bersama memiliki wewenang dalam melalukan itsbat (penetapan) awal/akhir ramadhan  Potensi perbedaan selalu ada Harus ada Institusi pemersatu umat Islam sedunia seperti yang diwariskan Rasulullah SAW: Khilafah Islamiyah ‘ala Minhajin Nubuwah Solusi sementara  Akses: tahrir.or.idwww.hizbut- tahrir.or.id

8 Data Astronomis Ramadhan 1430 H Ijtima’ (Konjungsi): Kamis, 20 Agust 2009, Pk. 17:02:40 WIB Ketinggian hilal di pelabuhanratu saat magrib: ’ 42,2’’ Di Indonesia hilal belum terlihat pada malam Jum’at (Kamis malam)

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19 Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamim


Download ppt "Aplikasi Ru’yah Global Metoda Syar’i Penetapan Awal dan Akhir Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google