Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

The 7 Islamic Daily Habits (Refleksi Surah Al Fatihah) Dr. Amir Faishol Fath Phd. Tafsir Al Qur ’ an Pemimpin Redaksi: www.dakwatuna.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "The 7 Islamic Daily Habits (Refleksi Surah Al Fatihah) Dr. Amir Faishol Fath Phd. Tafsir Al Qur ’ an Pemimpin Redaksi: www.dakwatuna.com."— Transcript presentasi:

1 The 7 Islamic Daily Habits (Refleksi Surah Al Fatihah) Dr. Amir Faishol Fath Phd. Tafsir Al Qur ’ an Pemimpin Redaksi:

2 1. Bacalah Bismillah Selalu بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

3 Nabi Bersabda: كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو أقطع ( روا أبو داود ) Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan membaca bismillahirrahmanirrahiem maka ia akan terputus (HR. Abu Daud).

4 Buah Membaca Bismillah Akan selalu dekat dengan Allah Sadar bahwa segala yang ia punya adalah milikNya Terjaga dari perbuatan dosa/maksiat Selalu berbuat untuk Allah

5 2. Selalu Bersyukur Kepada Allah الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ( الفاتحة 2) Syukur artinya: menyadari keagungan nikmat2Nya, bersungguh2 mentaatiNya. Kata rabbul alamiin menunjukkan bahwa semua alam ini dan segala isinya adalah milikNya.

6 Tiga Tingkatan Nikmat Allah Iman Hidup Harta

7 Buah Syukur: Tidak sombong Selalu menggunakan nikmat untuk Allah Tidak ingin dipuji, karena ia tahu bahwa keistimewaan dirinya datang dari Allah Tidak mengharap terima kasih Selalu memberi kebaikan

8 3. Selalu Berprasangka Baik Kepada Allah الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) Bahwa Allah tidak pernah berbuat dzalim Bahwa segala yang Allah tentukan pasti baik untuk manusia Bahwa hidup dan mati, kaya dan miskin adalah ujian.

9 Allah berfirman: وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ ( البقرة 216) Boleh jadi kamu membenci sesuatu, tapi ia sebenarnya baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, tapi ia sebenarnya amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

10 Do ’ a Nabi saw.: اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن وأعوذ بك من العجز والكسل وأعوذ بك من الجبن والبخل وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال. Ya. Allah aku berlindung kepadaMu dari segala kegelisahan dan kesedihan … dari kelemahan dan kemalasan … dari sifat pengecut dan kikir dan dari lilitan hutang dan tekanan orang lain (HR. Abu Daud)

11 Buah Prasangka baik: Selalu optimis Jujur, karena ia tahu bahwa segala sesuatu telah Allah takdirkan Tawakkal, karena ia tahu bahwa rizki tidak akan tertukar Tenang, karena ia yakin bahwa segala ketentuan Allah pasti baik.

12 4. Selalu Berorientasi Akhirat مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) Jadikan akhirat sebagai tujuan, sebab dunia pasti akan kau tinggalkan Nabi bersabda: Perbanyaklah mengingat kematian (Hr. Turmidzi)

13 Ia yakin: Dunia bukan tujuan Semua manusia pasti mati Dunia (langit dan bumi) pasti Allah hancurkan Akhirat adalah tujuan Akhirat adalah tempat kembali selamanya.

14 Buah Orientasi Akhirat: Tidak menuhankan dunia, karena dunia hanyalah keperluan. Tidak mengambil yang haram, karena ia yakin bahwa kelak pasti akan dihisab. Al qana ’ ah: lapang dada menerima jatah rizki dari Allah. Menjadikan harta sbg sarana amal saleh

15 5. Selalu Dalam Nuansa Ibadah إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) Hanya kepada Engkaulah kami beribadah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

16 Tujuan Diciptakannya Manusia وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ ( الذاريات 56) Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

17 Hakikat Ibadah: وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ ( البينة 5) (Manusia) tidak pernah disuruh kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.

18 Buah Kesadaran Ibadah Ikhalas: Tidak Mengaharap kecuali hanya ridha Allah. At Tadhhiyah: selalu berkorban. Ast Tsabaat: bertahan dalam ketaatan dalam kondisi apapun. Tidak mengabaikan shalat dan zakat

19 6. Komitmen di Jalan Lurus اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) Selalu mohonlah dalam doa untuk kemitmen mengikuti hidayah Allah. Sebab apapun keberhasilan dunia jika jauh dari hidayah pasti sia-sia.

20 Doa-doa Nabi اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك Ya Allah bantulah aku agar selalu bedzikir, bersyukur dan beribadah kepadaMu. يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك Wahai Dzat Pembalik hati.. Tetapkanlah hatiku atas agamaMu …

21 Buah Komitemen Tidak seperti bunglon Seperti pohon yang akarnya menghunjam ke bumi, كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ. تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا... ( إبراهيم 25) Produktif dan kreatif

22 7. Selalu Belajar dari Sejarah صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7) Ikuitilah mereka yang selamat dalam sejarah dan janganlah ulangi lagi perbuatan mereka yang gagal dalam sejarah

23 Rahasia surah Al Ashr وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3) Di sini Allah bersumpah dengan zaman bahwa tidak ada manusia yang selamat kecuali mereka yang: beriman Beramal saleh Saling menasihati (kebenaran& kesabaran)

24 Contoh Manusia Yang Gagal أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ (6) إِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِ (7) الَّتِي لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِي الْبِلَادِ (8) وَثَمُودَ الَّذِينَ جَابُوا الصَّخْرَ بِالْوَادِ (9) وَفِرْعَوْنَ ذِي الْأَوْتَادِ (10) الَّذِينَ طَغَوْا فِي الْبِلَادِ (11) فَأَكْثَرُوا فِيهَا الْفَسَادَ (12) فَصَبَّ عَلَيْهِمْ رَبُّكَ سَوْطَ عَذَابٍ ( الفجر 13) Seperti kaum Aad, Tsamud dan Fir ’ un, mereka dihancurkan oleh Allah karena tidak mentaatiNya …

25 Buah Belajar Dari Sejarah Tidak mengulangi kesalahan masa lalu Tidak bersedih dengan apa yang telah terjadi Melihat ke belakang untuk seribu langkah ke depan Belajar dari sukses para Nabi dan orang-orang saleh Tidak ada sukses kecuali ikut Allah …

26 Bacalah Amiin … مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ( رواه البخاري ) Orang yang bacaan aminnya bersamaan dengan aminnya para malaikat, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lewat.


Download ppt "The 7 Islamic Daily Habits (Refleksi Surah Al Fatihah) Dr. Amir Faishol Fath Phd. Tafsir Al Qur ’ an Pemimpin Redaksi: www.dakwatuna.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google