Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Menjelaskan pengertian taubat 2. Menjelaskan empat keutamaan taubat 3. Menjelaskan lima syarat diterimanya taubat 4. Menemukan korelasi antara berbagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Menjelaskan pengertian taubat 2. Menjelaskan empat keutamaan taubat 3. Menjelaskan lima syarat diterimanya taubat 4. Menemukan korelasi antara berbagai."— Transcript presentasi:

1

2 1. Menjelaskan pengertian taubat 2. Menjelaskan empat keutamaan taubat 3. Menjelaskan lima syarat diterimanya taubat 4. Menemukan korelasi antara berbagai musibah yang terjadi di Indonesia dengan berbagai perilaku kemaksiatan 5. Membuat poster tentang ajakan bertaubat INDIKATORINDIKATOR

3 TOTAL 50 AYAT

4 Menjelaskan pengertian taubat 1

5 Menjelaskan empat keutamaan taubat 2 Pertama: Taubat adalah sebab untuk meraih kecintaan Allah ‘azza wa jalla. Allah ta’ala berfirman: إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

6 Menjelaskan empat keutamaan taubat 2 Kedua: Taubat merupakan sebab keberuntungan. Allah ta’ala berfirman: وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ “Dan bertaubatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” (QS. An Nuur: 31)

7 Menjelaskan empat keutamaan taubat 2 Ketiga: Taubat menjadi sebab diterimanya amal- amal hamba dan turunnya ampunan atas kesalahan-kesalahannya. Allah ta’ala berfirman: وَهُوَ الَّذِي يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ وَيَعْفُو عَنِ السَّيِّئَاتِ “Dialah Allah yang menerima taubat dari hamba- hambaNya dan Maha mengampuni berbagai kesalahan.” (QS. Asy Syuura: 25)

8 Menjelaskan empat keutamaan taubat 2 Keempat: Taubat merupakan sebab masuk surga dan keselamatan dari siksa neraka. Allah ta’ala berfirman: فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيّاً إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحاً فَأُوْلَئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئاً “Maka sesudah mereka (nabi-nabi) datanglah suatu generasi yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, niscaya mereka itu akan dilemparkan ke dalam kebinasaan. Kecuali orang-orang yang bertaubat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya walau sedikit pun.” (QS. Maryam: 59, 60)

9 Pertama Taubatnya tersebut dilakukannya dengan ikhlas semata karena Allah. Kedua Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan. Ketiga Berhenti total dari dosa tersebut dan keinginan untuk terus melakukannya. Keempat Bertekad untuk tidak lagi mengulanginya di masa yang akan datang. Kelima Taubat tersebut hendaklah terjadi pada waktu yang diperkenankan. Menjelaskan lima syarat diterimanya taubat 3

10 Menemukan korelasi antara berbagai musibah yang terjadi di Indonesia dengan berbagai perilaku kemaksiatan 4 Rasulullah Saw bersabda: “Allah tidak menghukum suatu bangsa karena kesalahan beberapa orang di antara mereka, sampai mereka melihat kemunkaran (dilakukan) di antara mereka sedangkan mereka mampu menghentikannya, tetapi mereka tidak melakukannya. Apabila mereka berbuat seperti itu maka Allah akan menghukum orang yang melakukan kemunkaran dan bangsa tersebut.” (HR Ahmad). Disebutkan dalam musnad Imam Ahmad dari hadits Ummu Salamah, Rasulullah saw. bersabda, “Jika kemaksiatan sudah mendominasi umatku, maka Allah meratakan adzab dari sisi-Nya”. Saya berkata, “Wahai Rasulullah, bukankah di antara mereka ada orang-orang shalih?” Rasulullah menjawab,”Betul.” “Lalu bagaimana dengan mereka?” Rasul menjawab, “Mereka akan mendapat musibah sama dengan yang lain, kemudian mereka mendapatkan ampunan dan keridhaan Allah.”

11 5. Membuat poster tentang ajakan bertaubat


Download ppt "1. Menjelaskan pengertian taubat 2. Menjelaskan empat keutamaan taubat 3. Menjelaskan lima syarat diterimanya taubat 4. Menemukan korelasi antara berbagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google