Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Al-Muta’ali berarti Maha Tinggi  Allah yang diatas kedudukan-Nya ada lagi kedudukan lain dan semua kedudukan berada dibawah-Nya, ini karena 'Tinggi'

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Al-Muta’ali berarti Maha Tinggi  Allah yang diatas kedudukan-Nya ada lagi kedudukan lain dan semua kedudukan berada dibawah-Nya, ini karena 'Tinggi'"— Transcript presentasi:

1  Al-Muta’ali berarti Maha Tinggi  Allah yang diatas kedudukan-Nya ada lagi kedudukan lain dan semua kedudukan berada dibawah-Nya, ini karena 'Tinggi' berasal dari ketinggian. Segala bentuk yang memiliki sifat diatas dalam hal tempat, maka dia memiliki tempat yang tinggi. Demikian pula segala sesuatu yang ada diatas dalam hal kedudukan, dia memiliki kedudukan yang tinggi. سَوَاءٌ مِنْكُمْ مَنْ أَسَرَّ الْقَوْلَ وَمَنْ جَهَرَ بِهِ وَمَنْ هُوَ مُسْتَخْفٍ بِاللَّيْلِ وَسَارِبٌ بِالنَّهَارِ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ Artinya : “Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi. Sama saja (bagi Tuhan), siapa diantaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus-terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari.

2 ☺ Al-Tawwabbu berarti Maha Penerima Taubat ☺ ALLAH selalu menggugah manusia untuk bertobat. Tobat dalam arti kata harfiah yang bermakna : kembali dari perbuatan tercela kepada jalan kebaikan dan lurus. Allah lah yang membangunkan hati orang yang ber iman dari kelalaian yang melenakan melalui cinta NYA, dengan mewujudkan eksistensi NYA disekeliling hamba tersebut, dengan janji pahala dan surga NYA serta siksa dan azab NYA ☺ Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 222 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

3  Al-Barr adalah al-Muhsin (yang berbuat kebaikan). Al-Barr bagi makhluk berarti melaksanakan perbuatan baik terus-menerus.  Apabila Allah Swt berbuat baik kepada seorang hamba, niscaya dirinya diayomi atau dilindungi dari perbuatan yang melanggar, akan dikekalkan dengan berbagai macam kelemah- lembutan dan kesenangan; akan memberinya semangat yang bersungguh-sungguh dan menjadikan taufik sebagai bekal jalan lurus sebagai pedoman hidupnya. Lebih dari itu, akan didatangkan rasa kaya dalam hatinya, sehingga ia merasa tidak membutuhkan orang lain. Karena ia sudah merasa dikayakan oleh Allah Swt Ia juga akan dicegah dari mengkhianati Allah.

4  Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayata 261: مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ  Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.  Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayata 262 : الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى ۙ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ  Artinya: Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

5  Al-Wali berarti Maha Memerintah  Firman Allah dalam Surat Ar-Ra’d ayat 11 : لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ  Artinya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.


Download ppt " Al-Muta’ali berarti Maha Tinggi  Allah yang diatas kedudukan-Nya ada lagi kedudukan lain dan semua kedudukan berada dibawah-Nya, ini karena 'Tinggi'"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google