Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MAKNA DAN TAFSIR AYAT TENTANG MENYANTUNI KAUM LEMAH 1.QS. AL-Isra; 26-27 وَاَتِذَا القُرْبَ حَقَّهُ وَالمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْتَبْذِيْرًا.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MAKNA DAN TAFSIR AYAT TENTANG MENYANTUNI KAUM LEMAH 1.QS. AL-Isra; 26-27 وَاَتِذَا القُرْبَ حَقَّهُ وَالمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْتَبْذِيْرًا."— Transcript presentasi:

1 MAKNA DAN TAFSIR AYAT TENTANG MENYANTUNI KAUM LEMAH 1.QS. AL-Isra; وَاَتِذَا القُرْبَ حَقَّهُ وَالمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْتَبْذِيْرًا ( 26 ) اِنَّ المُبَذِّرِيْنَ كَانُوْا اِخْوَانَ الشَّيَطِيْنِ وَكَانَ الشَّيْطَنُ لِرَبِّهِ كَفُوْرًا ( 78 ) ( الاسرء ) “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya. Kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu secara boros. Sesungguhnya pemboros- pemboros itu adalah saudara-saudara setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isra’, 26-27) 1.Penjelasan Hak merupakan sesuatu yang harus diterima oleh seseorang. Sesuatu tersebut dapat berupa materi atau nonmateri. Misal kaum kerabat berhak memperoleh kasih sayang, rasa hormat, dikunjungi bila sakit dan memperoleh pertolongan, baik materi maupun nonmateri.

2 Apa Defenisi dari Fakir Miskin dan Musafir?? Menurut kamu Hak-hak apa saja yang harus diterima oleh: 1.Fakir Miskin? 2.Musafir ? Pemberian bantuan berupa harta benda kepada kaum kerabat, para fakir miskin dan Musafir merupakan sedekah atau berderma di jalan-Nya. Dan tentu saja semuanya harus dilandasi dengan niat Ikhlas karena Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Perumpamaan (nafkah) yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir; pada tiap-tiap bulir; pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui)”

3 1.Kesimpulan QS. Al-Baqarah;177 Isi kandungan surah al-Baqarah ayat;177 adalah kebajikan tidak terletak pada menghadapkan wajah ke arah timur dan barat. Tetapi, kebajikan ialah memiliki iman yang benar, yakni kepercayaan yang terhujam dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan melalui amal perbuatan. Ciri-ciri iman yang benar menurut QS. Al-Baqarah; 177 adalah sebagai berikut: 1.Beriman kepada Allah, hari kemudian, para Malaikat, kitab-kitab Allah, Para Nabi,. 2.Memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, fakir miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), orang-orang yang meminta-minta, Memerdekakan hamba sahaya. 3.Mendirikan Shalat 4.Menepati janji bila berjanji dan bersabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan.

4 Di dalam QS. Al-Baqarah; 177 juga dijelaskan bahwa orang- prang beriman adalah yang memiliki iman yang benar, yaitu orang yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Orang yang bertakwa tentu akan melakukan: 1.Menjalin hubungan baik dengan Allah. Hal ini dilakukan dengan cara beriman kepada rukun iman. 2.Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. 3.Menjalin hubungan baik dengan diri sendiri,


Download ppt "MAKNA DAN TAFSIR AYAT TENTANG MENYANTUNI KAUM LEMAH 1.QS. AL-Isra; 26-27 وَاَتِذَا القُرْبَ حَقَّهُ وَالمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِ وَلاَ تُبَذِّرْتَبْذِيْرًا."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google