Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM 1.makna sedekah 2.perintah sedekah 3.Keutamaan sedekah 4.macam-macam sedekah 5.tuntunan Rasulullah dalam bersedekah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM 1.makna sedekah 2.perintah sedekah 3.Keutamaan sedekah 4.macam-macam sedekah 5.tuntunan Rasulullah dalam bersedekah."— Transcript presentasi:

1 BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM 1.makna sedekah 2.perintah sedekah 3.Keutamaan sedekah 4.macam-macam sedekah 5.tuntunan Rasulullah dalam bersedekah

2 A. Pengertian dan Makna sedekah Pengertian Pengertian Sedekah asal kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. al-Raghib al-Asfahani mengatakan bahwa sedekah adalah harta yang dikeluarkan manusia untuk mendekatkan diri pada Allah

3 Perintah sedekah Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat (amil), para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. QS at-Taubah (9): 60

4

5 Rasulullah saw bersabda sebagaimana di riwayatkan oleh Ibnu Hibban, “setiap muslim wajib bersedekah”,. Salah seorang sahabat bertanya, “bagaimana pendapatmu jika ia tidak memiliki sesuatu apa pun untuk disedekahkan?” Beliau menjawab, hendaklah ia bekerja sehingga hasilnya dapat ia manfaatkan untuk dirinya dan dapat ia sedekahkan”. Sahabat itu bertanya lagi, “bagaimana pendapatmu jika tidak mampu?” Beliau menjawab, “hendaklah ia menyuruh yang makruf atau baik”. Ia bertanya lagi, “bagaimana jika ia tidak melakukannya?” Beliau menjawab, “hendaklah ia menahan diri agar tidak berbuat jahat kepada orang lain, sesungguhnya itu juga termasuk sedekah” (HR. Ibnu Hibban) Rasulullah saw bersabda sebagaimana di riwayatkan oleh Ibnu Hibban, “setiap muslim wajib bersedekah”,. Salah seorang sahabat bertanya, “bagaimana pendapatmu jika ia tidak memiliki sesuatu apa pun untuk disedekahkan?” Beliau menjawab, hendaklah ia bekerja sehingga hasilnya dapat ia manfaatkan untuk dirinya dan dapat ia sedekahkan”. Sahabat itu bertanya lagi, “bagaimana pendapatmu jika tidak mampu?” Beliau menjawab, “hendaklah ia menyuruh yang makruf atau baik”. Ia bertanya lagi, “bagaimana jika ia tidak melakukannya?” Beliau menjawab, “hendaklah ia menahan diri agar tidak berbuat jahat kepada orang lain, sesungguhnya itu juga termasuk sedekah” (HR. Ibnu Hibban)

6 Macam-macam sedekah ada 4 : 1. Sedekah dengan harta 2. Sedekah dengan tenaga dan pikiran 3. Sedekah dengan ilmu خيركم من تعلم القرأن وعلمه خيركم من تعلم القرأن وعلمه Paling baik adalah jika seorang muslim mempelajari al-Qur’an dan mengajarinya. (HR. Ibnu Majah) Paling baik adalah jika seorang muslim mempelajari al-Qur’an dan mengajarinya. (HR. Ibnu Majah)

7 4. Sedekah dengan perbuatan baik a. Dizikir dan shalat dhuha a. Dizikir dan shalat dhuha (HR. Muslim) sabda Rasulullah saw, “Setiap pagi pada ruas tulang kalian terdapat sedekah. Setiap ucapan tasbih (subhanallah), adalah sedekah. Setiap ucapan tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah. Setiap ucapan tahlil (Laailaaha Illallah) adalah sedekah. Setiap ucapan takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, mencegah perkara yang munkar adalah sedekah, dan dua rakaat yang dikerjakan seseorang dalam shalat dhuha telah mencakup semuanya” (HR. Muslim)

8 b. Meringankan beban orang lain b. Meringankan beban orang lain sabda Rasulullah saw. “setiap persendian hendaknya bersedekah setiap hari mulai terbitnya matahari. Berlaku adil di antara dua orang adalah sedekah, membantu orang dengan memberikan tumpangan adalah sedekah, atau membantu mengangkat barang adalah sedekah.” (HR. Bukhari Muslim) sabda Rasulullah saw. “setiap persendian hendaknya bersedekah setiap hari mulai terbitnya matahari. Berlaku adil di antara dua orang adalah sedekah, membantu orang dengan memberikan tumpangan adalah sedekah, atau membantu mengangkat barang adalah sedekah.” (HR. Bukhari Muslim)

9 c. Membuang kotoran atau duri dari jalan. “engkau membersihkan duri dai jalan (supaya orang lain tidak celaka), itu adalah sedekah” (HR. Bukhari) “engkau membersihkan duri dai jalan (supaya orang lain tidak celaka), itu adalah sedekah” (HR. Bukhari) d. Menangguhkan hutang. “Orang yang yang menangguhkan hutang orang yang tidak mampu maka baginya pahala sedekah setiap hari dua kali lipat dari jumlah harta yang dihutangkan” (HR. Ahmad) “Orang yang yang menangguhkan hutang orang yang tidak mampu maka baginya pahala sedekah setiap hari dua kali lipat dari jumlah harta yang dihutangkan” (HR. Ahmad) e. Banyak tersenyum “semua kebaikan adalah sedekah, di antara kebaikan itu adalah menemui saudaramu dengan wajah berseri (tersenyum).” (HR. Tirmidzi) “semua kebaikan adalah sedekah, di antara kebaikan itu adalah menemui saudaramu dengan wajah berseri (tersenyum).” (HR. Tirmidzi)

10

11 f. Tidak berbuat jahat kepada orang lain “Engkau mencegah kejahatanmu kepada orang lain, itu adalah sedekahmu terhadap dirimu.” (HR. Muslim) “Engkau mencegah kejahatanmu kepada orang lain, itu adalah sedekahmu terhadap dirimu.” (HR. Muslim) g. Berkata baik. “jagalah kamu dari api neraka walaupun hanya bersedekah dengan sebutir kurma. Kalau tidak punya berkatalah dengan baik, itu pun termasuk sedekah” (HR. Bukhari) “jagalah kamu dari api neraka walaupun hanya bersedekah dengan sebutir kurma. Kalau tidak punya berkatalah dengan baik, itu pun termasuk sedekah” (HR. Bukhari)

12 h. Berjimak dengan istri “setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan menyalurkan syahwat kepada istrinya adalah sedekah.” (HR. Bukhari) “setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan menyalurkan syahwat kepada istrinya adalah sedekah.” (HR. Bukhari) i. Menunjukkan jalan kepada orang lain yang tersesat

13 Tuntunan Rasul dalam sedekah Hal-hal yang berkaitan dengan sedekah, yaitu: Hal-hal yang berkaitan dengan sedekah, yaitu: 1. Kepada siapa anda memberikan sedekah 2. Dengan niat apa mengeluarkan sedekah 3. Tujuan apa mengeluarkan sedekah 4. Dengan cara yang bagaimana bersedekah 5. Dengan jenis apa bersedekah 6. Kapan dan dimana kita bersedekah.

14 Ajaran Rasulullah dalam bersedekah, yaitu: 1. Niat yang tulus dan ikhlas. 2. Membebaskan diri dari keraguan tentang jumlah. 3. Merahasiakan 4. Tidak menyakiti hati, perasaan dan pikiran yang diberi. 5. Memberikan kepada yang tepat. 6. Berikan sesuatu yang terbaik bukan karena berlebih atau sisa, bekas 7. Kalau bisa berikan semua tentu dengan niat yang tulus dan ikhlas. 8. Hanya berharap Ridho Allah semata

15 Keutamaan Sedekah Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[1][166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang- orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[1][166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.[1] QS al-Baqarah (2): 261) QS al-Baqarah (2): 261) [1] pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain. [1] pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain. [1]

16 KENAPA BERSEDEKAH

17 Keutamaan-keutamaan sedekah diantaranya: 1. S edekah dapat menolak bencana atau bala 2. S edekah dapat menyembuhkan penyakit 3. S edekah dapat memanjangkan umur 4. S edekah dapat memperluas atau memperbanyak rezeki (Muhyidin, 2008: 50). 5. S edekah dapat mendatangkan berkah 6. S edekah dapat menebus dosa 7. S edekah dapat membuka pintu surga (Muhyidin, 2008: )

18


Download ppt "BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM 1.makna sedekah 2.perintah sedekah 3.Keutamaan sedekah 4.macam-macam sedekah 5.tuntunan Rasulullah dalam bersedekah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google