Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAJA’ DAN TAUBAT menginginkan kebaikan yang ada di sisi Allah 'azza wa jalla berupa keutamaan, ihsan dan kebaikan dunia akhirat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAJA’ DAN TAUBAT menginginkan kebaikan yang ada di sisi Allah 'azza wa jalla berupa keutamaan, ihsan dan kebaikan dunia akhirat."— Transcript presentasi:

1

2 RAJA’ DAN TAUBAT

3 menginginkan kebaikan yang ada di sisi Allah 'azza wa jalla berupa keutamaan, ihsan dan kebaikan dunia akhirat

4 "Ketahuilah sesungguhnya penggerak hati menuju Allah 'azza wa jalla ada tiga: Al-Mahabbah (cinta), Al-Khauf (takut) dan Ar-Rajaa' (harap)

5 "Ketahuilah, roja' yang terpuji hanya ada pada diri orang yang beramal & taat kepada Allah dan berharap pahala-Nya” (Syekh Al-Utsaimin)

6 "Orang-orang yang diseru oleh mereka itu justru mencari jalan perantara menuju Rabb mereka siapakah di antara mereka yang bisa menjadi orang paling dekat kepada-Nya, mereka mengharapkan rahmat-Nya dan merasa takut dari siksa-Nya.“ (QS. al-Israa': 57)

7 "Roja' yang disertai dengan perendahan diri dan ketundukan tidak boleh ditujukan kecuali kepada Allah 'azza wa jalla. Memalingkan roja' semacam ini kepada selain Allah adalah kesyirikan, bisa jadi syirik ashghar dan bisa jadi syirik akbar tergantung pada isi hati orang yang berharap itu...“ (Syekh Al-’Utsaimin)

8 “Menyekutukan Allah SWT.” SyirikDefinisiContohKecil Syirik yg dilakukan oleh hati Berharap bantuan selain Allah SWT. Besar Syirik yg dilakukan oleh hati & perbuatan Meminta bantuan kepada dukun, tempat-tempat keramat, dll.

9 Kembali dr perbuatan tercela menuju perbuatan terpuji menurut syara’

10  Bertaubat dr dosa yang berhubungan dg Allah SWT.  Bertobat dr dosa yg berhubungan dg anak adam (manusia)

11 Berhub. Dg Allah SWT. :  Menyesali dosa-dosa yg telah dilakukan  Meninggalkan dosa-dosa yg telah dilakukan  Niat yg kuat untk tdk melakukan dosa- dosa lagi

12 Berhub. Dg Manusia :  Menyesali dosa-dosa yg dilakukan  Meninggalkan dosa-dosa yg sdg dilakukan  Niat yg kuat untk tdk melakukan dosa- dosa lagi  Bersih diri dr semua hak adami (harga diri atau materi)

13 Harga diri :  Maka harus minta maaf  Jika sdh meninggal, maka harus banyak membaca ISTIGHFAR & minta maaf kpd ahli warisnya

14 Materi (harta)  Harus mnt halal pd yg bersangkutan  Atau mengembalikan harta itu pd yg bersangkutan  Jika sdh meninggal, hrs dikembalikan pd ahli warisnya  Jika ahli waris tdk ada, hrs diserahkan pd Hakim atau ahli agama  Jika tdk ada, hrs ditasarrufkan untk kemaslahatan umat

15 KOREKSI DIRI Mengoreksi semua perbuatannya yg buruk, gerak hatinya, & kerentek hatinya siang & malam

16 Menjaga Anggota Badan  Mata “Mata itu berzina & hati itu berzina. Zinanya mata adlh pandangan & zinanya hati adlh mengharap sesuatu yg tdk mungkin terjadi” (HR. Imam Ahmad)

17  Lisan 1. Bohong (al-Kadzib) 2. Ngerasani (al-Ghibah) 3. Adu Domba (an-Namimah) 4. Menghina, meremehkan, & mentertawakan

18  Telinga “Nyanyian bisa menumbuhkan sifat nifaq dlm hati sbgmana air menumbuhkan tumbuhan. Sedang dzikir bisa menumbuhkan iman dlm hati sbgmana air menumbukan tumbuhan” (HR. al-Baihaqi)

19  Perut Dari semua makanan, minuman, dll. Yg diharamkan, jg yg syubhat-syubhat yg disenangi oleh nafsu

20  Dua Tangan Dr mengambil sesuatu yg haram & menulis sesuatu yg tdk diperbolehkan untk diucapkan. Jg memukul org tanpa hak & melakukan sgl sesuatu yg merugikan org lain

21  Dua Kaki Berjalan menuju sesuatu yg diharamkan

22  Farji Menggunakannya untuk sesuatu yg diharamkan oleh agama


Download ppt "RAJA’ DAN TAUBAT menginginkan kebaikan yang ada di sisi Allah 'azza wa jalla berupa keutamaan, ihsan dan kebaikan dunia akhirat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google