Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kapita Selekta Manajemen Knowledge Management Kelompok : Amelia T 06.30.0013 Yossy S 06.30.0016 Marisa L 06.30.0029 Cindy K 06.30.0030.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kapita Selekta Manajemen Knowledge Management Kelompok : Amelia T 06.30.0013 Yossy S 06.30.0016 Marisa L 06.30.0029 Cindy K 06.30.0030."— Transcript presentasi:

1 Kapita Selekta Manajemen Knowledge Management Kelompok : Amelia T Yossy S Marisa L Cindy K

2 Apakah yang dimaksud Manajemen? Manajemen, ialah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan. Manajemen, ialah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan.

3 Apa itu Pengetahuan? pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk. Sumber pengetahuan bisa berupa banyak bentuk. Contoh : Koran, majalah, , e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia. Contoh : Koran, majalah, , e-artikel, mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia.

4 DEFINISI MANAJEMEN PENGETAHUAN

5 Manajemen pengetahuan adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber yang kompeten.

6 Manajemen pengetahuan dapat didefinisikan sebagai berikut : “proses menterjemahkan pelajaran yang dipelajari, yang ada dalam diri/pikiran seseorang menjadi informasi yang dapat digunakan setiap orang”. Manajemen pengetahuan dapat didefinisikan sebagai berikut : “proses menterjemahkan pelajaran yang dipelajari, yang ada dalam diri/pikiran seseorang menjadi informasi yang dapat digunakan setiap orang”.

7 Komponen KM KM terdiri dari 3 komponen utama yaitu people, place, dan content KM terdiri dari 3 komponen utama yaitu people, place, dan content Dalam pelajaran manajemen, aset organisasi dirumuskan dengan 5M (man, money, method, machine, dan market). Apabila dipandang dari sisi KM maka manusialah yang merupakan aset yang paling berharga. Dalam pelajaran manajemen, aset organisasi dirumuskan dengan 5M (man, money, method, machine, dan market). Apabila dipandang dari sisi KM maka manusialah yang merupakan aset yang paling berharga.

8 Adapun tahapan perkembangan manajemen pengetahuan dalam organisasi adalah sebagai berikut : Knowledge-chaotic Knowledge-chaotic Knowledge-aware Knowledge-aware Knowledge-enabled Knowledge-enabled Knowledge-managed Knowledge-managed Knowledge-centric Knowledge-centric

9 Dalam mengimplementasi Manajemen Pengetahuan, diperlukan SDM yang tidak hanya kompeten, tapi juga dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan sikap sebagai berikut : Mentransformasikan pengetahuan ke dalam tindakan. Mentransformasikan pengetahuan ke dalam tindakan. Membuat pilihan berdasar informasi tentang bagaimana berinvestasi dalam praktek SDM untuk menjamin hasil bisnis. Membuat pilihan berdasar informasi tentang bagaimana berinvestasi dalam praktek SDM untuk menjamin hasil bisnis. Berhubungan dengan rekan profesi SDM dan manajer garis dengan penuh keyakinan bahwa dia punya sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan. Berhubungan dengan rekan profesi SDM dan manajer garis dengan penuh keyakinan bahwa dia punya sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan. Menunjukan keyakinan, kepastian, pengambilan resiko, dan berorientasi tindakan. Menunjukan keyakinan, kepastian, pengambilan resiko, dan berorientasi tindakan.

10 Untuk menjadikan manajemen pengetahuan menjadi bagian dari organisasi, diperlukan pergeseran peran dari manajemen dengan orientasi SDM yang operasional/tradisional menjadi orientasi SDM yang strategis.

11 Mengapa Organisasi Dewasa Ini Memerlukan Manajemen Pengetahuan? Persaingan bisnis yang kian menajam Pengetahuan telah menjadi aset bisnis utama didorong oleh perubahan- perubahan dalam bidang teknologi dan dalam bisnis global.

12 Konsep manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah sebuah konsep baru di dunia bisnis yang telah dterapkan berbagai perusahaan besar di dunia.

13 Pada prinsipnya, konsep knowledge management bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memperbaiki komunikasi antara seluruh bagian perusahaan dan meningkatkan penguasaan pengetahuan dengan melakukan transfer pengetahuan (knowledge sharing).

14 Konsep manajemen pengetahuan ini meliputi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam tujuannya untuk mencapai organisasi perusahaan yang semakin baik sehingga mampu memenangkan persaingan bisnis.

15 Dalam rangka mencapai Kinerja yang tinggi, diperlukan adanya SDM yang memiliki : Pengetahuan (Knowledge), Pengetahuan (Knowledge), Gagasan (Idea), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill) serta Keahlian (Skill) serta Pengalaman (Experience) Pengalaman (Experience)

16 Masalah dalam KM Dalam konteks secara umum, pelaksanaan KM menghadapi masalah utama yaitu masalah perilaku. Pertama, berkaitan dengan ketidakmauan orang untuk berbagi. Pertama, berkaitan dengan ketidakmauan orang untuk berbagi. Kedua berkaitan dengan ketidakdisiplinan untuk selalu menuliskan apa yang kita dapatkan. Ini merupakan suatu kendala karena budaya kita lebih cenderung pada budaya lisan. Kedua berkaitan dengan ketidakdisiplinan untuk selalu menuliskan apa yang kita dapatkan. Ini merupakan suatu kendala karena budaya kita lebih cenderung pada budaya lisan.


Download ppt "Kapita Selekta Manajemen Knowledge Management Kelompok : Amelia T 06.30.0013 Yossy S 06.30.0016 Marisa L 06.30.0029 Cindy K 06.30.0030."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google