Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Media Pembelajaran Materi IPA Kelas VI (Enam) Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengarui keseimbangan alam (ekosistem)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Media Pembelajaran Materi IPA Kelas VI (Enam) Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengarui keseimbangan alam (ekosistem)"— Transcript presentasi:

1 Media Pembelajaran Materi IPA Kelas VI (Enam) Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengarui keseimbangan alam (ekosistem)

2 Oleh : Moch. Atiq Khamdi

3 Kegiatan manusia yang dapat mempengarui keseimbangan alam (ekosistem) 1.Kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia yaitu penebangan hutan terus-menerus. 2.Perburuan hewan yang terus-menerus dapat memusnahkan hewan. 3.Penangkapan ikan di laut dengan bahan peledak dapat merusak terumbu karang. 4.Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat menimbulkan tumbuhnya gulma dengan cepat. 5.Manusia sering menggunakan kayu dari tumbuhan untuk kebutuhan hidupnya, contohnya rumah, kursi, dan meja. 6.Manusia sering menggunakan bagian tubuh hewan untuk obat dan hiasan. 7.Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti penebangan liar dapat menimbulkan kerusakan hutan. Selain itu, tumbuhan dan hewan jadi langka. 8.Manusia harus melestarikan hewan dan tumbuhan.

4 Daftar Nama Binatang Paling Langka. Berikut daftar binatang dari kelas mamalia yang paling langka di Indonesia berdasarkan jumlah spesies (populasi) dan status konservasi yang diberikan oleh IUCN Redlist sebagai critically endangered (kritis).

5 Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus). Binatang endemik pulau Jawa dan hanya terdapat di TN. Ujung Kulon ini merupakan binatang paling langka di dunia dengan jumlah populasi hanya ekor. Badak Jawa Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Populasi badak sumatera hanya ekor (2007), bahkan menurut International Rhino Foundation (Virginia) diperkirakan populasi badak sumatera tidak mencapai 200 ekor (2010). Badak Sumatera Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang (Panthera pardus melas). Subspesies ini populasinya kurang dari 250 ekor. Macan Tutul Jawa Rusa Bawean (Axis kuhlii) Binatang langka endemik pulau Bawean dengan populasi antara ekor (2006). Rusa Bawean Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Subspesies harimau ini populasinya tinggal ekor. Harimau Sumatera

6 Beruk Mentawai (Macaca pagensis). Satwa endemik dan langka dari Kepulauan Mentawai, populasinya antara ekor. Orangutan Sumatera (Pongo abelii). Binatang langka ini populasinya sekitar ekor (2004). Orangutan Sumatera Simpei Mentawai (Simias concolor). Endemik Kepulauan Mentawai. Populasi ekor (2006). Kanguru Pohon Mantel Emas ( ). Endemik Papua, populasinya N/A. Kanguru Pohon Mantel Emas Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso (Dendrolagus mbaiso). Endemik Papua Indonesia Kera Hitam Sulawesi (Macaca nigra). Kera langka dari Maluku dan Sulawesi dengan populasi sekitar ekor. Kera Hitam Sulawesi

7 Badak Jawa

8 Macan Tutul

9 Rusa Bawean

10 Orang Utan Sumatera

11 Kanguru Pohon Mantel Emas


Download ppt "Media Pembelajaran Materi IPA Kelas VI (Enam) Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengarui keseimbangan alam (ekosistem)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google