Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Dra. Tri Sakti GURU BK SMP N 1 YOGYAKARTA.  Aspek positif manusia dalam pencapai kebahagiaan yaitu:  1. Kehidupan yang menyenangkan  2. Kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Dra. Tri Sakti GURU BK SMP N 1 YOGYAKARTA.  Aspek positif manusia dalam pencapai kebahagiaan yaitu:  1. Kehidupan yang menyenangkan  2. Kehidupan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Dra. Tri Sakti GURU BK SMP N 1 YOGYAKARTA

2  Aspek positif manusia dalam pencapai kebahagiaan yaitu:  1. Kehidupan yang menyenangkan  2. Kehidupan yang menyatu  3. Kehidupan yang bermakna

3  EMOSI YANG POSITIF rasa bahagia, senyum.  KARAKTER DIRI YANG POSITIF..... Keberanian, berorientasi pada masa depan, rasa optimis,rasa percaya dengan kekuatan Allah SWT, etos kerja yang baik, jujur dll  INSTITUSI YANG POSITIF.....(tempat dimana kita berada)....adil, peduli, bertanggungjawab,beradab,toleran, non- diskriminatif, saling mendukung, saling menghargai.

4  Datang tepat waktu  Saling menyapa antar warga sekolah  Berpakaian, berperilaku, bertutur kata sopan  Saling menghargai sesama warga sekolah  Memiliki etos kerja tinggi  Memiliki jiwa pendidik  Mengutamakan kebersamaan  Taat pada tata tertib sekolah baik untuk siswa maupun guru.  Bertindak secara profesional  Saling bersilahturahmi

5  Sekolah keagamaan dan sekolah umum  Sekolah yang memiliki keunggulan olah raga, pramuka, riset school, ketrampilan, green school, kesenian.

6  Siswa yang mengutamakan belajar  Siswa yang senang dengan ketrampilan  Siswa yang senang olah raga  Siswa yang senang berorganisasi  Siswa yang senang berkesenian

7 BAGAIMANA

8  Belajar mengenali berbagai karakteristik siswa baik aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.  Harus paham teori belajar, prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, metode yang sesuai dengan karakteristik siswa.

9  Berpenampilan sopan dalam tuturkata maupun dalam berperilaku, berpakaian  Dapat menjadi contoh buat siswa  Memilik emosi diri yang positif..... sangat penting untuk menjaga etos kerja di dalam pemberian layanan tanpa mengesampingkan etika.

10  Mahasiswa harus bersikap inklusi( menerima oranglain), bertindak objektif, serta tidak deskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, status sosial.  Mampu memahami perspektif orang lain.  Memiliki ketrampilan merespon, baik bentuk komunikasi verbal maupun non verbal.  Memiliki Ketrampilan mengatasi permasalah yang timbul dari adanya keragaman.

11  Mahasiswa harus menguasai atau memiliki pengetahuan berkaitan penguasaan Ilmu Bimbingan dan Konseling ( ketrampilan konseling, memahami keunikan siswa, memahami karakteristik siswa, menguasai berbagai layanan BK )

12  Harus Proaktif  Team work yang solit  Saling berbagi dan saling menyenangkan dalam berhubungan sosial  Memahami sebelum mengharapkan orang lain memahami kita  Dapat bersinergi dengan orang lain  Memiliki kreatifitas  Management waktu yang baik  Setiap kegiatan harus difortofoliokan/dokumentasikan dan dapat dipertanggungjawabkan  Pembuatan laporan yang sesuai dengan rambu rambu.

13  Menguasai materi layanan  Menggunakan dengan tepat kemampuannya dalam memberi layanan  Kemampuan melakukan improvisasi  Manajemen kelas  Mempunyai jiwa mendidik  Memahami situasi klien  Melayani klien dengan profesional  Setiap layanan harus ada kebermanfaatannya  Kepekaan dalam menanggapi situasi selama layanan berlangsung  Memonitor kegiatan layanan  Bertindak berdasarkan data  Respek terhadap orang lain  Memfasilitasi dan memotivasi siswa agar dapat mengatasi masalah.  Menfasilitasi siswa agar lebih memahami kompleksitas

14 Terimakasih


Download ppt "Oleh: Dra. Tri Sakti GURU BK SMP N 1 YOGYAKARTA.  Aspek positif manusia dalam pencapai kebahagiaan yaitu:  1. Kehidupan yang menyenangkan  2. Kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google