Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ESTIMATION SKILL (ES) KETERAMPILAN MENAKSIR Author: Dadan Muslih.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ESTIMATION SKILL (ES) KETERAMPILAN MENAKSIR Author: Dadan Muslih."— Transcript presentasi:

1 ESTIMATION SKILL (ES) KETERAMPILAN MENAKSIR Author: Dadan Muslih

2 Berapa jauh jarak rumahmu dari sekolah ini nak? Jawab anak, Ya kira-kira 100 meter pak. Jawaban anak mungkin berdasarkan kepada ; lamanya waktu tempuh, jumlah langkah kakinya, Pernah membaca tachometer Pernah mendengar temannya Atau Berdasarkan perasaannya.

3 Peranan SE 2. Sebagai monitor dan kontrol terhadap solusi akhir dari suatu akhir pemecahan permasalahan

4 Pengalaman praktik dapat mendukung SE !

5 Pandangan Para Pakar Pendidikan tentang SE “ The situation gives rise to measurement. Measurement gives rise to estimation. Estimate gives rises to analysis. Analisys gives rise to balance. Balance gives rise to triumph”. R.L Wing, 2006

6 Costa, 2000 “Skill in estimation is based on a sense of what an adequate degree of precision is in a particular situation, which in turn depends on understanding the context of the problem and the purpose of the calculation”

7 Science for All Americans 2006; “Estimation skills can be learned, but only if teachers make sure that students have lots of practice estimating”.

8 Onslow, “Kemampuan estimasi adalah kemampuan refleksi dari suatu pengalaman dan kemampuan kepekaan terhadap angka bilangan dari suatu besaran yang mempunyai nilai eksak. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui latihan dan perenungan, reflection”.

9 SE, adalah keterampilan untuk mendapatkan suatu angka taksiran, sesuatu besaran, suatu prinsip, suatu konsep, suatu teori, dan hukum yang digunakan dalam memecahkan masalah-masalah akademis keipaan dan dalam hidup keseharian. My Definition;

10

11 Beberapa Contoh Masalah SE materi Biologi 1.Berapa volume udara yang dapat dihirup paru-paru pada saat relaks? 2.Berapa energi maksimum yang dapat disalurkan otot tangan untuk mengangkat benda? 3.Berapa kalori kandungan energi dari sebutir kacang ijo, kacang kedelai, dan sebutir nasi ? 4.Berapa jumlah rambut kepala anda? 5.Energi otot diperoleh dari energi makanan, syarat makanan menjadi energi salah satunya harus terjadi proses pembakaran makanan. Apa syarat-syarat terjadinya proses pembakaran makanan dalam tubuh agar menghasilkan energi?

12 6. Berapa volume air tiap satuan luas yang dikeluarkan sehelai daun hijau ke lingkungan ? 7. Berapa volume oksigen tiap satuan luas yang dikeluarkan sehelai daun hijau ke lingkungan ? 8. Berapa intensitas cahaya maksimum yang tidak diperkenankan dilihat mata? 9. Berapa intensitas maksimum bunyi yang dapat merusakkan gendang dengar telinga? 10. Indikator apa saja suatu tumbuhan dalam keadaan relaks? Lanjut, Contoh Masalah SE materi Biologi

13 Beberapa Contoh Masalah SE materi Fisika 1.Berapa kecepatan orang berjalan santai? 2.Berapa kecepatan orang berjalan lari? 3.Berapa intensitas energi matahari yang tiba dipermukaan Bumi? 4.Konsep dan prinsip apa yang dapat diterapkan untuk merancang alat uji kekerupahan air? 5.Taksirlah prinsip, konsep, besaran, dan transduser apakah yang digunakan pada alat timbangan digital yang ada di super market?

14 Lanjut, Contoh Masalah SE materi Fisika 6. Pada saat anda menyimpan sebotol air pada dashboard mobil anda, berapa estimasi percepatan/perlambatan mobil anda agar botol tidak jatuh? 7. Sebuah rumah pelanggan listrik VA menyalakan lampu 50 Watt selama 12 jam perhari dalam 1 bulan, taksirlah berapa uang yang harus dibayar pelanggan? 8. Sebuah komputer diprogram dalam keadaan turn-on dan di nonaktif sistemnya, system hibernate, diset pada 10 menit. Apakah keuntungan dan kerugian mengaktifkan system hibernate? 9.Gelombang ultrasonik ditransmisikan ke dalam tanah dengan kemiringan sudut tertentu, perkirakan arah gelombang pantul yang terjadi akibat lapisan bumi? 10.Sebuah pegas menggantung sebuah beban dan digetarkan, jika pegas dipotong setengahnya. Perkirakan apakah frekuensinya menjadi naik atau turun dari semula?

15 Beberapa, Contoh Masalah SE materi Kimia 1.Estimasi, berapa kadar garam dalam sayur asam ? 2.Berapa volume oksigen yang diperlukan untuk membakar sebatang lilin? 3.Berapa watt daya listrik yang diperlukan untuk proses elektrolisis yang menghasilkan 1 liter Oksigen dari air murni? 4.Gas-gas apa saja yang mudah bereaksi dengan ozon? 5.CPO, Cruide Palm Oil dapat menghasilkan berbagai ragam bahan pangan dan BBM seperti; minyak goreng, margarin, biodiesel, dan lain-lain. Jelaskan berdasarkan, konsep, prinsip, dan proses apa saja dalam pemisahan CPO tersebut? 6. Kuningan, merupakan logam campuran, alloy. Gaya ikat apa saja yang bekerja antar molekulnya hingga ia menjadikan terpadu sekalipun berbeda jenis penyusunnya?

16 Lanjut, Contoh Masalah SE materi Kimia 7. Ketika air diberi atau dikurangi kalornya, ikatan kimianya tak mudah lepas bahkan ia berubah dalam fasa yang berbeda. Akan tetapi dengan pemberian energi listrik tertentu ikatan kimianya dapat dengan mudah berubah. Estimasikankan berapa perbandingan energi yang diperlukan untuk mengubah fasa air dibandingkan dengan energi listrik untuk memecah molekul air menjadi H2 dan O2. 8. Pada proses pembakaran BBM ada yang dipicu dengan tekanan tinggi dan ada pula yang dipicu dengan loncatan bunga api untuk terjadinya proses pembakaran. Jelaskan prinsip, konsep, hukum, dan besaran-besaran apa saja yang mempengaruhi kondisi terjadinya proses pembakaran zat? 9. Garam dapur, NaCl atau soda api, NaOH sangat mudah menjadi cair ketika dibiarkan pada udara terbuka. Apakah perubahan ini tergolong perubahan kimia? Jika tidak, berapakah jumlah garam atau soda api yang diperlukan untuk menangkap air dari udara untuk menghasilkan 1 liter air. Jelaskan pula prosesnya serta alat dan bahan yang diperlukannya? 10. Higrometer sederhana, yang umum, menggunakan pendekatan perbedaan temperatur basah dibanding temperatur kering udara untuk mendapatkan nilai kelembaban udara. Dapatkah untuk mencari yang tepat kelembaban udara diukur berdasarkan prinsip NaCl atau NaOH yang dapat mengisap air dari udara?

17 SEMOGA BERMANFAAT WASSALAM Selamat Berfikir dan Praktik


Download ppt "ESTIMATION SKILL (ES) KETERAMPILAN MENAKSIR Author: Dadan Muslih."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google