Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 3. PENDAPATAN NASIONAL : darimana berasal dan kemana perginya Pokok Bahasan Bab ini : 1.Berapa banyak perusahaan memproduksi? Apa yang mencerminkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 3. PENDAPATAN NASIONAL : darimana berasal dan kemana perginya Pokok Bahasan Bab ini : 1.Berapa banyak perusahaan memproduksi? Apa yang mencerminkan."— Transcript presentasi:

1 BAB 3. PENDAPATAN NASIONAL : darimana berasal dan kemana perginya Pokok Bahasan Bab ini : 1.Berapa banyak perusahaan memproduksi? Apa yang mencerminkan pendapatan nasional total? 2. Siapa yang mendapatkan pendapatan dari hasil produksi? Berapa banyak kompensasi untuk pekerja dan pemilik dari kapital?

2 3. Siapa yang membeli output dari ekonomi? Berapa banyak rumah tangga membeli barang untuk konsumsi? Berapa banyak rumah tangga dan perusahaan melakukan investasi, dan berapa banyak pemerintah melakukan pembelian untuk keperluan publik? 4. Berapakah keseimbangan permintaan dan penawaran barang dan jasa? Apa yang mempengaruhi keinginan untuk konsumsi, investasi, pembelian pemerintah?

3 Pasar Faktor Produksi Perusahaan Pasar Produk dan Jasa RumahtanggaPemerintah Pasar Keuangan Konsumsi Pajak Tabungan Swasta Pendapatan Pembayaran Faktor Pendapatan Perusahaan Pembelian Pemerintah Tab. Publik

4 3.1. Apa Yg mempengaruhi Total Produksi Barang dan Jasa : Output (barang & jasa) suatu perekonomian (GDP) dipengaruhi : 1. Jumlah input 2. kemampuan mengubah input menjadi output yg digambarkan dengan “fungsi produksi”

5 Faktor Produksi adalah input (Tenaga kerja dan modal) yang digunakan untuk memproduksi barang2 dan jasa Asumsi: Jumlah TK dan Modal Tetap Fungsi Produksi Y=F(K,L)

6 Faktor produksi dan fungsi produksi menentukan jumlah barang dan jasa yang di tawarkan = jumlah output dalam ekonomi. Y=F(K,L) = Y Karena penawaran TK dan modal tetap, maka ouput juga tetap (Y).

7 2. Bagaimana Pendapatan Nasional Didistribusikan ke dalam Faktor Produksi? H arga Faktor adalah jumlah yang dibayarkan pada faktor produksi Harga Faktor Supply faktor Demand faktor Ekuilibrium harga faktor

8 Keputusan yang Diambil Perusahaan yang Kompetitif Perusahaan kompetitif kecil => sedikit mempengaruhi/tdk mempengaruhi Harga pasar Keuntungan=PY-WL-RK =P F(K,L)-WL-RK

9 Karena tdk dpt mempengaruhi harga pasar input dan output, perusahaan memilih jumlah TK dan Modal u max profit. Permintaan Perusahaan pada Faktor2 Produksi MPL=F(K,L+1)-F(K,L)

10 F (K, L) Output (Y) MPL Kemiringan Fs. Produksi = produksi marginal tenaga kerja Ketika lbh byk tenaga kerja ditambah, produksi marginal tenaga kerja turun

11 Dari MPL ke D TK Perubahan profit dari menambah satu unit TK : penerimaan tambahan P x MPL Dari MPL ke D TK Perubahan profit dari menambah satu unit TK : Peningkatan penerimaan dari satu unit tenaga kerja tambahan tergantung pada 2 variabel : produk marginal tenaga kerja dan harga output penerimaan tambahan P x MPL

12 /\ Profit = /\ Penerimaan- /\ Biaya = P x MPL – W D TK : P x MPL = W, MPL=W/P Biaya ekstra krn menggunakan lbh byk TK adalah upah, jadi perubahan dlm laba krn menggunakan lbh byk TK adalah : /\ Profit = /\ Penerimaan- /\ Biaya = P x MPL – W D TK : P x MPL = W, MPL=W/P

13 Unit Output (Y) Upah Riil Jumlah Labor yg diminta Unit Labor (L) MPL, Labor Demand

14 MPK dan D Modal MPK=F(K+1,L)-F(K,L) /\ Profit = /\ Penerimaan- /\ Biaya = P x MPK – R D TK : P x MPK = R, MPK=R/P Pembagian dari Pendapatan Nasional Keuntungan ekonomi= Y-(MPLxL)-(MPKxK)

15 Pada saat CRS, F(K,L)=(MPKxK)+(MPLxL) Keuntungan Akutansi=Keuntungan Ekonomi+(MPKxK) Asumsi: CRS, Maks profit, keuntungan ekonomi=0 Total output dibagi diantara pembayaran untuk TK dan modal tergantung besarnya produktivitas marjinal.

16 Apa yang menentukan D barang dan jasa? Ekonomi tertutup : Y = C+I+G Konsumsi C=C(Y-T)

17 Fungsi Konsumsi C MPC Y-T Tk. Bunga Riil (r) Fungsi Investasi, I (r)

18 Pengeluaran Pemerintah G=T (Balanced budget) G>T (budget defisit) G T (budget defisit) G

19 4. Keseimbangan S & D barang dan jasa Keseimbangan Pasar untuk barang dan jasa: S&D Output ekonomi Y=C+I+G; permintaan output C=C(Y-T); fungsi konsumi I=I(r); fungsi investasi G=G; pembelian pemerintah T=T ; pajak

20 Y =F(K,L) =Y Y=C(Y-T)+I(r)+G Y=C(Y-T)+I(r)+G

21 Keseimbangan pada Pasar Finansial: S & D pada Dana Pinjaman Y-C-G=I (Y-T-C)+(T-G)=I Y-T-C= privat saving T-G= public saving Y-C(Y-T)-G=I(r) Y-C(Y-T)-G=I(r) S=I(r)

22 Tabungan, STk. Bunga Riil, r Investasi Yg Dingginkan, I (r) Investasi, Tabungan, I, S Tk. Bunga Keseimbangan

23 Perubahan Tabungan : Dampak Kebijakan Fiskal Peningkatan pembelian pemerintah => menurunkan Saving Tk. Bunga Riil, r Investasi, Tabungan, I, S S1 S2 r2 r1

24 Perubahan Permintaan Investasi STk. Bunga Riil, r I1 I2 Kenaikan dlm Investasi Yg Diinginkan

25 I1 I2 S (r) Investasi, Tabungan, I, S Tk. Bunga Riil, r

26 SELESAI TERIMA KASIH


Download ppt "BAB 3. PENDAPATAN NASIONAL : darimana berasal dan kemana perginya Pokok Bahasan Bab ini : 1.Berapa banyak perusahaan memproduksi? Apa yang mencerminkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google