Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pasar Faktor Produksi: Tanah & Modal Pertemuan 11.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pasar Faktor Produksi: Tanah & Modal Pertemuan 11."— Transcript presentasi:

1 Pasar Faktor Produksi: Tanah & Modal Pertemuan 11

2 Faktor Produksi: Tanah dan Modal u Modal merupakan peralatan dan fasilitas dasar/struktur yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. u Modal dalam sebuah perekonomian neliputi semua barang yang diproduksi di masa lalu dan masa sekarang digunakan untuk memproduksi berbagai barang dan jasa.

3 Harga Tanah dan Modal u Harga Beli (purchase price) tanah atau modal adalah harga yang dibayarkan seseorang atau suatu perusahaan untuk memiliki faktor produksi tersebut selamanya. u Harga Sewa (rental price) adalah harga yang dibayarkan suatu pihak untuk menggunakan atau memanfaatkan faktor produksi itu dalam jangka waktu yang terbatas.

4 Tanah dan Uang Sewa u Uang Sewa adalah pembayaran atas penggunaan faktor-faktor produksi yang tetap di dalam jumlah penawarannya

5 Tanah dan Uang Sewa u Kurva penawaran untuk tanah adalah vertikal dan inelastis sempurna. u Penawaran tanah bersifat tidak elastis, karena tanah akan selalu digunakan untuk apapun yang dapat dihasilkannya u Uang sewa akan lebih ditentukan oleh harga daripada menentukan harga.

6 Tanah Harus Digunakan Untuk Apapun yang Dapat Dihasilkannya Jumlah Tanah Sewa Tanah

7 Penggunaan Pajak Tanah Jumlah Tanah Sewa Tanah

8 sewa (rupiah) S S 0 Q Inelastic Supply.... Sewa. Jumlah Tanah

9 Sewa (rupiah) R1R1 S S D1D1 0 Inelastic Supply.... Dikombinasikan dgn permintaan.... Menunjukkan sewa Sewa Q Jumlah Tanah

10 Sewa (rupiah) R1R1 S S D1D1 0 Jika permintaan turun.... Sewa Q Jumlah Tanah

11 Sewa (Rupiah) R1R1 S S D2D2 D1D1 R2R2 0 Jika permintaan turun.... Sewa menurun Sewa Q Jumlah Tanah

12 Sewa (rupiah) D3D3 R1R1 S S D2D2 D1D1 R2R2 R3R3 0 Jika permintaan turun.... Sewa turun.…dan turun Sewa Q Jumlah tanah

13 sewa (rupiah) D3D3 R1R1 S S D4D4 D2D2 D1D1 R2R2 R3R3 0 Jika permintaan turun.... Sewa turun.…dan turun.…dan turun.…dan turun Sewa Q Jumlah tanah

14 sewa (rupiah) D3D3 R1R1 S S D4D4 D2D2 D1D1 R2R2 R3R3 0 Jika permintaan begitu rendah, tanah dikatakan barang bebas Sewa Q Jumlah Tanah

15 Modal dan Bunga u Barang tahan lama yang diproduksi untuk digunakan dalam produksi selanjutnya. u Dengan menunda konsumsi sekarang dan memproduksi bangunan dan perlengkapan, masyarakat meningkatkan konsumsi di waktu kemudian.

16 Modal dan Bunga u Rumah tangga dan para penabung lain menyediakan sumber finansial atau dana kepada mereka yang ingin berinvestasi. u Suku bunga mewujudkan harga yang dibayar oleh peminjam kepada pemberi pinjaman untuk penggunaan dalam periode tertentu. u Suku bunga diberikan sebagai hasil persen tertentu per tahun.

17 Suku Bunga Riil vs Suku Bunga Nominal u Suku bunga nominal merupakan keuntungan rupiah atas rupiah yang dinvestasikan. u Tingkat bunga yang digunakan sebagai ukuran untuk menentukan besarnya bunga yang harus dibayar oleh pihak peminjam dana modal.

18 Suku Bunga Riil vs Suku Bunga Nominal u Suku bunga riil merupakan keuntungan atau dana dalam hal barang dan jasa. u Hasil atas dana yang dikoreksi dengan inflasi, juga diukur dengan persen per tahun. u Dihitung melalui suku bunga nominal dikurangi angka inflasi.

19 Bunga n Harga dari uang äBunga dalam persentase äUang bukan Faktor Produksi

20 Jumlah Dana/Tabungan Tkt bunga (%) S Rumah tangga akan menawarkan dana pada tingkat bunga yg lebih tinggi

21 Jumlah Dana/Tabungan Tkt bunga (%) D S perusahaan meminjam lebih banyak ketika tingkat bunga semakin turun

22 Jumlah Dana/Tabungan Tkt bunga (%) i =8% D S F0F0F0F0 Tingkat bunga keseimbangan

23 Ekuilibrium Di Pasar Tanah & Modal u Harga sewa tanah dan harga sewa modal ditentukan oleh penawaran dan permintaan. u Perusahaan akan menyewa tanah dan modal sampai nilai produk marjinal faktor-faktor produksinya sama dengan harga sewanya.

24 Pasar Tanah dan Modal... Kuantitas Tanah Kuantitas Modal QQ P P 00 Harga Sewa Tanah Harga Sewa Modal Demand Supply (a) Pasar Tanah(b) Pasar Modal

25 Ekuilibrium Di Pasar Tanah & Modal u Harga sewa tanah maupun modal sama dengan nilai produk marjinalnya. u Tenaga kerja, tanah, dan modal masing-masing menerima nilai kontribusi marjinalnya dalam proses produksi.

26 Keterkaitan AntarFaktor Produksi Faktor-faktor produksi digunakan secara bersamaan:. u Sehingga produktivitas dari suatu faktor produksi sangat dipengaruhi oleh kuantitas ketersediaan faktor-faktor produksi lannya.

27 Keterkaitan AntarFaktor Produksi Perubahan penawaran dari satu faktor produksi akan mempengaruhi pendapatan bagi semua faktor produksi lainnya..

28 Keterkaitan Antar Faktor Produksi Perubahan pendapatan bagi setiap faktor produksi dapat diketahui melalui analisis terhadap perubahan penawaran dengan nilai produk marjinal faktor produksi yang bersangkutan.


Download ppt "Pasar Faktor Produksi: Tanah & Modal Pertemuan 11."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google