Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN BOYOLALI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN BOYOLALI."— Transcript presentasi:

1 UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN BOYOLALI

2 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional : - Pasal 57 : Ayat (1) Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian kualitas pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan; Ayat (2) Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan nonformal. - Pasal 58 ayat (2) : “evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan”.

3 PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan : - Pasal 63 ayat (1) butir c : Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas : penilaian hasil belajar oleh pemerintah. - Pasal 66 ayat (1) : Penilaian hasil belajar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (1) butir c bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok ilmu pengetahuan teknologi dan dilakukan dalam bentuk ujian nasional.

4 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2013 tanggal 18 November 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan Dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan Dan Ujian Nasional; Peraturan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0022/P/BSNP/XI/2013 tanggal 30 November 2013 tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional SMP/MTS,SMPLB,SMA/MA, SMALB, SMK/MAK, Serta Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha, Program Paket C, Dan Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014;

5 Pengertian  Ujian Nasional (UN) adalah penilaian hasil belajar oleh pemerintah yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan  Menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

6 Sebagai salah satu pertimbangan untuk: 1. Pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; 2. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; 3. Penentuan kelulusan peserta didik dari program dan/atau satuan pendidikan; dan 4. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

7  telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu;  memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester I tahun terakhir; dan  memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada Pendidikan Kesetaraan.

8  adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI, Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Pondok Pesantren.

9  Pendidikan kesetaraan adalah pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan setara SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK mencakup Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan.  Peserta terdaftar pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pondok Pesantren yang memiliki izin dan memiliki laporan hasil belajar lengkap.  Memiliki kartu tanda peserta UN pendidikan nonformal dan surat keterangan tidak lulus dari S/M atau bukti telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran di pendidikan formal.  Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setiap derajat kompetensi pada masing-masing jenjang pendidikan kesetaraan satuan pendidikan nonformal.

10  Peserta dari kelompok belajar lainnya yang sejenis (berasal dari “komunitas sekolah rumah”, kelompok belajar lembaga pemasyarakatan, kelompok belajar dinas pendidikan, kelompok belajar kelurahan atau desa) mendaftar pada PKBM, SKB, Pondok pesantren penyelenggara Program ‘Ula, Program Wustha, Program Kulliyatul, Program Tarbiyatul Muallimin yang memiliki izin.  Peserta didik Program Paket A/Ula, Program Paket B/Wustha, Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan dari pendidikan nonformal.  Peserta didik yang pindah jalur dari pendidikan formal ke pendidikan nonformal.

11 a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran; b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas:  kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;  kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;  kelompok mata pelajaran estetika; dan  kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan; c. lulus Ujian S/M/PK untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan d. lulus Ujian Nasional.

12

13  Ditetapkan oleh satuan pendidikan masing- masing untuk 4 (empat) kelompok mata pelajaran:  kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,  kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian,  kelompok mata pelajaran estetika, dan  kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.

14  Kriteria kelulusan peserta didik Ujian S/M/PK untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M/PK.  Ujian S/M/PK dilaksanakan oleh satuan pendidikan sesuai dengan POS Ujian S/M/PK yang ditetapkan oleh satuan pendidikan di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kantor Wilayah Kementerian Agama, dan Kantor Kementerian Agama.  Ujian S/M/PK diselenggarakan sebelum penyelenggaraan UN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.

15  untuk SD/MI/SDLB ditetapkan oleh satuan pendidikan dalam rapat dewan guru dan untuk Program Paket A ditetapkan oleh rapat dewan tutor bersama pamong belajar dari SKB Pembina.  untuk SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/ SMK, Program Paket B, dan Program Paket C apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

16  Nilai Akhir (NA) adalah gabungan antara Nilai Sekolah/Madrasah (Nilai S/M) dengan Nilai Ujian Nasional (Nilai UN)  Bobot nilai akhir (NA) NA = 0,60 UN + 0,40 NS  Dinyatakan Lulus UN SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK, Program Paket B, Program Paket C dan Program Paket C Kejuruan Rata-Rata NA minimum 5,5 dan tidak ada nilai di bawah 4,0 Halama n 16

17  Nilai S/M/PK semua mata pelajaran diserahkan oleh setiap satuan pendidikan kepada BSNP.  Nilai S/M/PK sebagaimana dimaksud di atas untuk SMP/MTs, SMPLB, Program Paket B, SMA/MA, SMALB, SMK, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan diterima oleh BSNP paling lambat tujuh hari sebelum penyelenggaraan UN.  Nilai S/M/PK sebagaimana dimaksud di atas untuk SD/MI, SDLB, dan Program Paket A diterima oleh penyelenggara UN SD/MI, SDLB dan Program Paket A Tingkat Provinsi paling lambat tujuh hari sebelum penyelenggaraan UN.

18 Gabungan antara nilai Ujian Sekolah/Madrasah (bobot 70%) dan rata-rata nilai rapor (bobot 30%) :  semester 7 (tujuh) sampai dengan 11 (sebelas) pada SD/MI dan SDLB;  semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) pada SMP/MTs, dan SMPLB;  semester 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) pada SMA/MA dan SMALB;  semua mata pelajaran yang ditempuh dan diujinasionalkan pada SMP/MTs dan SMA/MA yang menerapkan sistem SKS;  semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) pada SMK.

19 Gabungan antara nilai Ujian PK (bobot 70%) dan rata- rata nilai derajat kompetensi (NDK) (bobot 30%) :  Program Paket A : memiliki nilai rapor derajat 1 sampai 2 atau tingkatan awal sampai dasar.  Program Paket B : memiliki nilai rapor derajat 3 sampai 4 atau tingkatan terampil 1 sampai terampil 2.  Program Paket C : memiliki nilai rapor derajat 5 sampai 6 atau tingkatan mahir 1 sampai mahir 2.  Program Paket C Kejuruan : memiliki nilai rapor derajat 5 sampai 6 atau tingkatan mahir 1 sampai 2.

20

21  SD/MI dan SDLB telah menyelesaikan proses pembelajaran dari kelas I sampai dengan kelas VI;  SMP/MTs dan SMPLB telah menyelesaikan proses pembelajaran dari kelas VII sampai dengan kelas IX;  SMA/MA, SMALB, dan SMK telah menyelesaikan proses pembelajaran dari kelas X sampai dengan kelas XII.  SMP/MTs dan SMA/MA yang menerapkan sistem akselerasi atau sistem kredit semester (SKS) telah menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang dipersyaratkan.  Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan telah menyelesaikan keseluruhan derajat kompetensi masing-masing jenjang program.

22  Sekurang-kurangnya 2 tahun berada atau mengikuti proses pembelajaran  Dan …….

23

24 KEGIATANTP. 2012/2013TP. 2013/ Ujian SD/MI, SDLB, Paket A/Ula Ujian Nasional (Penyelenggara UN : BSNP bekerjasama dengan Pemerintah dan Satpen) Ujian Sekolah (US) merupakan kewenangan Pemerintah dan Satpen (PP No. 32 Tahun 2013) 2.Kepanitiaan UN Tidak ada unsur dari LPMPAda unsur LPMP 5. Kriteria Kelulusan Bobot Rata-rata Nilai Rapor : 40 % dan Nilai US/M : 60 % Bobot Rata-rata Nilai Rapor: 70 % dan Nilai US/M : 30 % 6. Penetapan Sek/Mad Pelaksana UN Panitia Penyelenggara UN Tingkat Provinsi Penetapan Sek/Mad (Satpen) Pelaksana UN : - Pelaksana UN Prov. Koordinasi dg Kota/Kab. dalam menetap- kan Satpen Pelaksana UN. - Pelaksana UN Kota/Kab menetapkan Satpen Pelaksana UN. 4. Jadwal Pelaksanaan Ujian Teori Kejuruan SMK : hari ke 4 setelah mapel normatif dan adaptif Ujian Teori Kejuruan dan Ujian Praktik Kejuruan dilakanakan paling lambat 14 Maret Kisi-kisi Soal UN Kisi-kisi Soal UN TP. 2012/2013 (Peraturan BSNP No. 0019/P/BSNP/XI/2012)

25 KEGIATANTP. 2012/2013TP. 2013/ Penetapan Pengawas Ruang UN Pengawas Ruang UN SMP/ MTs oleh Kota/Kab Pengawas Ruang UN SMA/ MA, SMK oleh Perguruan Tinggi Pengawas Ruang UN SMP/ MTs oleh Kota/Kab dan disampaikan ke LPMP Pengawas Ruang UN SMA/MA, SMK oleh Kota/Kab dan disampaikan ke Perguruan Tinggi 8. Penggandaan Bahan (Soal) UN - Penggandaan Bahan (Soal) UN dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Tingkat Pusat. - Pengawasan penggandaan dan pendistribusian ke kota/kab oleh Perguruan Tinggi. - Penggandaan dan Pendistribusian Bahan (Soal) UN dilakukan dengan sistem regional. - Penggandaan dan Pendis- tribusian Bahan UN SMA/ MA, SMALB, SMK, dan Paket C dilakukan oleh Percetakan dibawah Koordinasi Panitia Regional, Pelaksana UN Provinsi, Pelaksana UN Kota/Kab dan diawasi oleh Perti dan Polri. 4

26 KEGIATANTP. 2012/2013TP. 2013/ Penggandaan dan Pen- distribusian Bahan UN SMP/MTs, SMPLB, dan Paket B/Wustha dilaku- kan oleh Percetakan dibawah Koordinasi Panitia Regional, Pelaksana UN Provinsi, Pelaksana UN Kota/Kab dan diawasi oleh LPMP dan Polri. 9. Pengiriman LJUN LJUN SMA/MA, SMK dan LJUNPK Paket C dikumpulkan dan dikirim oleh Pengawas Satuan Pendidikan dari Perguruan Tinggi (PT) dan didampingi Petugas dari Dinas Pendidikan Kab/Kota. LJUN SMA/MA, SMK dan Paket C disampaikan ke Perti oleh Pengawas Satuan Pendidikan dari Perguruan Tinggi (PT) tanpa didampingi Petugas dari Dinas Pendidikan Kota/Kab. 5

27

28 Pusat 1.BSNP 2.Kemdikbud 3.Kemenag 4.MR-PTN Pusat 1.BSNP 2.Kemdikbud 3.Kemenag 4.MR-PTN Provinsi 1.Gubernur 2.Dinas Pendidikan 3.Kanwil Kemenag 4.PT 5.Instansi Terkait dengan pendidikan keahlian. Provinsi 1.Gubernur 2.Dinas Pendidikan 3.Kanwil Kemenag 4.PT 5.Instansi Terkait dengan pendidikan keahlian. Kab/Kota 1.Bupati/Walikota 2.Dinas Pendidikan 3. Kantor Kemenag 4. PTN. Kab/Kota 1.Bupati/Walikota 2.Dinas Pendidikan 3. Kantor Kemenag 4. PTN. Satuan Pendidikan 1.PT 2.Kepala Sekolah/Mad 1.Guru 2.Tutor Satuan Pendidikan 1.PT 2.Kepala Sekolah/Mad 1.Guru 2.Tutor Catatan: Rincian tugas masing-masing Penyelenggara UN Tingkat Provinsi, Kab/Kota, dan Satuan Pendidikan dapat dibaca di POS UN Tahun Pelajaran 2013/2014

29  Melakukan koordinasi, pengawasan, keamanan, kerahasiaan Pelaksanaan UN.  Menjamin objektivitas dan kredibilitas, akuntabilitas pelaksanaan UN.

30 NoHARI DAN TANGGALMAPELAlokasi waktu /JUMLAH SOAL 1.UN : Senin, 5 Mei 2014 UN Susulan : Senin, 12 Mei 2014 Bahasa Indonesia120 menit/ 50 Soal 2.UN : Selasa, 6 Mei 2014 UN Susulan : Selasa,13 Mei2014 Matematika120 menit/ 40 Soal 3.UN : Rabu, 7 Mei 2014 UN Susulan : Rabu, 14 Mei 2014 Bahasa Inggris120 menit/ 50 Soal 4.UN : Kamis, 8 Mei 2014 UN Susulan : Kamis,15 Mei 2014 IPA120 menit/ 40 Soal

31 NoHARI DAN TANGGAL Periode I Periode II MAPELAlokasi waktu 1.Senin Selasa 5 Mei Agustus 2014 Bahasa Indonesia PKn – – Selasa Rabu 6 Mei Agustus 2014 Matematika IPS – – Rabu Kamis 7 Mei Agustus 2014 Bahasa Inggris IPA – – 18.00

32 NoKEGIATANKABUPATENPenanggungjawab 1.Pendataan Pesertas.d. 15 Februari 2014Disdikpora 2.Pengiriman DNT28 Februari 2014Dinas Propinsi 3.Pengiriman Nilai US/M SMP/MTS, nilai UAPK dan Paket B/ Wustha ke Pusat Terakhir 1 April 2014Dinas Propinsi 4.UN Utama UN Susulan 5-8 Mei Mei 2014 Disdikpora 5.Pengumuman Ujian13 Juni 2014Dinas Propinsi 6.UJIAN SEKOLAH + PRAKTIK BERDASARKAN MUSYAWAH DI MKKS

33 1. Pengurus Pokja segera menyusun draf Pengawas UN di tingkat Pokjanya (dikumpulkan ke Bidang SMP paling lambat minggu ke I bulan Maret 2014 untuk dibuatkan SK Kepala Disdikpora) 2. Mulai menyiapkan perangkat Admin UN dilengkapi: a. POS UN b. POS US c. Kisi-kisi UN d. Permendikbud No. 97 Tahun 2013 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/PK dan UN

34 1. Sub Rayon 1: SMPN 4 Mojosongo 2. Sub Rayon 2: SMP N 5 Boyolali 3. Sub Rayon 3: SMP N 1 Banyudono 4. Sub Rayon 4: SMPN 1 Simo 5. Sub Rayon 5: SMPN 1 Andong 6. Sub Rayon 6: SMPN 1 Karanggede 7. Sub Rayon 7: SMPN 1 Wonosegoro

35 NoKEGIATANKABUPATENPROPINSI 1.LCC Februari 2014Maret OSN8 Maret April FLS2NMei 2014Juni LPIR30 Agustus 2014Nas. 29 Sep O2SNMei 2014 Juni Cipta Seni Rumpun dan Bahasa Siswa Berprestasi Sekolah Sehat Mei 2014 Maret 2014 Juni 2014 September Mei 2014 September 2014

36


Download ppt "UJIAN SEKOLAH/MADRASAH/PENDIDIKAN KESETARAAN DAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN BOYOLALI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google