Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STATISTIKA INDUSTRI I PENYAJIAN DATA TIP-FTP-UB. Penyajian Data Data yang telah dikumpulkan, baik yang berasal dari populasi maupun sampel, untuk keperluan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STATISTIKA INDUSTRI I PENYAJIAN DATA TIP-FTP-UB. Penyajian Data Data yang telah dikumpulkan, baik yang berasal dari populasi maupun sampel, untuk keperluan."— Transcript presentasi:

1 STATISTIKA INDUSTRI I PENYAJIAN DATA TIP-FTP-UB

2 Penyajian Data Data yang telah dikumpulkan, baik yang berasal dari populasi maupun sampel, untuk keperluan pembuatan pelaporan atau untuk dianalisis, perlu diatur, disusun dan disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami.

3 Cara Penyajian Data Penyajian data dalam bentuk tabel/daftar Penyajian data dalam bentuk diagram

4 Beberapa jenis tabel yang banyak digunakan untuk penyajian data Tabel Baris Kolom Tabel Kontingensi Tabel Frekuensi

5 Tabel Baris Kolom Dipakai untuk menyajikan data yang sederhana, yang biasanya terdiri dari satu variabel saja. Contoh TahunGaris Kemiskinan (Rp/desa) Banyak Penduduk Miskin di desa (juta jiwa) Garis Kemiskinan (Rp/kota) Banyak Penduduk Miskin di kota (juta jiwa)

6 Tabel Kontingensi Untuk data yang terdiri dari dua variabel (faktor), dapat dibuat tabel kontingensi. Bila faktor pertama terdiri dari a kategori dan faktor kedua terdiri dari b kategori, maka tabelnya disebut tabel kontingensi a x b, dengan a menyatakan banyak baris dan b menyatakan banyak kolom. Format umum: Berikan contoh tabel kontingensi untuk penyajian data dalam bidang industri pertanian/pertanian

7 Tabel Frekuensi Jika data kuantitatif dikelompokkan menjadi beberapa kategori (golongan), maka akan diperoleh tabel distribusi frekuensi. Tabel distribusi frekuensi dapat berupa tabel frekuensi data tunggal dan tabel frekuensi data bergolong. Contoh tabel frekuensi data bergolong

8 Beberapa diagram yang banyak digunakan dalam penyajian data: Diagram Batang-Daun (stem-leaf chart) Diagram Garis (line chart) Diagram Lingkaran (pie chart) Diagram Batang (bar chart) Histogram

9 Diagram Batang Daun (stem-leaf chart) Dipakai untuk menyajikan data dalam bentuk urutan. Contoh Data nilai mata kuliah Statistika Industri I dari 15 mahasiswa Pada diagram batang daun, angka-angka puluhan merupakan batangnya, angka-angka satuan yang belum terurutkan merupakan daun kiri, sedangkan angka-angka satuan yang sudah terurutkan merupakan daun kanan. Buat diagram batang daun dari data tersebut diatas

10 Diagram Garis (line chart) Diagram garis ditunjukkan oleh pasangan bilangan yang disajikan oleh titik-titik pada bidang bilangan. Contoh Berikut data kandungan albumin pada sampel darah seseorang dengan 10 kali pemeriksaan menggunakan metode yang sama. Buat diagram garisnya

11 Diagram Lingkaran (pie chart) Sebuah perusahaan pembuat software game ingin mengetahui jenis-jenis game apa yang paling digemari dengan mendata jumlah penjualan masing- masing jenis game. Diperoleh chart sebagai berikut. Apa yang dapat disimpulkan dari diagram lingkaran tersebut?

12 so, when are pie charts useful?

13 Diagram Batang (bar chart) Dalam bar chart, setiap bar merepresentasikan setiap kategori, dan panjang dari setiap bar mengindikasikan nilai dari setiap kategori. Nilai dari setiap kategori dapat merupakan frekuensi atau persentase.

14 Histogram Untuk data yang penyajiannya dalam bentuk tabel frekuensi data bergolong, maka digunakan histogram.

15 Warning! Perhatikan tabel laba sebuah perusahaan selama 6 bulan terakhir di bawah ini Ternyata bisa terdapat interpretasi yang berbeda terhadap data tersebut!


Download ppt "STATISTIKA INDUSTRI I PENYAJIAN DATA TIP-FTP-UB. Penyajian Data Data yang telah dikumpulkan, baik yang berasal dari populasi maupun sampel, untuk keperluan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google