Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

©The McGraw-Hill Companies, Inc. 2008McGraw-Hill/Irwin Mendeskripsikan Data: Tabel frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Grafik Chapter 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "©The McGraw-Hill Companies, Inc. 2008McGraw-Hill/Irwin Mendeskripsikan Data: Tabel frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Grafik Chapter 2."— Transcript presentasi:

1 ©The McGraw-Hill Companies, Inc. 2008McGraw-Hill/Irwin Mendeskripsikan Data: Tabel frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Grafik Chapter 2

2 2 Tujuan Mengatur data kualitatif ke dalam sebuah tabel frekuensi. Menggambarkan tabel frekuensi dalam bentuk bagan balok (bar chart) atau bagan bulat (pie chart). Mengatur data kuantitatif ke dalam sebuah tabel frekuensi. Menggambarkan distribusi frekuensi data kuantitatif menggunakan histograms, frequency polygons, and cumulative frequency polygons.

3 3 Bagan Batang (Bar Charts)

4 4 Bagan Bulat (Pie Charts)

5 5 Pie Chart Menggunakan Excel

6 6 Distribusi Frekuensi Distribusi Frekuensi adalah mengelompokan data ke dalam kategori-kategori masing-masing yang menunjukan jumlah observasi disetiap kelas.

7 7 Tabel Frekuensi

8 8 Frekuensi Kelas Relatif Frekuensi kelas dapat diubah menjadi frekuensi kelas relatif untuk menunjukkan fraksi jumlah total observasi di setiap kelas. Frekuensi relatif menangkap hubungan diantara total kelas dan jumlah total observasi.

9 9 Frequency Distribution Titik Tengah Kelas: Titik yang membagi kelas ke dalam dua bagian yang sama. Titik ini merupakan rata-rata dari batas atas dan batas bawah kelas. Frekuensi Kelas: Jumlah observasi di setiap kelas. Interval Kelas: Interval kelas diperoleh dengan mengurangkan batas bawah kelas dari batas bawah kelas berikutnya.

10 10 EXAMPLE – Membuat Tabel Distribusi Frekuensi Ms. Kathryn Ball dari AutoUSA ingin membuat tabel, bagan, dan gambar untuk menunjukan tipe harga penjualan pada berbagai kelompok dealer. Tabel di seblah kanan berikut menunjukan harga 80 kendaraan yang terjual bulan lalu di Whitner Autoplex.

11 11 Membangun Tabel Frekuensi - Contoh Step 1: Tentukan jumlah kelas. formula yang digunakan untuk menentukan jumlah kelas (k) adalah 2 k > n. terdapat 80 kendaraan terjual. Sehingga n = 80. Jika kita coba k = 6, yang artinya kita akan menggunakan 6 kelas dan 2 6 = 64, lebih kecil dari 80. jasi, 6 kelas tidak cukup. Jika k = 7, maka , lebih besar dari 80. jadi jumlah kelas yang disarankan adalah 7. Step 2: menentukan interval atau lebar kelas. formulanya adalah : i  (H-L)/k dimana i adalah interval kelas, H adalah nilai observasi tertinggi, L adalah nilai observasi terendah dan k adalah jumlah kelas. ($35,925 - $15,546)/7 = $2,911

12 12 Step 3: Tetapkan batas kelas individual Membangun Tabel Frekuensi - Contoh

13 13 Step 4: Catat harga penjualan kendaraan ke dalam masing-masing kelas. Step 5: Hitung jumlahnya di setiap kelas. Membangun Tabel Frekuensi - Contoh

14 14 Distribusi Frekuensi Relatif Untuk mengubah distribusi frekuensi menjadi distribusi frekuensi relatif, frekuensi setiap kelas dibagi dengan jumlah total observasi.

15 15 Penyajian Grafis dari Distribusi Frekuensi Terdapat tiga bentuk grafik yang digunakan secara umum yaitu: Histograms Frequency polygons Cumulative frequency distributions

16 16 Histogram Histogram untuk suatu distribusi frekuensi berdasarkan pada data kuantitatif yang sangat mirip dengan bagan batang (bar chart) yang menunjukkan distribusi data kualitatif. Kelas ditandai pada sumbu horizontal dan frekuensi kelas di sumbu vertikal. Frekuensi kelas ditunjukkan oleh ketinggian batang.

17 17 Histogram Menggunakan Excel

18 18 Frequency Polygon Frequency polygon juga menunjukkan bentuk distri busi yang mirip dengan histogram. Terdiri dari ruas garis yang menghubungkan titik yang dibentuk dari titik potong titik tengah kelas dan frekuensi kelas.

19 19 Cumulative Frequency Distribution

20 20 Cumulative Frequency Distribution

21 21 Selesai


Download ppt "©The McGraw-Hill Companies, Inc. 2008McGraw-Hill/Irwin Mendeskripsikan Data: Tabel frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Grafik Chapter 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google