Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Model/Metode Pembelajaran pkn. Pendekatan Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran Strategi Serangkaian rencana, metode, dan perangkat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Model/Metode Pembelajaran pkn. Pendekatan Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran Strategi Serangkaian rencana, metode, dan perangkat."— Transcript presentasi:

1 Model/Metode Pembelajaran pkn

2 Pendekatan Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran Strategi Serangkaian rencana, metode, dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk tujuan tertentu (a plan of operation achieving something). Metode Upaya untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan yang nyata untuk mencapai tujuan secara optimal. (a way in achieving something). Teknik Cara-cara operasional untuk melaksanakan metode pembelajaran

3 Model Pembelajaran: Suatu rencana atau pola yang dapat digunakan dalam kegiatan pembe- lajaran. Pemilihan model pembelajaran harus sesuai dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

4 Ciri-ciri Model Pembelajaran: 1.Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar; 2.Mempunyai tujuan pendidikan tertentu; 3.Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas; 4.Bagian2 model terdiri atas: (a) urutan langkah- langkah pembelajaran (syntax); (b) prinsip- prinsip reaksi; (c) sistem sosial; dan (d) sistem pendukung. 5.Memiliki dampak pembelajaran: (a) instructional effects, (b) nurturant effects. 6.Adanya rencana persiapan mengajar (instructional design).

5 Pendekatan pembelajaran Berpusat pada Guru (Teacher centred approaches) Berpusat pada siswa (Student centred approaches)

6 Strategi Pembelajaran Rangkaian kegiatan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan sumber daya pembelajaran Strategi disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran

7 Apakah strategi pembelajaran itu? Menurut T. Rakajoni, strategi pembelajaran merupakan pola dan urutan umum perbuatan guru-siswa dalam mewujudkan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Jadi strategi pembelajaran meliputi rencana, metode, dan perangkat kegiatan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

8 Faktor2 yang mempengaruhi strategi dan metode pembelajaran Tujuan pembelajaran; Materi pembelajaran; Karakteristik siswa Fasilitas Pembelajaran; Alokasi waktu kegiatan belajar; Guru.

9 NoModelPenjelasan 1Interaksi Sosial Menitikberatkan pada hubungan harmonis antara individu dengan masyarakat 2Pemrosesan Informasi Berorientasi pada kemampuan siswa dalam memproses informasi untuk memperbaiki kemampuannya. 3PersonalBerorientasi pada pengembangan diri individu 4Modifikasi Tingkahlaku Mengembangkan sistem yang efisien dengan mengurutkan tugas-tugas belajar siswa dan membentuk tingkahlaku dengan cara memberikan penguatan (reinforcement).

10 NoModelStrategi/metode pembelajaran 1Interaksi Sosial Kerja kelompok, pemecahan masalah sosial, bermain peran, simulasi sosial. 2Pemrosesan Informasi Latihan inquiry, induktif, pembentukan konsep, pengembangan diri. 3PersonalPembelajaran non-direktif (utk membentuk kemampuan/pengembangan diri), latihan kesadaran, sinetik (utk mengembangkan kreatifitas siswa). 4Modifikasi Tingkahlaku Penjabaran tugas-tugas yang harus dipelajari siswa lebih efisien dan berurutan.


Download ppt "Model/Metode Pembelajaran pkn. Pendekatan Titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran Strategi Serangkaian rencana, metode, dan perangkat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google