Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembelajaran dari Rencana Pembangunan di bidang Energi Workshop “Upaya Mengentaskan Kemiskinan Energi di Indonesia: Hambatan dan Solusi” Jakarta, 7 Juni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembelajaran dari Rencana Pembangunan di bidang Energi Workshop “Upaya Mengentaskan Kemiskinan Energi di Indonesia: Hambatan dan Solusi” Jakarta, 7 Juni."— Transcript presentasi:

1 Pembelajaran dari Rencana Pembangunan di bidang Energi Workshop “Upaya Mengentaskan Kemiskinan Energi di Indonesia: Hambatan dan Solusi” Jakarta, 7 Juni 2012 Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

2 Energi dan Ekonomi  Energi adalah “mesin” pertumbuhan ekonomi. GDP (agregat) Indonesia sekarang no. 17 di dunia, namun GDP/Capita kita masih relatif rendah.  Agar ekonomi dapat tumbuh (GDP membesar) lebih banyak energi harus disediakan.  Konsumsi energi perkapita Indonesia masih sangat rendah. Untuk mencapai tingkat kemakmuran tertentu (tidak miskin secara ekonomi), dibutuhkan tingkat konsumsi energi per kapita tertentu.

3 Energi dan Indeks Pembangunan Manusia  Bukan hanya ekonomi yang mengharuskan pasokan energi memadai, tapi juga juga kegiatan pembangunan manusia secara keseluruhan (dicerminkan dalam HDI)  HDI Indonesia sekarang no. 124 di dunia, atau masih sangat buruk. Untuk mencapai tingkat HDI yang lebih baik, Indonesia membutuhkan energi lebih banyak.  Pasokan energi harus diamankan, “kemiskinan energi” dikurangi!

4  Konsumsi energi perkapita Indonesia termasuk yang masih sangat rendah ( masih miskin energ i). Ini pun masih terdistribusi secara tidak merata, dengan Jawa memiliki konsumsi energi/kapita terbesar. Banyak wilayah masih sangat miskin energi. Konsumsi Energi/Kapita: Perbandingan By region?

5 Perencanaan energi INDONESIA: Situasi “Kemarin”  Target “jelas”, relatif mudah dicapai (contoh listrik desa)  Permintaan terhadap energi relatip tidak besar, belum meningkat cepat.  Konflik permintaan DN dan LN tidak besar (contoh gas).  Mengandalkan perencanaan terpusat (sentralisasi).  Perencanaan dan penganggaran terkait erat.  Peranan BUMN Energi sangat besar.  Peranan Pemerintah (Daerah) kecil  Target “jelas”, relatif mudah dicapai (contoh listrik desa)  Permintaan terhadap energi relatip tidak besar, belum meningkat cepat.  Konflik permintaan DN dan LN tidak besar (contoh gas).  Mengandalkan perencanaan terpusat (sentralisasi).  Perencanaan dan penganggaran terkait erat.  Peranan BUMN Energi sangat besar.  Peranan Pemerintah (Daerah) kecil

6 INDONESIA : Situasi “Sekarang”  Otonomi Daerah: aspirasi terhadap energi meningkat.  Medan makin sulit (pelosok, pulau terpencil), permintaan energi meningkat.  Deregulasi industri energi: UU Energi, UU Listrik, UU Panas Bumi  transformasi menuju ke sistem baru berjalan lambat.  Kaitan perencanaan dan penganggaran melemah.  Peranan Pemda dituntut.  Ada peluang-peluang baru: program-program Poverty, Climate Change, dll.  Otonomi Daerah: aspirasi terhadap energi meningkat.  Medan makin sulit (pelosok, pulau terpencil), permintaan energi meningkat.  Deregulasi industri energi: UU Energi, UU Listrik, UU Panas Bumi  transformasi menuju ke sistem baru berjalan lambat.  Kaitan perencanaan dan penganggaran melemah.  Peranan Pemda dituntut.  Ada peluang-peluang baru: program-program Poverty, Climate Change, dll. Ke depan: Permintaan energi makin meningkat, medan makin sulit, investasi/MTOE makin besar … Perencanaan dan kordinasi makin rumit?

7 Usulan Solusi (Strategis) Percepat penyusunan RUEN – RUED Perkuat hubungan Pusat-Daerah dalam penyusunan dan implementasi rencana pembangunan energi: Kerja Sama Peningkatan Kapasitas (termasuk masyarakat) Manfaatkan isu-isu strategis yang sedang berkembang di dunia: Climate Change, Poverty, Millenium Development Goals, SEFA (?) Manfaatkan peluang yang ada dalam APBN: DAK CSR untuk pembangunan energi lokal? “Subsidy shifting”: Jawa ke luar Jawa, kaya energi ke miskin energi. APBN: prioritas untuk wilayah miskin energi Prioritas sumber energi lokal.

8 Discover the wonders of natural gas Terima kasih atas perhatian Anda …


Download ppt "Pembelajaran dari Rencana Pembangunan di bidang Energi Workshop “Upaya Mengentaskan Kemiskinan Energi di Indonesia: Hambatan dan Solusi” Jakarta, 7 Juni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google