Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bani Umayah dan Khalifah Muawiyah Prepared by: Deden Edi Soetrisna (DES) Desember 2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bani Umayah dan Khalifah Muawiyah Prepared by: Deden Edi Soetrisna (DES) Desember 2011."— Transcript presentasi:

1 Bani Umayah dan Khalifah Muawiyah Prepared by: Deden Edi Soetrisna (DES) Desember 2011

2 Sejarah singkat Muawiyah Muawiyah dilahirkan dari keluarga hartawan dan pedagang besar yang menguasai perekonomian hampir seluruh semenanjung Arabia. Ayahnya bernama Abu Sufyan. Abu Sufyan inilah yang menjadi panglima besar kafir Quraisy pada perang Uhud, Khandaq dan pemimpin pemerintahan sampai Mekah dibebaskan oleh Rasulullah.

3 Ibunya bernama Hindun bin Utbah, seorang wanita lincah, cekatan yang mempunyai andil besar dalam membantu suami di perang Uhud. Pada waktu perang Badar, Hindun kehilangan ayah, paman, saudara dan puteranya. Untuk menuntut bela terhadap keluarganya itu, ia mengupah Wahsyi sebagai pembunuh bayaran untuk membunuh dan mengambil jantung Hamzah paman Nabi dan syahid agung untuk dimakannya mentah-mentah. Usaha menuntut bela ini dapat dicapainya. Sejarah singkat Muawiyah

4

5 Abdul Azis Gubernur Mesir Harb Abu Sofyan Yazid Gubernu syria Muawiyah I Yazid Muawiyah II Ummi Kultsum Affan Ustman Abdul Malik Abdul al Ash Al Hakam Marwan I Al Walid Marwan IIYazid IIIIbrahim Yazid II Al Walid II Hisyam Abdurrahman I Emir di Cordoba Umar II Muhammad Sulayman UMMAYA Muawiyah Khalifah Bani Umayah Berkuasa selama 80 tahun

6 Khalifah Bani Umayah Muawiyah( ) Yazid(680 – 683) Muawiyah II(683 – 683) Marwan( ) Abdul Malik(685 – 705) A Walid(705 – 715) Sulayman(715 – 717) Umar II( ) Yazid II( ) Hisham( ) Al Walid( ) Yazid III(744) Ibrahim(744) Marwan II( )

7 Setelah Muawiyah masuk Islam Setelah Mekah dibebaskan, bersamaan dengan ayahnya ia pun masuk Islam di usia 23 tahun. Setelah masuk Islam, ia menjadi salah seorang sekretaris Rasulullah saw. Ia pun ikut perang Hunain dan dengan gagah berani memperlihatkan keperwiraannya sebagai seorang putera bekas panglima dan mendapat pembagian rampasan perang bersama ayahnya melebihi yang lain karena keduanya masih muallaf (orang yang baru masuk Islam). Sebagai perawi hadist lebh dari 100 hadist yg diriwayatkan oleh Muawiyah.

8 Muawiyah di Masa Khalifah Abubakar Asy Syidid Di zaman Khilafah Abubakar ra, ia ikut bertempur melawan Romawi di Syam (Damsyiq) di bawah pimpinan kakaknya Yazid bin Abu Sofyan. Ketika Yazid wafat, Muawiyah mengambil alih pimpinan pemerintahan dan kemudian oleh Khalifah Abubakar ra ditetapkan, menjadi wali negeri Syam sebagai pengganti kakaknya itu.

9 Benteng Hims yang ditaklukan tentara Islam

10 Benteng Romawi yang ditaklukan tentara Islam di Damascus

11 Muawiyah di Masa Khalifah Umar bin Khatab Pada masa Khalifah Umar Ibnul Khatthab ra, ia masih menjadi wali negeri Damsyiq sebelumnya dijabat oleh Yazid bin Abu sofyan. Ketika Khalifah Umar ra meninjau Syam, beliau mendapatkan Muawiyah di Istananya yang sangat mewah; Umar berkata, “Ini adalah Kisra (Kaisar) Arab!” Tidak lama setelah itu, karena berbagai alasan, Umar memberhentikan dari jabatannya dan Said bin Amir pelopor hidup sederhana menggantikan Muawiyah.

12 Peta lokasi old Damascus

13 Salah satu pintu old Damascus

14 Salah satu pintu masuk old damascus di wilayah kristen

15 Muawiyah masa Khalifah Ustman Bin Afan Pada masa Khalifah Utsman, Muawiyah diangkat kembali menjadi wali negeri seluruh Syria, termasuk Palestina dengan otonomi khusus. Banyak pengaduan rakyat kepada Khalifah Utsman tentang tindakan wali negeri ini, termasuk keberandalan puteranya. Akan tetapi sebagian besar surat pengaduan itu tidak disampaikan kepada Khalifah oleh sekretaris beliau yang bernama Marwam (saudara sepupu Muawiyah). Atas pengkhianatan Marwam inilah timbulnya pemberontakan dan terbunuhnya Khalifah Utsman.

16 Muawiyah tidak pernah mengakui kekhalifahan Ali bin Abi Thalib Melakukan provokasi untuk menuntut kematian Khalifah Usman bin Afan Melawan Khalifah Ali bin Abi thalib melalui perang siffin Muawiyah masa Khalifah Ali bin Abu Thalib

17 Masa Pemerintahan Khalifah Muawiyah (661 – 680 M)

18

19 Masjid Muayat I (Damascus)

20 Masjid Muayat II di Allepo

21 Makam Ubaidillah bin jarra di damascus

22 Perkampungan di Damascus

23

24 Rock of The Dome yang didirikan oleh Abdul Malik bin Marwan (Bani Umayah – 5)

25

26 Pemindahan kekuasaan dari Hasan Hasan bin Ali, berkuasa selama 6 bulan sepeninggalan Imam Ali dan kemudian diserahkan ke Muawiyah, dengan beberapa perjanjian. 1.Setelah muawiyah meninggal, khalifah diserahkan ke Umat Islam. 2.Muawiyah harus menyerahkan sebagian harta baitul mall sebagai bentuk perjanjian. 3.Muawiyah tidak boleh memaki bapaknya dan keluarganya. 4.Muawiyah harus menyerahkan pajak bumi dari persia dan daerah Dar Ibjirad kepada hasan setiap tahun. 5.Muawiyah tidak menarik sesuatu dari penduduk madinah, hijaz, dan irak, karena hai ini telah menjadi kebijakan ayahnya. Muawiyah memindahkan pusat pemerintahan ke Damascus

27 Basis Pemerintahan Muawiyah

28 Masa Pemerintahan Khalifah Muawiyah (661 – 680 M)

29 Kebijakan Pemerintahan Muawiyah 1.Mendirikan Lembaga Pengawalan Khalifah (Diwanul Hijabah) - Protokoler Khalifah 2.Membentuk Lembaga Kesekretariatan Khalifah (Dianul Khatam) - Membuat cap dan pencatatan kebijakan negara 3. Membentuk Lembaga Pos (Diwanul Barid) 4. Membentuk Lembaga Keunagan Khalifah (Semacam Bank Indonesia) (pencetakan mata uang/romawi  Abdul Malik bin Marwan) Uang Resmi Khalifah. 5. Membentuk Lembaga Pajak (Shahibul Kharraj)

30 Era Perluasan Daerah

31 Kekuasaan Bani Umayah

32 Makam Muawiyah bin Abu Sofyan di Damascus

33 TERIMA KASIH


Download ppt "Bani Umayah dan Khalifah Muawiyah Prepared by: Deden Edi Soetrisna (DES) Desember 2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google