Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JMS - HP 081315746066 INGAT DAN KUDUSKANLAH HARI SABAT HARI SABAT TELAH DI SALIPKAN? Keluaran 20 : 8 – 11 Oleh : J. M. Situmorang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JMS - HP 081315746066 INGAT DAN KUDUSKANLAH HARI SABAT HARI SABAT TELAH DI SALIPKAN? Keluaran 20 : 8 – 11 Oleh : J. M. Situmorang."— Transcript presentasi:

1 JMS - HP INGAT DAN KUDUSKANLAH HARI SABAT HARI SABAT TELAH DI SALIPKAN? Keluaran 20 : 8 – 11 Oleh : J. M. Situmorang

2 JMS - HP Johanes 14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 21 Barangsiapa memegang perintah- Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa- Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Johanes 14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 21 Barangsiapa memegang perintah- Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa- Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Perlu kita ingat bahwa penurutan terhadap Firman Allah/Perintah Allah bukan supaya kita diselamatkan, tetapi kita menurut Firman Allah karena kita mengasihi Allah dimana kita telah diselamatkan oleh kasih karunia melalui iman (Efesus 2:8-10). “TIDAK MENURUT FIRMAN ALLAH PERTANDA KITA TINGGAL DALAM PERBUATAN DOSA DAN TIDAK MENGASIH ALLAH”

3 JMS - HP Mintalah tuntunan Rohul Kudus melalui berdoa sebelum membacanya. Biarkan Alkitab itu sendiri menafsirkan ayat alkitab itu. Bila anda mendapat satu ayat yang sulit dimengerti baca seluruh pasalnya serta lihat referensi ayat yang ada di footnote. Jangan menafsirkannya menurut kehendak kita atau menurut ajaran tradisi atau agama kita. Ambil bible dictionary bila perlu. Perlu diingat dalam mempelajari firman Tuhan sebagai berikut: Firman Tuhan tidak pernah berobah – obah sebelun dan sesudah kedatangan Yesus.

4 JMS - HP Laba-laba berkaki 6 atau 8? Kesimpulannya : Pendapat manusia boleh saja salah namun apa kata firman Tuhan pasti benar. Dulu, sekitar tahun 350 SM ahli fisafat Yunani purba Aristotle pernah mengatakan bahwa seekor laba-laba mempunyai enam kaki, dan tidak ada orang yang meragukan pengetahuan Aristotle agung ini. Jikalau ia mengatakan laba-laba mempunyai enam kaki, maka laba- laba mempunyai enam kaki. Kira-kira 20 abad kemudian ahli ilmu hayat Lamarck dengan dalam meneliti seekor laba-laba. Alangkah mengejutkan! Ia menemukan bahwa laba-laba mempunyai delapan kaki, dan bahwa laba-laba bukanlah kelompok insects (berkaki enam) tetapi termasuk kelompok nids (berkaki delapan) seperti kalajengking.

5 JMS - HP Sekarang ini begitu banyak pendapat manusia tentang Sabat - apa kata Alkitab ? Hari Perhentian Yang Benar Apabila kita membuka sejarah Alkitab, kita mendapati bahwa Allah menentukan suatu waktu khusus sebagai saat persekutuan antara Dia sendiri dan umat manusia. Marilah kita kembali ke zaman sebelum Lanmarck, Aristotle, ke minggu penciptaan. “Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuatNya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuatNya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.” Kejadian 2:2, 3.

6 JMS - HP Allah mempercayakan kepada 40 orang penulis seluruh isi alkitab dari buku kejadian hingga buku Wahyu, kecuali : Hukum tersebut terbagi dua bagian : 1.Hukum I - IV - Kasih kepada Allah 2.Hukum V - X - Kasih kepada Manusia 10 hukum ditulis oleh jari Allah sendiri - Kel 31:18, Ul 9:10 Jak 2 :10-12 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya. Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga. Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang.

7 JMS - HP HUKUM TAURAT ALLAH WUJUDNYA ADALAH KASIH Matius 22: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?“ 37.Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39.Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 40.Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

8 JMS - HP Keluaran 20:3-17 – 10 hukum Taurat (Moral) I.Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. II.Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. …… III.Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, …. IV.Ingatlah IV.Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, …... Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. Kasih kepada Allah=hukum I - IV

9 JMS - HP Keluaran 20:12-17 V.Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. VI.Jangan membunuh. VII.Jangan berzinah. VIII.Jangan mencuri. IX.Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. X.Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu." Kasih kepada Manusia=hukum V-X

10 JMS - HP ALLAH DAN 10 HUKUM TAURAT ALLAH 1.Rohani (Yoh 4:24) 2.Kasih (1Yoh 4:8) 3.Kebenaran (Yoh 14:6) 4.Benar(1 Kor 1:30) 5.Kudus(Yes 6:3) 6.Sempurna(Mat 5:48) 7.Kekal (Yak 1:17) 8.Baik(Luk 18:19) 9.Adil(Ul 32:4) 10.Suci(1 Yoh 3:3) 11.Tidak berobah (Mal 3:6) 10 HUKUM-NYa Kel 20:3-17) 1.Rohani (Rom 7:14) 2.Kasih (Mat 22:37-40) 3.Kebenaran (Maz 119:142) 4.Benar (Maz 19:10) 5.Kudus(Rom 7:12) 6.Sempurna(Maz 19:8) 7.Tetap(Maz 111:7-8) 8.Baik(Rom 7:12) 9.Adil(Rom 7:12) 10.Suci(Maz 19:9) 11.Tidak berobah (Mat 5:18) 10 hukumNya adalah sifat/tabiatNya

11 JMS - HP Joh 3:4. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. Joh 14:15,21 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Perlu kita ingat bahwa penurutan terhadap Hukum/Perintah Allah bukan supaya kita diselamatkan, tetapi kita menurut Firman Allah karena kita mengasihi Allah dimana kita telah diselamatkan oleh kasih karunia melalui iman Efesus 2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, Roma 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

12 JMS - HP Johanes 2:3-6. Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. 4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. 5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. 6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. 1 Johanes 5:2 - 4 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. 1 Johanes 2:3-6. Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. 4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. 5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. 6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. 1 Johanes 5:2 - 4 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

13 JMS - HP INGAT DAN KUDUSKANLAH HARI SABAT HARI SABAT TELAH DI SALIPKAN? Keluaran 20 : 8 – 11

14 JMS - HP Hari Sabat Dijadikan Untuk Manusia APAKAH SEMUA ORANG SEPATUTNYA MEMELIHARA HARI SABAT? Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia...”. - Markus 2 : 27Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia...”. - Markus 2 : 27Note: Semua yeng merasa dirinya manusia seharusnya memelihara dan menyucikan hari Sabat. Tetapi karena manusia tidak mengindahkan perintah Allah maka mereka melupakannya.Semua yeng merasa dirinya manusia seharusnya memelihara dan menyucikan hari Sabat. Tetapi karena manusia tidak mengindahkan perintah Allah maka mereka melupakannya. Begitu pentingnya perintah Hukum Sabat dimana Allah mengabadikannnya dalam hukum ke-4 yang ditulis oleh jariNya sendiri. Kel 20:8 Ingat dan kuduskanlah hari sabat…..Begitu pentingnya perintah Hukum Sabat dimana Allah mengabadikannnya dalam hukum ke-4 yang ditulis oleh jariNya sendiri. Kel 20:8 Ingat dan kuduskanlah hari sabat…..

15 JMS - HP Hari Sabat = TUGU PERINGATAN" akan Penciptaan yang dibuat Allah "Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka" Yehezkiel 20 : 12 "...., kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu..."Yehezkiel 20 : 20

16 JMS - HP Kata "peringatan" dalam kedua ayat di atas dalam bahasa aslinya, Bahasa Ibrani adalah : "owth" yang artinya: "tanda, monumen, bukti, bendera". Jadi Sabat adalah jati diri Allah, Dialah Allah, Pencipta langit dan bumi, laut dan segala isinya, dibedakan dari ilah-ilah yang lain, Dialah Allah yang Empunya kita dan Dialah Allah yang menguduskan umatNya. Hari Sabat adalah "Bendera Allah" yang harus dikibarkan. Jika kita ingin disebut umat Allah yang benar, maka kita harus mengibarkan Bendera Allah, yakni Sabat hari yang ketujuh itu.

17 JMS - HP Merah Putih adalah Bendera Negara Republik Indonesia, lambang kedaulatan negara kita. Selama Republik Indonesia tetap eksis, Merah Putih akan tetap berkibar. Bila kita katakan, yang penting unsur warnanya sama : Merah dan Putih, lalu kita kibarkan Putih Merah, bisakah? Tentu bisa, tapi itu sama saja dengan menyatakan bahwa kita bukan lagi bangsa Indonesia. Karena yang kita kibarkan adalah jati diri bangsa lain, dalam hal ini bangsa Polandia. Pertanyaan yang patut direnungkan : Apakah kita bisa mengganti hari Sabat (Sabtu) dengan hari Minggu? Tentu bisa, tapi itu berarti bukan Bendera Allah yang kita kibarkan, lalu bendera siapakah? Berikut ini pembahasan mengenai Hari Sabat yang benar menurut Alkitab...

18 JMS - HP Firman Allah akan menjawab keragu-raguan kita mana HARI SABAT - hari perhentian yang diasingkan Tuhan bagi umat manusia pada akhir zaman ini.  “Yang terutama yang kamu harus ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh di tafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” II Petrus 1:20,21  “Jika seorang menambah sesuatu kepada perkataan- perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis dalam kitab ini.” Wahyu 22:18.  “Carilah pengajaran dan kesaksian!” Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar. Yesaya 8:20. Firman Allah akan menjawab keragu-raguan kita mana HARI SABAT - hari perhentian yang diasingkan Tuhan bagi umat manusia pada akhir zaman ini.  “Yang terutama yang kamu harus ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh di tafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” II Petrus 1:20,21  “Jika seorang menambah sesuatu kepada perkataan- perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis dalam kitab ini.” Wahyu 22:18.  “Carilah pengajaran dan kesaksian!” Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar. Yesaya 8:20. 7

19 JMS - HP Apa Yang Alkitab Ajarkan Tentang hari Sabat? Jawab: Yesus pencipta Hari Sabat Siapa membuat hari Sabat ? Yesus Kristus yang membuatnya. Baca Yohanes 1:1-3, 10,14. Catatan: Nyata menurut Ibrani 1:1,2 bahwa Allah menciptakan dunia melalui Yesus Kristus. Kapan hari Ke-7 atau hari Sabat dibuat ? Pada waktu penciptaan. Baca Kejadian 2:1-3 dan Keluaran 20:8-11.

20 JMS - HP Dari apa hari Sabat itu dibuat ? Allah membuat hari Sabat dari hari. Hari yang Dia gunakan adalah hari ketujuh. Baca Kejadian 2:2,3. Untuk siapa hari Sabat dijadikan ? “Lalu kata Yesus kepada mereka, hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat.” Markus 2:27. Catatan : Adam menyucikan hari Sabat (Kejadian 2:2- 3); Bangsa Israel Menyucikan Sabat (Keluaran 16); Nehemia menyucikan Sabat (Nehemia 13:14-17); Jesaya menyucikan Sabat (Jesaya 56, 58), Yehezkiel menyucikan Sabat (Yehezkiel 20:12-20); Yesus menyucikan Sabat(Lukas 4:16); Murid-murid Yesus dan Rasul Paulus menyucikan Sabat (Kisah 16:13; 17:2; 18:4). Hingga di Dunia Baru nanti kita menyucikan Sabat (Yesaya 66 :22, 23). Jadi Sabat = Kekal

21 JMS - HP Apa perkataan pertama dari hukum keempat ? “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” Keluaran 20:8. Apa alasan Allah diberikan dalam hukum itu untuk memelihara hari Sabat ? Alasan yang diberikan Allah ialah teladan Allah. “Enam hari lamanya engkau yang bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan Allahmu …. Sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, …..dan Ia beristirahat pada hari ketujuh.” Keluaran 20:9-11. Baca Kejadian 2:2-3. Apa tuntuan utama dari hukum hari Sabat ? “Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.” Keluaran 20:8. Catatan: Hari itu harus disucikan. Manusia harus berhenti “dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaannNya.” Ibrani 4:10. Siapa Tuhan atas hari Sabat ? “Jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.” Markus 2:28 Untuk berapa lama hari Sabat dimaksudkan untuk disucikan ? Hari Sabat itu akan disucikan sampai selama- lamanya. Baca Yesaya 66:22,23

22 JMS - HP Jesaya 58:14. maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya. Bagaimana hari Sabat harus disucikan ? Jesaya 58:13. pabila engkau tidak menginjak injak hukum Sabat dan tidak melakukanurusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong,

23 JMS - HP Untuk apa Hari Sabat diberikan Allah? “Aku membawa mereka ke luar dari tanah Mesir dan menuntun mereka ke padang gurun. Di sana Aku memberikan kepada mereka ketetapan-ketetapanKu dan memberitahukan peraturan-peraturanKu, dan manusia yang melakukannya, akan hidup. Hari–hari SabatKu juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan mereka.” Yehezkiel 20: Apakah Kristus mengharapkan hari Sabat akan dihapuskan ? “ Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.” Mat. 24:23.

24 JMS - HP Pada hari apa Jesus Kristus berbakti ? Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah Ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.” Lukas 4:16. Apa teladan Paulus dan Murid Yesus – hari apa yang mereka sucikan (pelihara) sebagai hari Sabat? Kisah 13:14. Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia di Pisidia. Pada hari Sabat mereka pergi ke rumah ibadat, lalu duduk di situ. 42. Ketika Paulus dan Barnabas keluar, mereka diminta untuk berbicara tentang pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya. Kisah 18:4 Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani. Catatan: Adalah kebiasaan Murid-murid Yesus dan juga rasul Paulus menghadiri upacara agama pada hari Sabat. Apa Yang Alkitab Ajarkan Tentang hari Sabat? Jawab : Hari Sabat adalah hari perhentian/hari yang dikuduskan dan hari yang diberkati

25 JMS - HP Sabat hari ke 7 adalah hari perhentian Ibrani 4:9 Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah. 4:10 Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya. 4:11. Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga. Di Dunia Baru Sabat ke Sabat kita menyembah AllaH Jesaya 66: Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap. 23 Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.

26 JMS - HP Apakah peredaran setiap minggu hilang antar zaman Adam dan Musa ? Baca Keluaran 16:1-36. Catatan: Lebih dari 40 tahun atau 2800 minggu Allah membuat empat mujizat setiap minggu, dimana Ia menunjukkan dan mendai dengan jelas hari Sabat hari ketujuh. (1) Manna turun tiap hari selama lima hari pertama setiap minggu. (2) Jika dikumpulkan dua kali lipat akan busuk, kemudian pada hari keenam turun da kali lipat. (3) Yang sebagian lagi untuk hari yang ketujuh tidak busuk. (4) pada hari ketujuh, atau haru Sabat, manusia tidak turun. Apakah hari Sabat hilang di antara zaman Musa dan ketika Yesus hidup di atas dunia ? “barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” I Yohanes 2:6. Baca Lukas 4:16 : Pada hari Sabat adalah kebiasaan Kristus pergi ke rumah ibadat. Alkitab memperkenalkan Sabat hari ketujuh pada waktu penyaliban Yesus. Baca Lukas 23:52; Lukas 24:2. Sudahkah hari sabat hilang sejak zaman Yesus ? Orang Yahudi telah bersabat di seluruh dunia. Di mana saja engkau menemukan Yahudi Ortodox, apakah itu di Yerusalem atau di mana sajapun engkau akan menemukan Sabat hari ketujuh, hari sabtu sedang dipelihara.

27 JMS - HP Makna Sabat Peringatan abadi tentang Penciptaan - Kel. 20 : 11, 12 Lambang Penebusan - Ul. 5 : 15 Tanda bahwa kita umat Tuhan - Yeh. 20 : 12, 20 Tanda Tuhan yang menguduskan kamu.” Keluaran 31:13. Tanda Kesetiaan - Wah. 14 : 12, 19 Waktu Persekutuan, seperti Allah menjadikan laki dan perempuan untuk saling berdampingan - Kej. 1 : , hari Sabat menjadi Persekutuan yang paling tinggi dan mulia - Persekutuan dengan Dia yaitu Tuhan Pencipta Langit dan Bumi dan segala isinya.

28 JMS - HP Bagaimana Memelihara Hari Sabat? Kel. 20 : 8, 9 - persiapan yang diperlukan untuk memeliharanya Kel. 20 : 10 - berhenti dari segala pekerjaan Neh. 13 : menghindari segala pekerjaan yang bersifat mencari nafkah dengan segala transaksi bisnis Yes. 58 : 13 - tidak menjalankan segala acaramu, tidak mengurus segala urusanmu, tidak berkata omong kosong Kel. 16 : 23 - pada hari persiapan, makanan sudah selesai disiapkan untuk hari Sabat Ibr. 10 : 25, Yes. 56 : kebaktian di Gereja pada hari Sabat Mat. 12 : 12 - berbuat baik pada hari Sabat

29 JMS - HP Tidak Memelihara Hari Sabat adalah Dosa Dosa adalah pelanggaran terhadap hukum Allah - 1 Yoh. 3 : 4 “….mengabaikan satu bagian, bersalah terhadap seluruhnya..” - Yak. 2 : 10 Tidak menguduskan Sabat = sama saja tidak mengasihi Tuhan - 1 Joh 5:2-3 Tidak menguduskan Sabat = kita bukan PENGIKUT TELADAN KRISTUS - 1 Joh 2:6 Yesus teladan kita dalam menguduskan Sabat - Luk 4:16 Mohon dibaca ayatnya

30 JMS - HP Hari yang Ketujuh adalah Hari Sabat Tuhan Allahmu ( Kel. 20 : 9) BERKAT SABAT Jesaya 58 : 13. Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, 14 maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit- bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya.

31 JMS - HP Hari yang Ketujuh adalah Hari Sabat Tuhan Allahmu ( Kel. 20 : 9) Kel. 20 : 9 - Hari yang ke tujuh adalah hari Sabat Tuhan Allahmu. Kamus Alkitab – SABAT = HARI KETUJUH, HARI ISTIRAHAT UNTUK ORANG JAHUDI BERDASARKAN KEL. 20 : JUGA DISEBUT TANDA PERJANJIAN TUHAN (KEL. 31 : 12-17) Luk. 23 : 54, 56b; 24 : 1 - Baca ayatnya. Ay 54 - Hari ke-6 > hari persediaan untuk hari Sabat yang Kristen sebutkan “JUMAT AGUNG” Ay 56 - Sabat hari yang ke-7 = “SABTU” - hari perhentian menurut alkitab Luk 24:1 - Hari pertama Minggu itu “MINGGU PASKAH” Hari apakah hari yang ke Tujuh atau hari Sabat itu? I. Bukti Internal Alkitab: Sabtu adalah hari Sabat hari ke-7 II. Bukti External : Sabtu adalah hari Sabat hari ke-7 Webster’s New World Dictionary : SABBATH = the seventh day of the week (Saturday), set aside by the fourth Commandment for rest and worship and observed as such by Jews and some Christian Sects.

32 JMS - HP Hari yang Ketujuh adalah Hari Sabat Tuhan Allahmu ( Kel. 20 : 9) Hari apakah hari yang ke Tujuh atau hari Sabat itu? II. Bukti External : Sabtu adalah hari Sabat hari ke-7 Kalender - hari ke tujuh adalah hari Sabtu (Ada segelintir kalender yang baru-baru ini dicetak dimana urutannya harinya di buat hari Senin sebagai hari pertama, tentunya bukan itu yang dimaksud). Original Kalender Tertulian dan Gregorial adalah hari Minggu hari Pertama dan hari Sabtu hari ke tujuh. Orang jahudi (B.Israel) termasuk bangsa pilihan Allah yang sudah tersebar dibergai penjuru dunia di mana saja engkau menemukan Yahudi Ortodox, apakah itu di Yerusalem atau di mana sajapun engkau akan menemukan Sabat hari ketujuh, hari sabtu sedang dipelihara

33 JMS - HP Phenomena Alam 1 Tahun = 365 hari, waktu yang diperlukan bumi satu kali untuk mengitari matahari 1 Bulan = hari, waktu yang diperlukan Bulan satu kali untuk mengitari Bumi. Bulan adalah satelit Bumi 1 Hari = 24 jam, waktu yang diperlukan Bumi satu kali untuk berputar pada porosnya, rotation. 1 Minggu = 7 hari, tidak ada phenomena alam yang dapat menjelaskan ini. Kenapa? Itu sebagai Privasi kuasa Allah sebagai Pencipta Langit bumi dan segala isinya, jelas hanya Alkitab yang bisa menyatakan dan menjelaskannya.

34 JMS - HP Allah Mengingatkan dan Memerintahkan dalam 10 hukum yang di tuliskan oleh jari tanganNya sendiri di Dua Loh Batu Keluaran 20:8-11 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: 20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, 20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. 20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

35 JMS - HP Seluruh Hukum Allah adalah penting, mengabaikan satu daripadanya berarti melanggar semua (Yakobus 2:10). Jadi bukannya umat pemelihara hari Sabat mementingkan hukum ke-empat lebih dari hukum-hukum lainnya, tapi karena itulah yang banyak diabaikan umat Kristen sehingga sebagai saudara dalam Kristus saya merasa wajib mengingatkannya. Sesuai dengan kata-kata dalam hukum ke-4 "Ingatlah....", Tuhan tahu bahwa yang ini akan banyak "dilupakan". Hanya hukum ke-4 ini yang mengandung 2 kata perintah ("Ingat" dan "kuduskan"), yang lainnya hanya satu kata perintah yaitu : "Janganlah..." atau "Hormatilah...".

36 JMS - HP Bukankah hukum taurat itu telah di palangkan? Matius 5: 17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Roma 3 : 31 : JIKA DEMIKIAN, ADAKAH KAMI MEMBATALKAN HUKUM TAURAT KARENA IMAN? SAMA SEKALI TIDAK! SEBALIKNYA, KAMI MENEGUHKANNYA

37 JMS - HP Apa yang telah di palangkan di kayu salib? Hari-hari Raya ini hanyalah bayangan yang wujudnya adalah Yesus Kristus. MENGAPA HARI-HARI RAYA INI DIBERIKAN? Untuk menerangkan kepada B. Israel sebagai umat pilihan Allah di zaman P. Lama bahwa sekali kelak Juru Selamat dunia akan datang, Allah akan menjelma menjadi manusia dan kemudian mati menggantikan manusia sebagai anak Domba Allah. Hukum Taurat Upacara. Contoh: Hari Raya Paskah (Imamat 23:5, 6) - Hari ke-14 Bulan I; Hari Raya Roti Tak Beragi (Im 23:6-8) - Hari ke Bulan I; Hari Raya Unjukan Hulu Hasil (Im 23:10-12) Hari ke-16 Bulan I; Hari Raya 7 Minggu - Pentakosta (Imamat 23:15, 16) Hari ke-50 sesudah Hari ke-16 Bulan I; Hari Raya Meniup Serunai (Imamat 23:24, 25) Hari pertama Bulan VII; Hari Raya Pendamaian (Imamat 23:27, 28) Hari ke-10 Bulan VII; Hari Raya Pondok Daun (Im 23:34, 35) Hari ke Bulan VII.

38 JMS - HP Hukum Taurat ada 3 jenis: 1.Hukum-hukum Sipil – ini adalah hukum-hukum yang mengatur banyak hal yang berhubungan dengan adat istiadat Israel. Hukum yang berhubungan dengan kesehatan, kebersihan, penyakit, kejahatan, prosedur penghakiman, dan lain-lain. Ini tidak mengikat sekarang sebagai kewajiban sipil walaupun banyak dari prinsip-prinsip dasar masih berlaku. 2.Hukum-hukum Upacara – Ini adalah hukum-hukum kaabah yang mengatur upacara agama bangsa Israel yang menunjuk kepada Mesias, dimana harus diadakan korban bakaran yang melambangkan Yesus sebagai anak domba Allah dan Yesuslah kegenapannya melalui kematianNya di kayu salib (Epesus 2: 15, Kolose 2:14). 3.Hukum Moral – Ini adalah hukum sepuluh perintah yang tertulis dalam Keluaran 20:1-17. Hukum ini telah diumumkan di atas Gunung Sinai, ditulis oleh jari Allah pada loh batu dan dipelihara oleh Israel sebagai hukum seluruh dunia untuk manusia. Begitu Pentingnya 10 hukum ini maka Allah menuliskan dengan jariNya sendiri di Dua Loh Batu dan di berikan kepada Musa (Keluaran 31:18). Seluruh Firman Allah (isi Alkitab) di ilhamkan dan ditulis oleh paling sedikit tiga puluh enam pengarang, hanya 10 hukum inilah yang tidak dipercayakan kepada manusia untuk menuliskannya. Kesimpulannya: hukum moral adalah sifat dan tabiat Allah sendiri dan takmungkin hal itu di batalkan atau diubah karena 10 hukum = hukum kasih yaitu kasih kepada Allah yaitu hukum ke 1 – 4 dan kasih kepada sesama manusia yaitu hukum ke 5 – 10. Hukum Upacara yang menunjuk kepada kematian dari Yesus sendiri itulah yang tidak berlaku lagi karena sudah digenapi di salip dan tidak perlu memotong domba lagi untuk penghapusan dosa tetapi Yesuslah gantinya.

39 JMS - HP Jawab: Yesus pembuat/pencipta Hari Sabat bahkan Dia adalah Tuhan atas hari Sabat tidak pernah melanggarnya. Alkitab mencatat bahwa Yesus tidak berdosa (1 Petrus 2:22). Defenisi Dosa ialah : pelanggaran hukum Allah (1 Joh 3:4). Hukum ke-4 dari sepuluh hukum mengatakan ingat dan kuduskanlah hari Sabat – Yesus melakukannya Bukankah Yesus melanggar Hukum Taurat “Sabat”? Jika ya, lalu mengapa Yesus Kristus sendiri melanggar ketentuan itu ? Jawab: Yesus tidak melanggarnya, Dia hanya dituduh melanggarnya, kalau Yesus melanggarnya maka pasti alkitab akan menyaksikan bahwa Yesus berdosa, karena pelanggaran terhadap hukum sabat = dosa – 1 Joh 3:4. Namun kita tau tidak ada satu ayatpun yang mengatakan bahwa Yesus berdosa. Saya tidak tahu kalau saudara menjumpai satu ayat saja yang mengatakan bahwa Yesus berbuat dosa, kalau ada mohon diberitahukan kepada saya.

40 JMS - HP Dan bersamaan dengan itu ternyata murid2 Tuhan Yesus memetik bulir gandum pada hari Sabat tapi tidak dilarang apalagi di marah oleh Yesus Kristus (Mark 2:23-24) ! Jawab: Yesus berada di ladang Gandum sebagai sarana bagi Yesus untuk mengajarkan mudrid-muridnya tentang alam – banyak perumpamaan Yesus tentang alam, antara lain, Gandumg dan lalang. Pemetikan gandum untuk sekedar dimakan di tempat dan bukan untuk di bawa ke rumah tidak dilarang. Baca Ulangan 23: 24 "Apabila engkau melalui kebun anggur sesamamu, engkau boleh makan buah anggur sepuas-puas hatimu, tetapi tidak boleh kaumasukkan ke dalam bungkusanmu. 25 Apabila engkau melalui ladang gandum sesamamu yang belum dituai, engkau boleh memetik bulir-bulirnya dengan tanganmu, tetapi sabit tidak boleh kauayunkan kepada gandum sesamamu itu."

41 JMS - HP Pemimpin Agama merobah hukum Allah Jika kita harus memilih “Perintah manusia” gantinya perintah Allah ibadah kita akan sia-sia (Markus 7:7) Apakah Allah mengetahui bahwa suatu kekuasaan akan timbul yang akan menuntut hak untuk mengubah hukumNya? “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Maha Tinggi, dan akan menganiaya orang- orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.” Daniel 7:25. Catatan: Akan bangkit disebut “tanduk kecil” yang akan mencabut tiga kuasa lain. Dan pada tanduk itu”tampak ada mata seperti mata manusia, dan mulut yang menyombong.” Baca Daniel 7:8. Dan “tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus.” Baca Daniel 7:21. Siapa yang dituduh melanggar hukumNya pada zaman dahulu kala ? “Imam-imamnya memperkosa hukum TauratKu dan menajiskan hal-hal yang kudus bagiKu, mereka tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, mereka menutup mata terhadap hari-hari SabatKu. Demikianlah Aku dinajiskan di tengah- tengah mereka.” Yehezkiel 22:26.

42 JMS - HP Pemimpin Agama merobah hukum Allah Rev. Peter Giermann menyebutkan tuntutan kekuasaan ini dalam bukunya Convert’s Catechism: Halaman 402. “Pertanyaan : Yang mana hari Sabat ?” “Jawab: Sabtu ialah hari Sabat.” “Pertanyaan : Mengapa kita memelihara hari Minggu ganti hari Sabtu karena Majelis Laodecea (366 TM) memindahkan kekhidmatan dari hari Sabtu ke hari Minggu.”Dalam Catechism of the Councel of Trent yang diterjemahkan oleh John A. Mc Hugh dan Carlo J. Callan itu dinyatakan, “Tetapi Gereja Allah telah memikirkannya baik untuk memindahkan perayaan dan pemeliharaan hari Sabat ke hari Minggu.” “Pertanyaan: Oleh siapa hari Sabat itu diubah ? “Jawab: Oleh para penguasa gereja. Apoc 1:10. “Pertanyaan : Bagaimana engkau buktikan bahwa gereja mempunyai kuasa untuk memerintahkan pesta-pesta dan hari-hari suci ? “Jawab: Dengan tindakan menukar hari Sabat ke hari Minggu, yang diizinkan kaum pembaharu, dan oleh sebab itu mereka sendiri bertentangan oleh memelihara hari Minggu dengan setia, dan melanggar kebanyakan hari pesta-pesta lain yang diperintahkan oleh gereja yang sama.

43 JMS - HP Pemimpin Agama merobah hukum Allah “Pertanyaan: Bagaimana engkau membuktikannya ? “Jawab: Karena dengan memelihara hari Mingu mereka mengakui kuasa gereja untuk mentahbiskan pesta-pesta, dan memerintah mereka di bawah dosa; dan dengan tidak memelihara pesta-pesta lainnya yang diperintahkan olehnya, sebenarnya mereka kembali menyangkal kekuasaan yang sama--- Rev. Henry Tubeville, D.D.R.C., An Abridgement of the Christian Doctrine, hal. 58 New York: Edward Duningan and Brothers, approved Apa kata Yesus kepada mereka yang tidak menuruti Perintah Allah? Markus 7:7 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. 7:8 Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."7:9 Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri. Anda boleh membaca Alkitab dari kitab Kejadian hingga Wahyu dan anda tidak akan menemukan satupun otoritas untuk penyucian hari Minggu. Kitab suci mendorong pemeliharaan hari Sabtu, suatu hari yang tidak pernah kita pelihara.”Cardinal Gibson, Faith of our Father, hal. 111,112.

44 JMS - HP Pengakuan Pemimpin agama atas hari Sabat adalah hari Sabtu Terjemahannya: Kepada Paduka yang Mulia Paus Pius XI, Roma, Italia. Benarkah tuduhan sebagaimana apa yang dituduhkan gereja Protestan kepada anda? Mereka mengatakan bahwa anda merobah Sabat hari Ke-7 kepada apa yang dinamakan Hari Ahad Kristen yang sama dengan hari pertama dalam minggu. Kalau demikian, kapan anda membuat perubahan itu dan dengan kuasa apa? Salam saya yang setia, J. L. Day. Jawabannya tercatat juga dalam Majalah pengembangan Katholik, Mjalah Katholik terbesar yang di cetak di USA, 180 Wabash Avenue, Cikago, Illinois atas perkenaan Yang Mulia Paus Pius XI. Tuan yang terhormat, Sehubungan dengan perubahan dari Perayaan hari Sabat Yahudi kepada Ahad Kristen, maka saya rindu menarik perhatian anda kepada fakta-fakta berikut ini: Bahwa Protestan yang mengaku ALKITAB sebagai satu-satunya peraturan Iman dan Agama, tentu saja harus kembali merayakan Sabat hari ke-7. Fakta bahwa mereka tidak melakukannya, tetapi sebaliknya merayakan hari Ahad, maka melemahkan (menyebabkan mereka kelihatan menjadi bodoh di pandangan setiap orang yang berpikir sehat).

45 JMS - HP Kami Katholik tidak hanya menerima ALKITAB sebagai satu-satunya Peraturan Iman. Salain dari pada ALKITAB kami mempunyai Gereja yang hidup, dimana gereja sebagai suatu peraturan yang menuntun kami. Kami mengakui bahwa gereja ini yang telah didirikan oleh Kristus, menyelidiki, mengajar dan membimbing orang sepanjang hidup, memiliki hak untuk merobah undang-undang seremoni dari P Lama dan oleh karena itu(mulai sekarang kami mengakui perubahan Sabat ke hari Ahad. Dengan jujur kami berkata “ya”, gereja telah membuat perubahan ini, membuat peraturan ini, sebagai peratuaran lainnya yang banyak itu, seumpamanya pantangan pada hari Jum’at, Imam-iman yang tidak menikah, peraturan mengenai pernikahan campuran, peratuaran mengenai pernikahan Katholik dan ribuan peraturan lainnya. Kami juga mengatakan bahwa dari semua golongan Protestan, Gereja Masehi Advent Hari Ke-7 lah yang merupakan satu-satunya golongan yang menarik kesimpulan secara benar dan berpendirian tetap dengan pengajaran mereka. Agaknya senantiasa kelihatan lucu dan menggelikan melihat gereja Protestan di mimbar dan di badan pembuat undang- undang/peraturan, menuntut perayaan hari Ahad, yang mengenainya tidak pernah disebut dalam ALKITAB. Salam Ta’zim – Peter R. Tramer, Editor.

46 JMS - HP Pengakuan Pemimpin agama atas hari Sabat adalah hari Sabtu Komentar Gereja-gereja: BABTIST : “Sudah ada suatu perintah memelihara hari sabat tetapi hari Sabat itu bukan hari Minggu…. Bagaimanapun juga sudah dikatakan bahwa hari Sabat… menurut pendapat beberapa orang sudah dipindahkan ke hari pertama dalam Minggu… Dimanakah kita jumpai uraian tersebut? Sesungguhnya kita tidak akan menjumpainya didalam Perjajian Baru. Tidak ada bukti Alkitab tentang perubahan hari sAbat hari yang ke-7 ke hari yang Pertama dalam Minggu”. Dr. Edward T. Hiscox, Penulis Pedoman Gereja Babtist. KATHOLIK: “Saudara boleh baca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu, maka engkau tidak akan menjumpai satu katapun yang menyuruh sucikan hari Minggu. Kitab kudus itu menyuruh menguduskan hari Sabtu, yaitu hari yang kita tidak kuduskan.” Cardinal James Gibbons, dalam buku “The Faith of Our Fathers, hal 111.

47 JMS - HP Komentar Gereja-gereja: sambungan…. KRISTEN : “Tidak ada suatu perobahan hari Sabat dari hari ke-7 menjadi ke hari Pertama. Tidak ada satu bukti Alkitab yang mengatakan tentang perobahannya.” Dikutip dari buku “First – Day Observance”, hal 17, 19. GEREJA KRISTUS: “Saya tidak percaya bahwa hari Tuhan datang dari Sabat Yahudi, atau hari Sabat sudah dirobah dari hari yang ke-7 ke hari yang pertama.” Alexander Camphell dalam buku “Washinton Reporter, Oct. 8, CONGREGETIONAL : “Suatu dugaan atau pendapat yang mengatakan bahwa Kristus dan Rasul-rasulNya sudah menggantikan hari yang ke-7 dengan hari yang pertama, adalah sesungguhnya tidak beralasan yang kuat dalam Perjanjian Baru.” Dr. Lyman Abbott, Christian Union.

48 JMS - HP EPISCOPAL : “Apakah ada perintah didalam perjanjian Baru untuk merubah hari perhentian dalam Minggu dari hari Sabtu ke hari Minggu? Sama sekali tidak.” Manual of Christian Doctrine.” Hal 127. METHODIST : “Ambillah hal-hal yang berbicara tentang hari Minggu… Tidak ada pasa yang berbicara atau mengatakan kepada orang Kristen untuk menyucikan hari itu, ataupun memindahkan hari Sabat Yahudi ke hari Pertama.” Harris Franklin Rall, Christian Advocate, Juli 2, LUTHERAN : “Pemeliharaan hari Tuhan (hari Minggu) tidak terdapat dalam perintah Allah, tetapi terdapat pada kuasa gereja.” Augsburg Confession of Faith, dikutip dari Catholic sabbath Manual, bagian ke-2, pasal 1, bagian ke 10. PRESBITARIAN: “Hari Sabat orang Kristen (hari Minggu) tidak terdapat dalam Kitab Suci, dan tidak ada juga di Gereja Primitive yang menamakan drinya penganut Sabat.” Dwight’s Theology, jilid 4 hal. 401.

49 JMS - HP KAMUS : “Dugaan tentang suatu pergantian secara resmi oleh kuasa para rasul tentang hari Tuhan (hari Minggu) terhadap Sabat Yahudi (atau hari Pertama menggantikan hari ke-7) … dan soal kepindahannya, mungkin dalam bentuk rohani dari penetapan hari Sabat dari hukum ke-4, tidak mempunyai dasar baik dari Kitab Suci maupun orang Kristen zaman dulu.” Tuan William Smith & Samuel cheetham, A Dictionary of Christian Antiquites, Jilid 2, hal 182. ENCYCLOPEDIA: “Haruslah diakui bahwa tidak ada peraturan atau hukum di dalam P. Baru berbicara tentang hari Pertama.” M’Clintock and Strong, Encyclopedia of Biblical, Theological and Wcclestical Literatur, Jilid 9, Hal 196.

50 JMS - HP PERNYATAAN ALQURAN MENGENAI HARI SABAT Surah Albaqara (2) 65. Dan sesungguhnya telah Kami ketahui orang- orang yang melanggar di antaramu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera yang hina". 66. Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang di masa itu dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa. Surah AN NISAA' (4) Hai orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (al-Qur'an) yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu sebelum Kami merobah muka(mu), lalu Kami putarkan ke belakang atau Kami kutuk mereka sebagaimana Kami telah mengutuk orang-orang (yang berbuat ma'siat) pada hari Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku.

51 JMS - HP KESAKSIAN GEREJA KATOLIK MENGENAI PERUBAHAN HARI SABAT “Adalah gereja Katolik, yang dengan kuasa Yesus Kristus, yang mengganti hari perhentian itu dari hari Sabtu menjadi hari Minggu sebagai peringatan kebangkitan Tuhan kita. Jadi, pemeliharaan hari Minggu oleh gereja Protestan adalah sebagai penghormatan mereka pada kuasa gereja Katolik” - (Plain Talk about the Protestantism of Today, hlm 213, By Monsignor Segur. Thomas B. Noonan & Co., Boston, 1868)

52 JMS - HP “Gereja Katolik untuk selama lebih dari seribu tahun sebelum Protestan lahir, dengan kekuatan tugas Ilahinya, telah mengubah hari itu dari hari SABTU menjadi hari MINGGU. Dunia Protestan pada waktu baru lahir merasa bahwa hari Sabat Kristiani masih terlalu keras untuk diterobos, karena itu mereka terima saja dulu yang artinya menerima kuasa gereja Katolik untuk mengubah hari itu selama tiga ratus tahun lebih. Hari SABAT Kristiani pada dewasa ini adalah turunan gereja Katolik yang diakui sebagi pasangan Ruh Kudus tanpa perlawanan dari pihak dunia Protestan” (The Catholic Mirror - Organ Resmi dari Kardinal Gibbons, Baltimora, Maryland, USA - 23 Sept 1893.)

53 JMS - HP “Sepatah kata mengenai hari Minggu. Allah berfirman: Ingatlah dan kuduskanlah hari SABAT! Hari SABAT ialah SABTU, bukan hari Minggu; kalau begitu mengapa kita menyucikan hari Minggu dan bukan hari SABTU? Gereja telah mengubah pemeliharaan hari SABTU itu kepada pemeliharaan hari Minggu. Protestan yang berkata bahwa mereka kembali kepada Alkitab dan hanya Alkitab, dan mereka tidak menerima apa pun selain dari apa yang dikatakan Alkitab, adalah orang yang bingung dengan memelihara hari Minggu sedangkan Allah berkata dengan jelas: KUDUSKANLAH hari SABAT. Kata hari Minggu tidak terdapat dalam Alkitab, karena itu dan tanpa disadari, mereka menuruti kekuasaan gereja Katolik.” - (the Catechism Simply Explained, hlm 89, H.Caon Caffera. Burns Oats I Washbourned Ltd.; London, 1938)

54 JMS - HP “Pada tahun 321 TM, Raja Konstantine dari Roma menandatangani sebuah dekrit bahwa hari pertama dari Minggu itu, yaitu hari Minggu, harus dipelihara sebagai satu hari perhentian umum dan harus berhenti dari pekerjaan biasa dan urusan dagang. Dekrit ini tidak memaksakan kewajiban keagamaan untuk dipelihara oleh umat Kristen. Tetapi pada tahun 336 TM Gereja Katolik dapa Konsili Laodekia menelorkan hukum agama yang mengharuskan orang yang setia untuk menghadiri upacara Misa dan menahan diri untuk tidak bekerja pada hari Minggu.” (Traktak Katolik hal 23 & 24 berjudul: The Seventh-day Adventists - karangan Dr. L. Rumble) “Sekarang kita sudah mengetahui bahwa hukum hari Minggu dan pemeliharaannya itu bukanlah dekrit yang berasal dari Allah melainkan adalah hukum yang kita buat sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan umat sekarang ini.” (The Australian Catholic Digest, hlm 58, Sept by L. McReavy)

55 JMS - HP YESUS SEGERA DATANG - MARI KITA SAMBUT DIA Di Dunia Baru Sabat berganti Sabat kita menyembah Allah Jesaya 66: Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap. 23 Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.

56 JMS - HP Wahyu 1:3. Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat. Mat 7: Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" Orang Kristen adalah Pengikut Yesus - MARI KITA TURUTI PERINTAHNYA

57 JMS - HP HARI SABAT adalah ujian PENURUTAN kepada perintah Allah “Percuma mereka beribadah kepadaKu, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” Matius 15:9

58 JMS - HP Yang satu MENURUT kehendak ALLAH dan yang lain TIDAK MENURUT Ingat Kain dan Habel? Kejadian 4 :1-8

59 JMS - HP Gen 2:2: And on the seventh day God ended His work which He had made; and He rested on the seventh day from all His work which He had made. Bible Commentary Vol 1, p He rested. The verb "rested, shabath", means literally "to cease" from labor or activity (se Gen 8:22; Job 32:1; etc.). As a human artificer completes His work when he has brought it up to his ideal, and thus ceases to work upon it, so in an infinitely higher sense God completed the creation of the world by ceasing to produce anything new, and then "rested". God did not rest because He needed it (see Isa 40:28). Therefore God's rest was the result of neither exhaustion nor fatigue, but a cessation from previous occupation. BC Vol 1 p 221 Gen 2:3: And God blessed the seventh day, and sanctified it: because that in it He had rested from all His work which God created and made. God blessed the seventh day: An explanation of the meaning and importance of this day of rest is added. Here the Sacred Record closely relates the weekly Sabbath to God's work of creation and His resting on the seventh day, just as the fourth commandment does. The blessing on the seventh day implied that it was thereby declared to be a special object of divine favor and a day that would bring blessing to His creatures.


Download ppt "JMS - HP 081315746066 INGAT DAN KUDUSKANLAH HARI SABAT HARI SABAT TELAH DI SALIPKAN? Keluaran 20 : 8 – 11 Oleh : J. M. Situmorang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google