Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-PAY 1. CREDIT CARD 2. AUTHORIZE,NET 3. I PAYMENT 4. NOCHEX 5. PAYPAL 6. 2CHECKOUT 7. PSIGATE 8. SECPAY 9. E-GOLD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-PAY 1. CREDIT CARD 2. AUTHORIZE,NET 3. I PAYMENT 4. NOCHEX 5. PAYPAL 6. 2CHECKOUT 7. PSIGATE 8. SECPAY 9. E-GOLD."— Transcript presentasi:

1 e-PAY 1. CREDIT CARD 2. AUTHORIZE,NET 3. I PAYMENT 4. NOCHEX 5. PAYPAL 6. 2CHECKOUT 7. PSIGATE 8. SECPAY 9. E-GOLD

2 1.CREDIT CARD Mekanisme ini pada prinsipnya sama dengan mail order/telephone order (MOTO) dimana pedagang menereima order langsung dari pembeli kemudian memproses sendiri otorisasi kartu kredit tersebut pada pihak bank acquirer( bank pedagang) Secara real proses ini bersifat card not present transaction, artinya transaksi tersebut tidak harus menunjukkan secara fisik kartu kredit si pemilik kepada pihak pedagang, akan tetapi informasi penting berupa nomor kartu kredit tetap diketahui oleh pedagang. Mekanisme ini pada prinsipnya sama dengan mail order/telephone order (MOTO) dimana pedagang menereima order langsung dari pembeli kemudian memproses sendiri otorisasi kartu kredit tersebut pada pihak bank acquirer( bank pedagang) Secara real proses ini bersifat card not present transaction, artinya transaksi tersebut tidak harus menunjukkan secara fisik kartu kredit si pemilik kepada pihak pedagang, akan tetapi informasi penting berupa nomor kartu kredit tetap diketahui oleh pedagang.

3 Credit card Si pembeli atau si pemilik kartu kredit percaya penuh kepada pedagang bahwa informasi kartu kredit tsb tidak akan disalahgunakan. Si pembeli atau si pemilik kartu kredit percaya penuh kepada pedagang bahwa informasi kartu kredit tsb tidak akan disalahgunakan. Resiko : Resiko : -bagi pembeli,tidak ada jaminan bahwa si pedagang tidak akan menyalahgunakan kartu kredit tsb. -bagi pedagang : rugi jika ternyata kartu kredit tsb digunakan oleh orang yang tidak sah ( carding fraud ) Persyaratan cukup ketat bila kita mengajukan diri sebagai merchant kepada bank acqruirer karena biaya,waktu yang lama, persiapan teknis serta SDM yang andal. Maka sistem ini ini memang menjamin otonomi bisnis serta kredibilitas yang baik. Persyaratan cukup ketat bila kita mengajukan diri sebagai merchant kepada bank acqruirer karena biaya,waktu yang lama, persiapan teknis serta SDM yang andal. Maka sistem ini ini memang menjamin otonomi bisnis serta kredibilitas yang baik.

4 Bagan/alur transaksi Cardholder Pembeli Merchant pedagang Bank pedagang BANK PEMBELI CREDIT CARD NETWORK

5 2. Authorize.net Authorize.net adalah salah satu perusahaan yang melayani pembayaran kartu kredit di Internet. Jenis pelayanannya antara lain menyediakan jasa otorisasi kartu kredit maupun e-check secara online dan real time. Authorize.net ini cocok untuk perusahaan skala menengah ke atas, seperti : internet, broadband, wireles, call center dan retail.

6 Secara garis besar ada dua tahap untuk melayani pembayaran kartu kredit : 1. Memproses merchant account yang diterbitkan oleh agen milik authorize.net 2. Memproses Authorize.net Payment Gateway Account yang diperoleh dari Authorize.net. Fungsinya sebagai penghubung antara merchant dengan pihak Authorize.net sebagai secure payment gateway dan jaringan privat perbankan dan kartu kredit ( Acqruirer dan issuer ) info:

7 3. iPayment Merupakan salah satu perusahaan yang melayani pembayaran online dengan kartu kredit dan kartu debit sebagai secure gateway dan credit card processing. Fokusnya ditujukan kepada pedagang kecil yang membutuhkan layanan pembayaran online dengan kartu kredit yang bersifat card not present transaction, seperti : mail order/telephone order maupun transaksi di internet.

8 Pada dasarnya proses registrasi hampir sama dengan Authorize.net, yang membedakannya adalah proses pendaftaran merchant account ditangani sendiri oleh iPayment dengan online aplication tanpa melibatkan agen perwakilan. Pada dasarnya proses registrasi hampir sama dengan Authorize.net, yang membedakannya adalah proses pendaftaran merchant account ditangani sendiri oleh iPayment dengan online aplication tanpa melibatkan agen perwakilan. Dari sisi harga lebih terjangkau karena dari awal ditujukan untuk perngusaha kecil Dari sisi harga lebih terjangkau karena dari awal ditujukan untuk perngusaha kecil Dari sisi keamanan iPayment mempunyai metode khusus untuk mencegah adanya penipuan kartu kredit melalui otorisasi yang canggih. ( Dari sisi keamanan iPayment mempunyai metode khusus untuk mencegah adanya penipuan kartu kredit melalui otorisasi yang canggih. ( - Merchan memiliki : account number,User ID dan Pasword. - Merchan memiliki : account number,User ID dan Pasword.

9 4. NOCHEX NOCHEX menerapkan transaksi pembayaran melalui proses debit rekening konsumen secara online dengan menggunakan surat elektronik milik NOCHEX dengan jaringan perbankan yang dimiliki NOCHEX ( saat ini baru melayani jaringan perbankan di USA ) Kelebihan NOCHEX : - Data sensitif, seperti informasi rekening bank dari konsumen tidak pernah dikirim melalui internet - Infoirmasi transaksi juga dienkripsi dengan kunci asimetris dinamis yang dibuat setiap kali transaksi, dimana kunci tersebut dibuat dengan mengambil informasi transaksi terakhir dan infoirmasi saat pendaftaran. - Untuk pendaftaran account tidak dipungut biaya - Dimasa derpan sistem ini bisa mengantikan sistem pembayaran tradisional spt : sek, transfer, wesel bahkan pengembangan internet banking yang saat ini masih pada bank yang sama.

10 5. PayPal PayPal ( adalah salah satu perusahaan yang melayani pembayaran kartu kredit secara online yang cukup populer saat ini dan telah berhasil menangani beberapa situs e- commerce di dunia. Cara kerjanya hampir mirip dengan NOCHEX, yaitu sama-sama menggunakan surat elektronik untuk mengirim dan menerima uang. Bedanya NOCHEX melayani kartu debit sedangkan PayPal melayani kartu kredit.

11 Paypal Kelebihan : - User tidak perlu menyewa programer untuk melakukan modifikasi dan pengamanan pada situsnya terutama yang berkaitan dengan sistem pembayaran - Transaksi usai, paypal akan memberikan laporan kepada pemilik situs tentang transaksi yang baru saja selesai via , selanjutnya uang hasil transaksi akan ditransfer ke rekening pemiliknya - Pendaftaran tidak dipungut biaya - Tidak ada biaya bulanan dan biaya keamanan - ( masih terbatas di USA,Australia dan Singapura)

12 6. 2CheckOut Hampir semua mekanisme pembayaran kartu kredit dilayani oleh perusahaan ini (Visa, Master,Discover,American Express, Diners, JCB ) Selain bertindak sebagai merchant account juga menyediakan shopping cart, secure payment gatway dan credit card processing secara gratis”semua all in one” Biayanya sangat terjangkau tidak peduli dimanapun anda berada, bahkan anda berlibur sekalipun proses penjualan dan pembayaran tetap berjalan secara otomatis. Mekanisme ini sangat cocok untuk produk-produk digital yang bisa segera didownload

13 7. PsiGate (http://www.psigate.com) Saat ini masih melayani Amerika dan kanada dan ditujukan kepada pengusaha e-commerce tingkat menengah ke atas karena didukung oleh perangkat lunak yang baik dan biasanya pengusaha memiliki dana cukup, sdm yang kurang dan merperhatikan /fokus pada keamanan. Kelemahannya adalah proses pendaftaran yang relatif lama dan merchant harus memproses sendiri regristasinya.

14 8. SecPay Perusahaan yang berlokasi di Eropa. Perusahaan yang berlokasi di Eropa. Pedagang merndapatkan ID dari bank yang ditunjuk dan selanjutnya registrasi ke SecPay untuk mensetup koneksi antar server SecPay dengan jaringan kartu kredit maupun pihak bank terkait. Penggunaan SecPay terkesan hanya seb agai pengarah saja. Pedagang merndapatkan ID dari bank yang ditunjuk dan selanjutnya registrasi ke SecPay untuk mensetup koneksi antar server SecPay dengan jaringan kartu kredit maupun pihak bank terkait. Penggunaan SecPay terkesan hanya seb agai pengarah saja.

15 9. E-gold Adalah salat satu alat pembayaran digital baru yang dapat digunakan diseluruh dunia dan dikeluarkan oleh E-gold Ltd. Standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku dipasar dunia dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. E-gold adalah satu mata uang, tetapi bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Setiap transaksi dilakukan secara elektronik melalui internet.

16 e-GOLD E-gold pada dasarnya mempunyai fungsi sama dengan sebagai pengganti transfer yang biasa dilakukan di bank. Dengan memiliki lebih account di e-gold seolah-olah si pemilik memeliki e-bank ataui e-wallet(dompet elektrik) Jadi kapan saja anda dapat melakukan transfer dan di pungt biaya setia kali transaksi.Kelebihannya adalah dapat ditukuar diseluruh dunia dengan mata uang apapun.

17 Pemilik rekening e-gold dapat dengan mudah mengisi dan mencairkan tabungan e-gold dengan cara membeli sejumlah e-gold pada perusahaan merchant e-gold cari : “e-gold Indonesia”, sedangkan pencairannya dengan menjual kembali e-gold anda. Cara lain mencairkan dengan Debit Card e- Forexgold.


Download ppt "E-PAY 1. CREDIT CARD 2. AUTHORIZE,NET 3. I PAYMENT 4. NOCHEX 5. PAYPAL 6. 2CHECKOUT 7. PSIGATE 8. SECPAY 9. E-GOLD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google