Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Misalina Ginting, S.Kom., M.Si Proses pembayaran elektronik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Misalina Ginting, S.Kom., M.Si Proses pembayaran elektronik."— Transcript presentasi:

1 Misalina Ginting, S.Kom., M.Si Proses pembayaran elektronik

2 Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual. permintaan pelanggan dikirim ke pedagang setelah diterima oleh pedagang dan diverifikasi oleh pedagang, pelanggan yang melakukan pembayaran yang kemudian akan masuk ke server pembayaran.

3 Tahapan-tahapan dalam transaksi elektronik melalui e- commerce dapat diurutkan sebagai berikut : E-customer dan e-merchant bertemu dalam dunia maya melalui server yang disewa dari Internet Server Provider (ISP) oleh e-merchant. Transaksi melalui e-commerce disertai term of use dan sales term condition atau klausula standar, yang pada umumnya e- merchant telah meletakkan klausula kesepakatan pada website-nya, sedangkan e-customer jika berminat tinggal memilihtombol accept atau menerima. Penerimaan e-customer melalui mekanisme “klik” tersebut sebagai perwujudan dari kesepakatan yang tentunya mengikat pihak e-merchant.

4 Tahapan-tahapan dalam transaksi... Pada saat kedua belah pihak mencapai kesepakatan, kemudian diikuti dengan prosespembayaran, yang melibatkan dua bank perantara dari masing-masing pihak yaitu acquiring merchant bank dan issuing customer bank. Prosedurnya e customer memerintahkan kepada issuing customer bank untuk dan atas nama e customer melakukan sejumlah pembayaran atas harga barang kepada acquiringmerchant bank yang ditujukan kepada e-merchant. Setelah proses pembayaran selesai kemudian diikuti dengan proses pemenuhan prestasi oleh pihak e-merchant berupa pengiriman barang sesuai dengan kesepakatanmengenai saat penyerahan dan spesifikasi barang.

5 Model-model pembayaran pada e- commerce Kartu Kredit Terlebih dahulu customer harus mendaftar pada web tersebut, kemudian customer memberikan nomor kartu kredit untuk pembayaran. E-cash Merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui internet yang dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang telah ada. Dan untuk membayar, costomer cukup mengisi pada account e-cashnya.

6 Smartcard Smartcard juga dikenal dengan istilah cash card yang pemakaiannya hampir mirip dengan kartu ATM yang dipakai untuk belanja. Untuk pembayaran di internet, user harus memiliki ‘smart card reader ‘ yang merupakan alat khusus yang disambungkan ke port serial di komputer. Pada saat transaksi, kartu smart harus digesekkan ke alat tersebut, sehingga chip yang terdapat pada kartu dapat dibaca oleh komputer. Dan software yang digunakan bernama e-wallet. Contoh website yang menggunakan metode pembayaran smartcard dapat dilihat pada

7 iCheck Metode pembayaran ini menggunakan cek dan cara pembayaran ini belum terlalu populer. Pada pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer. Web site yang menjelaskan metode pembayaran iCheck secara mendetail dapat dilihat pada

8 Transaksi model-ATM Transaksi ini hanya menyangkut institusi financial dan pemegang account yang akan melakukan deposit uangnya dari accountnya. Contohnya dapat dilihat pada escrow.com yang membantu user verify dan mereserve uang untuk pembayaran online sampai pembeli menerima barang yang dibeli.

9 Pembayaran dua pihak tanpa perantara Transaksi ini dilakukan secara langsung antara dua pihak tanpa perantara dengan menggunakan uang nasional di negaranya. Pada prinsipnya merupakan jasa yang bersifat barter atau pertukaran. Contohnya dapat dilihat pada Habitat for Humanity adalah organisasi yang membantu keluarga berpenghasilan rendah untuk menukar “keringat” mereka dengan rumah yang terjangkau.

10 Pembayaran dengan perantara pihak ke tiga Pembayaran model ini umumnya menggunakan debit, kredit atau check. Anonymous digital cash Merupakan uang elektronik yang sudah dienkripsi yang diciptakan oleh David Chaum dengan Digicash-nya yang dapat dilihat lebih jelas pada Uang elekronik ini memberikan jaminan privacy sama seperti uang kertas maupun coin yang kita kenal

11 SEKIAN


Download ppt "Misalina Ginting, S.Kom., M.Si Proses pembayaran elektronik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google